Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Didik Notosudjono, Rita Retnowati, MS Mardiana

Judul : PENINGKATAN Melalui Penguatan Kerjasama Tim, Pemberdayaan, dan Kepemimpinan Visioner
Abstrak :

Setiap pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan harus mampu beradaptasi dengan perubahan sosial dan teknologi yang ada di masyarakat (Thora, 2004:237). Salah satu bentuk adaptasi adalah dengan berinovasi baik dari segi tata kelola lembaga pendidikan, instrumen pengajaran, hingga faktor-faktor non teknis lainnya yang secara langsung dan tidak langsung berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan.

Salah satu unsur penting dalam proses pendidikan adalah guru. Selain berfungsi sebagai media untuk transfer knowledge, guru juga terlibat serta bertanggungjawab dalam pembentukan karakter dan moral peserta didik (Kostogriz, 2019:59). Tugas guru adalah membentuk peserta didik menjadi manusia Indonesia yang seutuhnya, yaitu berakal cerdas dan berbudi pekerti. Oleh karena itu peningkatan kapasitas guru perlu menjadi perhatian baik dari pemerintah maupun institusi yang menaunginya. Kualitas peserta didik tidak akan meningkat tanpa didukung oleh guru yang berkualitas.

Guru dari tahun ke tahun mengalami pergeseran peran. Sebelum teknologi mengambil peranan penting dalam setiap sendi kehidupan, guru menjadi satu-satunya sumber ilmu pengetahuan bagi siswa. Namun semenjak pesatnya perkembangan teknologi informasi yang berimbas pada terbukanya berbagai akses terhadap ilmu pengetahuan, peran guru tidak lagi sebagai satu-satunya sumber ilmu bagi siswa. Kini guru bertransformasi menjadi fasilitator, pengelola, demonstrator, pembimbing, motivator, dan evaluator (Finley, 2000:5). Guru didorong untuk akrab dengan teknologi baik mesin pencari, platform digital, maupun media sosial.

Tahun : 2022 Media Publikasi : buku
Kategori : Buku No/Vol/Tahun : 0 / 0 / 2022
ISSN/ISBN : 978-602-462-889-5
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : MANAJEMEN
Bibliography :

Abdissa, G., & Fitwi, T. (2016). The Impact of Psycological Empowerment on Employees’ Job Satisfaction: With Reference to Commercial Bank of Ethiopia, Gedeo Zone. Pyrex Journal of Business and Finance Management Research, 2 (7), pp. 65-80.

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “ Merdeka Belajar .” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49.

Adam, R. (2008). Empowerment, Participation and Social Work (4th Edition). Red Globe Press.

Adawiyah, R., Karnati, N., & Rochanah, S. (2019). Pengaruh Supervisi Akademik dan Kerjasama Tim Terhadap Efektifitas Kerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Bekasi. Jurnal Visipena, 10 (2), pp. 254-270.

Aldmour, R., Ysssine, O., & Masa’deh, R. (2018). A review of literature on the associations among employee empowerment, work engagement and employee performance. Modern Applied Science, 12(11), 313.

Andriani, S., Kesumawati, N., & Kristiawan, M. (2018). The influence of the transformational leadership and work motivation on teachers performance. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(7), 19–29.

Anna Thora. (2004). Adapting Technology for School Improvement: A Global Perspective. In International Institute for Educational Planning.

Anshar, M. (2017). THE IMPACT OF VISIONARY LEADERSHIP, LEARNING ORGANIZATION AND INNOVATIVE BEHAVIOR TO PERFORMANCE OF CUSTOMS AND EXCISE FUNCTIONAL. IJHCM (International Journal Of Human Capital Management), 1(2), 52–60.

URL : https://repository.unpak.ac.id/index.php?p=detail&id_karya=3967

 

Document

 
back