Judul | : | PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME BERBASIS LESSON STUDY PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN TERPADU | |||
Abstrak | : | Abstract: The Application of Constructivisme Approach Based on Lesson Study in Integrated Learning Course. Integrated learning is one of the courses that equip students to have planning and implementationskill of integrated learning and thematic integrated learning in elementary school. But many problems found by the lecturer, one of them students less active in developing their thinking structure in understanding integrated learning concepts. Because of that a lecturer team chooses constructivism approach based on lesson study to be implemented in integrated learning course. Research methods used is descriptive methodology for data collection from various sources, such as observation results of integrated learning, observation result from students on the video of learning, students’ sheet’s activities of PGSD in fourth semester class I, D, L, and K. Based on the results obtained which is done on four cycle though steps plan-do-see, it can be declared succesful in the achievement of the purpose of the lecture. Besides, the lecturer team got a lot of inputs to improve the quality of learning both in terms of efectiveness of the media or the use of techniques and effective strategies in classroom management.
Abstrak : Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Berbasis Lesson Study Pada Mata KUliah Pembelajaran Terpadu. Pembelajaran terpadu merupakan salah satu mata kuliah yang membekali mahasiswa untuk terampil dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran tematik dan tematik terpadu di sekolah dasar. Namun banyak permasalahan yang ditemukan dosen, salah satunya mahasiswa kurang aktif dalam mengembangkan kerangka berpikirnya dalam memahami konsep-konsep pembelajaran terpadu. Oleh karena itu, tim dosen memilih pendekatan konstruktivisme berbasis lesson study untuk diterapkan
pada mata kuliah pembelajaran terpadu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan konstruktivisme berbasis lesson study pada mata kuliah pembelajaran terpadu. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari berbagai sumber yaitu hasil observasi pembelajaran terpadu, hasil pengamatan mahasiswa pada video pembelajaran, lembar kegiatan mahasiswa dan hasil evaluasi pembelajaran terpadu pada mahasiswa PGSD semester 4 kelas I, D, L, dan K . Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, penerapan pendekatan konstruktivisme berbasis lesson study pada mata kuliah pembelajaran terpadu yang dilakukan sebanyak empat siklus pertemuan melalui tahapan plan, do, dan see pada setiap siklusnya dapat dinyatakan berhasil dalam pencapaian tujuan perkuliahan. Selain itu, tim dosen memperoleh banyak masukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, baik dalam hal efektivitas penggunaan media ataupun teknik dan strategi yang efektif dalam pengelolaan kelas. Oleh karena itu, pendekatan konstruktivisme berbasis lesson study direkomendasikan agar dapat diterapkan pada mata kuliah yang lain.
Kata Kunci: Konstruktivisme, Lesson Study, Pembelajaran Terpadu |
|||
Tahun | : | 2015 | Media Publikasi | : | jurnal nasional blm akreditasi |
Kategori | : | Jurnal | No/Vol/Tahun | : | 2 / 2 / 2015 |
ISSN/ISBN | : | 2337-4543 | |||
PTN/S | : | Universitas Pakuan | Program Studi | : | PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Bibliography | : | Kurniawan, D. (2011). Pembelajaran Terpadu, Teori, Praktik, dan Penilaian. Bandung. Pustaka Cendekia Utama. Madjid, A. (2014) Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung. Remaja Rosdakarya. Mangun, Wardoyo S. (2013). Pembelajaran Konstruktivisme: Teori dan Aplikasi Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter. Bandung: Penerbit Alfabeta. Saefuddin, U., dkk. (2006). Pembelajaran Terpadu. Bandung. UPI Press.
Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta Sanjaya, W. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Media Group. Susilo, H., dkk. (2009). Lesson Study Berbasis Sekolah (Guru Konservatif Menuju Guru Inovatif). Malang. Banyumedia Publishing. Syaodih, Sukmadinata N. Metode Penelitian Pendidikan. 2010. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP. Bandung. Bumi Aksara. Wayan, Santyasa I. (2009). Implementasi Lesson Study dalam Pembelajaran. [Online] Tersedia: [10 Juli 2014]. |
|||
URL | : | https://repository.unpak.ac.id/index.php?p=detail&id_karya=51 |