Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Fitri Siti Sundari

Judul : ANALISIS PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPA
Abstrak :

ABSTRAK

Pendidikan karakter perlu dikembangkan di Indonesia karena ada sepuluh tanda-tanda yang harus diwaspadai karena jika tanda-tanda ini sudah ada, maka itu berarti bahwa sebuah bangsa sedang menuju jurang kehancuran. Jika dicermati, ternyata kesepuluh tanda tersebut sudah ada di Indonesia. Oleh karena itu pembentukan karakter harus dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan yang melibatkan   aspek   pengetahuan,   perasaan,  kasih   sayang,   dan   perbuatan.  Pendidikan   karakter merupakan pendidikan budi pekerti plus, yaitu pendidikan yang melibatkan aspek pengetahuan, perasaan, dan tindakan. Tanpa ketiga aspek ini, maka pendidikan karakter tidak akan efektif. Dasar pendidikan karakter sebaiknya diterapkan sejak usia kanak-kanak, karena usia ini akan menentukan kemampuan  anak  dalam mengembangkan  potensinya  di  masa  yang  akan  datang.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendidikan karakter dalam perencanaan pembelajaran IPA, pelaksanaan pembelajaran IPA, evaluasi, buku ajar, dan LKS yang digunakan di kelas 4

SD Laboratorium Percontohan UPI.

 

Kata kunci : Pendidikan karakter, pembelajaran, evaluasi

Tahun : 2013 Media Publikasi : jurnal nasional blm akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2 / 6 / 2013
ISSN/ISBN : 16935799
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Aziz, Hamka Abdul. 2011. Pendidikan Karakter Berpusat pada Hati : Akhlak Mulia Pondasi

Membangun Karakter Bangsa. Jakarta. Al-Mawardi.

 

Budiningsih, Asri.  2008.  Pembelajaran  Moral  :  Berpijak  pada  Karakteristik  Siswa  dan

Budayanya. Jakarta. Rineka Cipta.

 

Departemen  Pendidikan  Nasional.  2006.  Kurikulum  Tingkat  Satuan  Pendidikan  Sekolah

Dasar Pelajaran IPA SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

 

Firman,  Harry  dan Ari  Widodo.  2008.  Panduan  Pembelajaran  Ilmu  Pengetahuan  Alam

SD/MI. Jakarta. Pusat Perbukuan Depdiknas.

Goleman, Daniel. 1996. Emotional Intelligence. New York. Bantam Dell Pub Group. Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Pedoman

Sekolah. Jakarta. Balitbang Pusat Kurikulum.

 

Kemendiknas. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter (Berdasarkan Pengalaman di Satuan Pendidikan Rintisan). Jakarta. Balitbang Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

 

Koesoema, Doni. 2007. Pendidikan  Karakter, Strategi Mendidik Anak di Zaman Global.

Edisi Revisi. Jakarta. PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Koesoema, Doni. 2009. Pendidik Karakter di Zaman Keblinger. Jakarta. PT Gramedia. Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character. How Our Schools Can Teach Respect and

Responsibility. New York : Bantam Books.

 

Megawangi,  Ratna.   2004.   Pendidikan   Karakter.   Jakarta.   Lembaga   Penerbit   Fakultas

Ekonomi Universitas Indonesia.

 

Megawangi, Ratna. 2007. Semua Berakar pada Karakter. Isu-Isu Permasalahan Bangsa.

Jakarta. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung. Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006. 2006. Standar Kompetensi

Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

 

Quadra, Tim Sains. 2007. Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 B semester Kedua Sekolah Dasar.

Jakarta. Quadra.

Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta. PT Indeks. Sulistyorini, Sri. 2007. Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam

KTSP. Yogyakarta. Unnes & Tiara Wacana.

 

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2002. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta. Wahyudin, dkk. 2006. Evaluasi Pembelajaran SD. Bandung. UPI Press.

URL : https://repository.unpak.ac.id/index.php?p=detail&id_karya=50

 

Document

 
back