Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Mira Mirawati

Judul : PERANAN KELUARGA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI
Abstrak :

Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi peranan keluarga, karakter yang dikembangkan, pendekatan yang digunakan, faktor-faktor yang berperan, hambatan-hambatan, serta upaya- upaya yang dilakukan dalam mengatasi pendidikan karakter anak usia dini dalam keluarga. Pendekatan  yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek  penelitian  diambil  sebanyak  empat  keluarga  yang  memiliki  kriteria  berbentuk keluarga ialah keluarga inti lengkap yang terdiri dari ayah, ibu dan anak, keluarga berasal dari latar belakang status sosial ekonomi yang berbeda, Keluarga memiliki anak  usia dini yang berusia 4-6 tahun dan posisi urutan anak dalam keluarga.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama peranan ibu lebih mendominasi dibandingkan dengan peranan ayah dalam pendidikan karakter anak usia dini. Kedua, karakter yang dikembangkan antara lain mandiri dan tanggungjawab, Ketiga pendekatan pendidikan karakter anak usia dini yang dilakukan adalah   1)  kasih  sayang, 2)  nasehat,  3) disiplin, 4)  keteladanan, 5)  pembiasaan,  6)  dan penggunaan media elektronik. Keempat, faktor yang berperan antara lain faktor intern dan ekstern keluarga    Kelima, hambatan yang terjadi dalam pendidikan karakter anak usia dini berupa perkembangan sosial dan emosional anak belum berkembang secara optimal. Keenam upaya  mengatasi  hambatan     dalam  pendidikan  karakter  yang  dilakukan  antara  lain pendekatan kasih sayang dan nasehat ialah upaya yang paling dominan dilakukan para keluarga pada anak-anak.

 

Kata kunci: Peranan keluarga, pendidikan karakter, anak usia dini

Tahun : 2017 Media Publikasi : jurnal nasional blm akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 9 / 2 / 2017
ISSN/ISBN : 16935796
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Adhim, M. F. (2006). Positive Parenting.             Cara-cara             Islami Mengembangkan   Karakter  Positif   Pada Anak Anda. Bandung: Mizania.

Ahmadi,    A.    (2007).    Sosiologi

Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Anwar dan Ahmad, A. (2009). Pendidikan Anak Dini Usia (Panduan Praktis Bagi Ibu dan Calon Ibu). Bandung: Alfabeta.

Awwad, J. M. (1995). Mendidik Anak Secara Islam.  Jakarta: Gema Insani Press.

Azra, A. (2004). “Pembangunan Karakter Bangsa: Pendekatan Budaya, Pendidikan dan Agama”, dalam Refleksi Karakter Bangsa, Jakarta: Forum Kajian Antropologi Indonesia.

Baihaqi,  I.  (2010).  Sudahkah  Aku

Menjadi Orang Tua Shaleh.   Bandung: Khazanah Intelektual.

Basrowi dan Suwandi (2008). Memahami Penelitian  Kualitatif.  Jakarta:  Rineka Cipta.

Budimansyah, D, dan Winataputra, U. S. (2007).   Civic Education. Konteks, Landasan, Bahan Ajar dan Kultur Kelas. Bandung: SPs Universitas Pendidikan Indonesia.

Budimansyah, D., dan Suryadi, K. (2008). Pkn dan Masyarakat Multikultural. Bandung: SPs Universitas Pendidikan Indonesia.

Bungin,      B.(2007).      Penelitian

Kualitatif: komunikasi, ekonomi, kebijakan publik dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

 

 

 

 

 

Daryo, A. (2007). Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung: Refika Aditama.

Dimas, M. R. (2008). 25 Kiat Mempengaruhi Jiwa dan Akal Anak. Melejitkan Kecerdasan Anak dengan Bijak. Jakarta: Arkan Leema.

 

Fattah, A. (2008). Pembangunan Karakter  Unggul  Generasi  Penerus Bangsa. Jakarta: Arga Publishing.

Hakam, A. H. (2011). Membina Kecerdasan dan perilaku Sosial dalam Membangun Karakter Anak. dalam “Pendidikan   Karakter:   Nilai   Inti   Bagi Upaya Pembinaan Kepribadian Bangsa”. Perhargaan dan penghormatan 70 tahun Prof. Dr. Endang Somantri, M.Ed. Universitas Pendidikan Indonesia.

 

Hatimah. I. dkk. (1998) Pola Dan Bentuk Pendidikan Keluarga (Studi Deskriptif Mengenai Pola Dan Bentuk Pendidikan Dalam Keluarga Bagi Ibu Pekerja Dan Non Pekerja Di Kecamatan Sukasari Kotamadya Bandung). Dalam Jurnal    Penelitian Optimalisasi Materi Subyek,     Lembaga Penelitian IKIP Bandung.

