Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Ratih Purnamasari, Rukmini Handayani, Lina Novita

Judul : PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MPENINGKATAN AKTIVITAS KOLABORATIF MAHASISWA PGSD PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA I
Abstrak :

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan aktivitas kolaboratif mahasiswa pada mata kuliah pendidikan matematika I dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis lesson study. Penelitian dilakukan dengan tahapan-tahapan yang berlaku dalam pembelajaran berbasis lesson study yang terdiri dari plan, do dan see. Lokasi penelitian di FKIP UNPAK dengan waktu pelaksanaan antara bulan Mei-Juni 2013. Subyek penelitian mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) semester VI yang mengambil mata kuliah pendidikan matematika I. Pengumpulan data dengan teknik dokumentasi, observasi, wawancara dan angket. Instrumen meliputi : lembar observasi, pedoman wawancara dan angket. Data hasil observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif untuk mengetahui peningkatan aktivitas kolaboratif mahasiswa dalam kerja kelompok. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis lesson study dapat meningkatkan aktivitas kolaboratif mahasiswa dalam kerja kelompok pada mata kuliah pendidikan matematika I, khususnya pada materi KPK, FPB dan pecahan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketercapaian indikator kegiatan lesson study di setiap siklusnya, serta hasil angket respon mahasiswa yang mayoritas menyatakan positif terhadap proses pembelajaran yang dilakukan. Selain itu, hasil wawancara terhadap mahasiswa juga menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ternyata dapat meningkatkan motivasi mahasiswa untuk belajar secara berkolaborasi. Alangkah baiknya jika para dosen dalam membelajarkan mata kuliah pendidikan matematika 1 mencoba menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis lesson study.

 

Kata Kunci: aktivitas kolaboratif, jigsaw, lesson study

 

ABSTRACT

This study aimed to increase collaborative activities of students in the subject of Pendidikan Matematika I by implementing cooperative learning jigsaw-based lesson study. Research carried out by stages that apply in lesson study based learning consisting of plan, do and see. The research location FKIP UNPAK the execution time between the months of May-June 2013. The research subjects S1 Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) VI semester who take courses in mathematics education I. The collection of data by technical documentation, observation, interviews and questionnaires. Instruments include: observation sheets, interview and questionnaire. Data were analyzed descriptively qualitative observations to determine an increase in collaborative activity of students in group work. The results showed the application of cooperative learning jigsaw-based lesson study can increase the activity of students in the collaborative group work in mathematics education courses I, in particular on the material KPK, FPB and fractions. It can be seen from the increase in activity indicators lesson study achievement in each cycle, and the results of questionnaire responses that the majority of students expressed positive towards their lessons. Moreover, interviews conducted on college students also shows that the type cooperative learning jigsaw may increase student motivation to learn collaboratively. It would be nice if the lecturers in teaching mathematics education courses 1 tries to use cooperative learning jigsaw -based lesson study

 

Keywords : collaborative activities , jigsaw , lesson study

Tahun : 2016 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2 / 2 / 2016
ISSN/ISBN : 2301-671X
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

DAFTAR PUSTAKA

Anitah. (2007). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Kemdiknas

Dahar, Ratna Willis. (2011). Teori-Teori Pembelajaran. Bandung: Erlangga

Ollerton, Mike. 2010. Panduan Guru Mengajar Matematika. Bandung:Erlangga

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning (cara efektif dan menyenangkan pacu prestasi seluruh peserta didik). Bandung: Nusa Media.

Sudrajat, Akhmad. 2008. Cooperative Learning-teknik Jigsaw. http://akhmadsudrajat.wordpress.com.

Sugianto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Zaini, Hisyam dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

http://www.kajianpustaka.com/2013/09/model-pembelajaran-jigsaw.html

 

URL : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/view/795

 

Document

 
back