Judul | : | ANALISIS PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPA | |||
Abstrak | : | ABSTRAK Pendidikan karakter perlu dikembangkan di Indonesia karena ada sepuluh tanda-tanda yang harus diwaspadai karena jika tanda-tanda ini sudah ada, maka itu berarti bahwa sebuah bangsa sedang menuju jurang kehancuran. Jika dicermati, ternyata kesepuluh tanda tersebut sudah ada di Indonesia. Oleh karena itu pembentukan karakter harus dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan yang melibatkan aspek pengetahuan, perasaan, kasih sayang, dan perbuatan. Pendidikan karakter merupakan pendidikan budi pekerti plus, yaitu pendidikan yang melibatkan aspek pengetahuan, perasaan, dan tindakan. Tanpa ketiga aspek ini, maka pendidikan karakter tidak akan efektif. Dasar pendidikan karakter sebaiknya diterapkan sejak usia kanak-kanak, karena usia ini akan menentukan kemampuan anak dalam mengembangkan potensinya di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendidikan karakter dalam perencanaan pembelajaran IPA, pelaksanaan pembelajaran IPA, evaluasi, buku ajar, dan LKS yang digunakan di kelas 4 SD Laboratorium Percontohan UPI.
Kata kunci : Pendidikan karakter, pembelajaran, evaluasi |
|||
Tahun | : | 2013 | Media Publikasi | : | jurnal nasional blm akreditasi |
Kategori | : | Jurnal | No/Vol/Tahun | : | 2 / 6 / 2013 |
ISSN/ISBN | : | 16935799 | |||
PTN/S | : | Universitas Pakuan | Program Studi | : | PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Bibliography | : | Aziz, Hamka Abdul. 2011. Pendidikan Karakter Berpusat pada Hati : Akhlak Mulia Pondasi Membangun Karakter Bangsa. Jakarta. Al-Mawardi.
Budiningsih, Asri. 2008. Pembelajaran Moral : Berpijak pada Karakteristik Siswa dan Budayanya. Jakarta. Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Pelajaran IPA SD/MI. Jakarta: Depdiknas.
Firman, Harry dan Ari Widodo. 2008. Panduan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SD/MI. Jakarta. Pusat Perbukuan Depdiknas. Goleman, Daniel. 1996. Emotional Intelligence. New York. Bantam Dell Pub Group. Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Pedoman Sekolah. Jakarta. Balitbang Pusat Kurikulum.
Kemendiknas. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter (Berdasarkan Pengalaman di Satuan Pendidikan Rintisan). Jakarta. Balitbang Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Koesoema, Doni. 2007. Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Edisi Revisi. Jakarta. PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Koesoema, Doni. 2009. Pendidik Karakter di Zaman Keblinger. Jakarta. PT Gramedia. Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character. How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York : Bantam Books.
Megawangi, Ratna. 2004. Pendidikan Karakter. Jakarta. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Megawangi, Ratna. 2007. Semua Berakar pada Karakter. Isu-Isu Permasalahan Bangsa. Jakarta. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung. Rosdakarya. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006. 2006. Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Quadra, Tim Sains. 2007. Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 B semester Kedua Sekolah Dasar. Jakarta. Quadra. Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta. PT Indeks. Sulistyorini, Sri. 2007. Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP. Yogyakarta. Unnes & Tiara Wacana.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2002. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta. Wahyudin, dkk. 2006. Evaluasi Pembelajaran SD. Bandung. UPI Press. |
|||
URL | : | https://repository.unpak.ac.id/index.php?p=detail&id_karya=50 |