 

Hidayati, Z. (2010). Miracles At Home: Keajaiban dalam Rumah Berdasarkan Kisah Nyata. Cara Mudah Penerapan Teknik Parenting Untuk Mengubah Perilaku Buruk Anak dalam Waktu Relatif Singkat dan Mencapai Kebahagiaan Dalam Keluarga. Bekasi: Imaji Kreasi Sukses.

 

Istijoni. (2010). Model Pembelajaran Anak Usia Dini.  Bandung: Alfabeta.

 

Kadarusmadi.  (1996).  Upaya Orang tua Dalam Menata Situasi Pendidikan   di   Dalam   Keluarga   (Studi

 

tentang Nilai-Nilai Yang Mendasari Dan Mengarahkan Upaya Orang Tua Yang Diserap  Anak  Dalam  Situasi  Pendidikan Di  Keluarga  Masyarakat  Banda  Aceh). PPS. IKIP Bandung.

 

Kardiman,  Y.  (2009).  Membangun Kembali Karakter Bangsa Melalui Situs- situs Kewarganegaraan dalam Acta Civicus. Vo. 2.(2).

 

Komalasari, K. (2010). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PKn Melalui  Contextual Teaching Learning. ”Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Membangun Karakter Bangsa (nation and Character Building):  Refleksi,  Komitmen  dan Prospek.  Laboratorium  PKn,  UPI Bandung.

Maufur. (1993). Kepedulian Orang tua Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Dalam Keluarga Untuk Membina Perilaku (Studi Kasus Pada Dua Keluarga di Desa Mejasem Kecamatan Keram  at Kabupaten Tegal) PPS, IKIP Bandung,

Megawangi, R. (2004). Pendidikan Karakter: Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Depok: BPMIGAS dan Energi.

Miles, M. B. dan Huberman, A. Michael (1994) Qualitative Data Analysis: Second Edition. Thousand Oaks: SAGE Publication.

Nurhafidzah. (2010). Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan Anak Usia Dini.dalam Procceding Seminar

Aktualisasi Pendidikan Karakter Bangsa. Universitas Pendidikan Indonesia.

 

Papalia, E. D et. al,(2008), Human Development (Psikologi Perkembangan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

 

 

 

 

 

Patmonodewo, S. (2008). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Salamor, L. (2010). Peranan Keluarga dan

Sekolah Dalam Pelaksanaan

Pendidikan Nilai Guna Membentuk Karakter Anak. dalam Procceding Seminar Aktualisasi Pendidikan Karakter Bangsa. Universitas Pendidikan Indonesia.

Saridewi (2010). Mengembangkan Pendidikan Berkarakter Melalui Implementasi High-tech and High-touch Pada Pendidikan Anak Usia Dini.  dalam Procceding  Seminar  Aktualisasi Pendidikan Karakter Bangsa. Universitas Pendidikan Indonesia.

 

Santrock,   J.W.   (2007).   Perkembangan

Anak. Jakarta: Erlangga.

 

Shochib, M. (2000). Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Soedarsono,  S.  (2010).  Pokok- pokok Pikiran Tentang Konsep Dasar Pendidikan Karakter (Hilangnya karakter, Hilangnya Generasi Penerus). Jakarta: Yayasan Jati Diri Bangsa.

 

Soedarsono, S. (2009). Karakter Mengantar Bangsa Dari Gelap Menuju Terang. Karakter Mendorong Kita Hidup Dalam Kebahagiaan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

 

Soekanto,  S.  (1998).  Sosiologi Suatu pengantar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

 

Suharmini,  T  et.  al  (2009). Pelatihan  Karakteristik  dan DeteksiTumbuh Kembang Anak Usia Dini Bagi Kader Posyandu Plus. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Yogyakarta.

 

Syaodih,   E.   (2007).   “Pendidikan   Anak Usia Dini Sebagai Fondasi Pengembangan Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas”, dalam UPI Press, Mengembangkan Pendidikan Unggul dan Bertaraf Internasional. Bandung: UPI Press.

                    (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya Untuk membentuk Daya saing dam Karakter Bangsa. Jakarta: Depdiknas.

Yusuf, Syamsu LN. (2006). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung:        Remaja Rosdakarya.

 

 

                      (2004).         Sosiologi Keluarga  Tentang  Ikhwal  Keluarga, Remaja dan Anak. Jakarta: Rineka Cipta.

URL : https://repository.unpak.ac.id/index.php?p=detail&id_karya=91

 

Document

 
back