Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Fitri Siti Sundari, Rina Yuliana, Yuli Mulyawati

Judul : PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME BERBASIS LESSON STUDY PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN TERPADU
Abstrak :

Abstract: The Application  of  Constructivisme Approach  Based  on  Lesson  Study  in Integrated Learning Course. Integrated learning is one of the courses that equip students to have planning and implementationskill of integrated learning and thematic integrated learning in elementary school. But many problems found by the lecturer, one of them students less active in developing their thinking structure in understanding integrated learning concepts. Because of that a lecturer team chooses constructivism approach based on lesson study to be implemented     in integrated learning course. Research methods used is descriptive methodology  for  data  collection  from  various  sources,  such  as  observation  results  of integrated  learning,  observation  result  from  students  on  the  video  of  learning,  students’ sheet’s activities of PGSD in fourth semester class I, D, L, and K. Based on the results obtained which is done on four cycle though steps plan-do-see, it can be declared succesful in the achievement of the purpose of the lecture. Besides, the lecturer team got a lot of inputs to improve the quality of learning both in terms of efectiveness of the media or the use of techniques and effective strategies in classroom management.

 

 

Abstrak : Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Berbasis Lesson Study Pada Mata KUliah Pembelajaran Terpadu. Pembelajaran terpadu merupakan salah satu mata kuliah yang   membekali   mahasiswa   untuk   terampil   dalam   perencanaan   dan   pelaksanaan pembelajaran tematik dan tematik terpadu di sekolah dasar. Namun banyak permasalahan yang ditemukan dosen, salah satunya mahasiswa     kurang aktif dalam mengembangkan kerangka berpikirnya dalam memahami konsep-konsep pembelajaran terpadu. Oleh karena itu, tim dosen memilih pendekatan konstruktivisme berbasis lesson study untuk diterapkan

 

pada mata kuliah pembelajaran terpadu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan konstruktivisme berbasis lesson study pada mata kuliah pembelajaran terpadu.

Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari berbagai sumber yaitu hasil observasi pembelajaran terpadu, hasil pengamatan mahasiswa pada video pembelajaran, lembar kegiatan mahasiswa dan hasil evaluasi pembelajaran terpadu pada mahasiswa PGSD semester 4 kelas I, D, L, dan K .

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, penerapan pendekatan konstruktivisme berbasis lesson study pada mata kuliah pembelajaran terpadu yang dilakukan sebanyak empat siklus pertemuan melalui tahapan plan, do, dan see pada setiap siklusnya dapat dinyatakan berhasil dalam pencapaian tujuan perkuliahan. Selain itu, tim dosen memperoleh banyak masukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, baik dalam hal efektivitas penggunaan media ataupun teknik dan strategi yang efektif dalam pengelolaan kelas. Oleh karena itu, pendekatan konstruktivisme berbasis lesson study direkomendasikan agar dapat diterapkan pada mata kuliah yang lain.

 

 

Kata Kunci: Konstruktivisme, Lesson Study, Pembelajaran Terpadu

Tahun : 2015 Media Publikasi : jurnal nasional blm akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2 / 2 / 2015
ISSN/ISBN : 2337-4543
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Kurniawan,  D.  (2011).  Pembelajaran  Terpadu,  Teori,  Praktik,  dan  Penilaian.  Bandung.

Pustaka Cendekia Utama.

Madjid, A. (2014) Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Mangun,   Wardoyo   S.   (2013).   Pembelajaran   Konstruktivisme:   Teori   dan   Aplikasi

Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter. Bandung: Penerbit Alfabeta. Saefuddin, U., dkk. (2006). Pembelajaran Terpadu. Bandung. UPI Press.

 

Sagala,  S.  (2009).  Konsep  dan  Makna  Pembelajaran  untuk  Membantu  Memecahkan

Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta

Sanjaya,  W.  (2009).  Kurikulum  dan  Pembelajaran:  Teori  dan  Praktik  Pengembangan

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).    Jakarta: Kencana Media Group. Susilo, H., dkk. (2009). Lesson Study Berbasis Sekolah (Guru Konservatif Menuju Guru

Inovatif). Malang. Banyumedia Publishing.

Syaodih,  Sukmadinata  N.  Metode  Penelitian  Pendidikan.  2010.  Bandung:  PT.  Remaja

Rosdakarya.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam

KTSP. Bandung. Bumi Aksara.

Wayan,  Santyasa  I.  (2009).  Implementasi  Lesson  Study  dalam  Pembelajaran.  [Online] Tersedia: [10 Juli 2014].

URL : https://repository.unpak.ac.id/index.php?p=detail&id_karya=51

 

Document

 
back