Judul | : | PERANAN KELUARGA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI | |||
Abstrak | : | Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi peranan keluarga, karakter yang dikembangkan, pendekatan yang digunakan, faktor-faktor yang berperan, hambatan-hambatan, serta upaya- upaya yang dilakukan dalam mengatasi pendidikan karakter anak usia dini dalam keluarga. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian diambil sebanyak empat keluarga yang memiliki kriteria berbentuk keluarga ialah keluarga inti lengkap yang terdiri dari ayah, ibu dan anak, keluarga berasal dari latar belakang status sosial ekonomi yang berbeda, Keluarga memiliki anak usia dini yang berusia 4-6 tahun dan posisi urutan anak dalam keluarga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama peranan ibu lebih mendominasi dibandingkan dengan peranan ayah dalam pendidikan karakter anak usia dini. Kedua, karakter yang dikembangkan antara lain mandiri dan tanggungjawab, Ketiga pendekatan pendidikan karakter anak usia dini yang dilakukan adalah 1) kasih sayang, 2) nasehat, 3) disiplin, 4) keteladanan, 5) pembiasaan, 6) dan penggunaan media elektronik. Keempat, faktor yang berperan antara lain faktor intern dan ekstern keluarga Kelima, hambatan yang terjadi dalam pendidikan karakter anak usia dini berupa perkembangan sosial dan emosional anak belum berkembang secara optimal. Keenam upaya mengatasi hambatan dalam pendidikan karakter yang dilakukan antara lain pendekatan kasih sayang dan nasehat ialah upaya yang paling dominan dilakukan para keluarga pada anak-anak.
Kata kunci: Peranan keluarga, pendidikan karakter, anak usia dini |
|||
Tahun | : | 2017 | Media Publikasi | : | jurnal nasional blm akreditasi |
Kategori | : | Jurnal | No/Vol/Tahun | : | 9 / 2 / 2017 |
ISSN/ISBN | : | 16935796 | |||
PTN/S | : | Universitas Pakuan | Program Studi | : | PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Bibliography | : | Adhim, M. F. (2006). Positive Parenting. Cara-cara Islami Mengembangkan Karakter Positif Pada Anak Anda. Bandung: Mizania. Ahmadi, A. (2007). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Anwar dan Ahmad, A. (2009). Pendidikan Anak Dini Usia (Panduan Praktis Bagi Ibu dan Calon Ibu). Bandung: Alfabeta. Awwad, J. M. (1995). Mendidik Anak Secara Islam. Jakarta: Gema Insani Press. Azra, A. (2004). “Pembangunan Karakter Bangsa: Pendekatan Budaya, Pendidikan dan Agama”, dalam Refleksi Karakter Bangsa, Jakarta: Forum Kajian Antropologi Indonesia. Baihaqi, I. (2010). Sudahkah Aku Menjadi Orang Tua Shaleh. Bandung: Khazanah Intelektual. Basrowi dan Suwandi (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta. Budimansyah, D, dan Winataputra, U. S. (2007). Civic Education. Konteks, Landasan, Bahan Ajar dan Kultur Kelas. Bandung: SPs Universitas Pendidikan Indonesia. Budimansyah, D., dan Suryadi, K. (2008). Pkn dan Masyarakat Multikultural. Bandung: SPs Universitas Pendidikan Indonesia. Bungin, B.(2007). Penelitian Kualitatif: komunikasi, ekonomi, kebijakan publik dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Daryo, A. (2007). Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung: Refika Aditama. Dimas, M. R. (2008). 25 Kiat Mempengaruhi Jiwa dan Akal Anak. Melejitkan Kecerdasan Anak dengan Bijak. Jakarta: Arkan Leema.
Fattah, A. (2008). Pembangunan Karakter Unggul Generasi Penerus Bangsa. Jakarta: Arga Publishing. Hakam, A. H. (2011). Membina Kecerdasan dan perilaku Sosial dalam Membangun Karakter Anak. dalam “Pendidikan Karakter: Nilai Inti Bagi Upaya Pembinaan Kepribadian Bangsa”. Perhargaan dan penghormatan 70 tahun Prof. Dr. Endang Somantri, M.Ed. Universitas Pendidikan Indonesia.
Hatimah. I. dkk. (1998) Pola Dan Bentuk Pendidikan Keluarga (Studi Deskriptif Mengenai Pola Dan Bentuk Pendidikan Dalam Keluarga Bagi Ibu Pekerja Dan Non Pekerja Di Kecamatan Sukasari Kotamadya Bandung). Dalam Jurnal Penelitian Optimalisasi Materi Subyek, Lembaga Penelitian IKIP Bandung.
Hidayati, Z. (2010). Miracles At Home: Keajaiban dalam Rumah Berdasarkan Kisah Nyata. Cara Mudah Penerapan Teknik Parenting Untuk Mengubah Perilaku Buruk Anak dalam Waktu Relatif Singkat dan Mencapai Kebahagiaan Dalam Keluarga. Bekasi: Imaji Kreasi Sukses.
Istijoni. (2010). Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.
Kadarusmadi. (1996). Upaya Orang tua Dalam Menata Situasi Pendidikan di Dalam Keluarga (Studi
tentang Nilai-Nilai Yang Mendasari Dan Mengarahkan Upaya Orang Tua Yang Diserap Anak Dalam Situasi Pendidikan Di Keluarga Masyarakat Banda Aceh). PPS. IKIP Bandung.
Kardiman, Y. (2009). Membangun Kembali Karakter Bangsa Melalui Situs- situs Kewarganegaraan dalam Acta Civicus. Vo. 2.(2).
Komalasari, K. (2010). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PKn Melalui Contextual Teaching Learning. ”Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Membangun Karakter Bangsa (nation and Character Building): Refleksi, Komitmen dan Prospek. Laboratorium PKn, UPI Bandung. Maufur. (1993). Kepedulian Orang tua Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Dalam Keluarga Untuk Membina Perilaku (Studi Kasus Pada Dua Keluarga di Desa Mejasem Kecamatan Keram at Kabupaten Tegal) PPS, IKIP Bandung, Megawangi, R. (2004). Pendidikan Karakter: Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Depok: BPMIGAS dan Energi. Miles, M. B. dan Huberman, A. Michael (1994) Qualitative Data Analysis: Second Edition. Thousand Oaks: SAGE Publication. Nurhafidzah. (2010). Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan Anak Usia Dini.dalam Procceding Seminar Aktualisasi Pendidikan Karakter Bangsa. Universitas Pendidikan Indonesia.
Papalia, E. D et. al,(2008), Human Development (Psikologi Perkembangan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Patmonodewo, S. (2008). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Salamor, L. (2010). Peranan Keluarga dan Sekolah Dalam Pelaksanaan Pendidikan Nilai Guna Membentuk Karakter Anak. dalam Procceding Seminar Aktualisasi Pendidikan Karakter Bangsa. Universitas Pendidikan Indonesia. Saridewi (2010). Mengembangkan Pendidikan Berkarakter Melalui Implementasi High-tech and High-touch Pada Pendidikan Anak Usia Dini. dalam Procceding Seminar Aktualisasi Pendidikan Karakter Bangsa. Universitas Pendidikan Indonesia.
Santrock, J.W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Shochib, M. (2000). Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.
Soedarsono, S. (2010). Pokok- pokok Pikiran Tentang Konsep Dasar Pendidikan Karakter (Hilangnya karakter, Hilangnya Generasi Penerus). Jakarta: Yayasan Jati Diri Bangsa.
Soedarsono, S. (2009). Karakter Mengantar Bangsa Dari Gelap Menuju Terang. Karakter Mendorong Kita Hidup Dalam Kebahagiaan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Soekanto, S. (1998). Sosiologi Suatu pengantar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Suharmini, T et. al (2009). Pelatihan Karakteristik dan DeteksiTumbuh Kembang Anak Usia Dini Bagi Kader Posyandu Plus. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Yogyakarta.
Syaodih, E. (2007). “Pendidikan Anak Usia Dini Sebagai Fondasi Pengembangan Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas”, dalam UPI Press, Mengembangkan Pendidikan Unggul dan Bertaraf Internasional. Bandung: UPI Press. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya Untuk membentuk Daya saing dam Karakter Bangsa. Jakarta: Depdiknas. Yusuf, Syamsu LN. (2006). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
(2004). Sosiologi Keluarga Tentang Ikhwal Keluarga, Remaja dan Anak. Jakarta: Rineka Cipta. |
|||
URL | : | https://repository.unpak.ac.id/index.php?p=detail&id_karya=91 |