Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Lina Novita, Leora Grahadila Andovita, Atwinda Ardiyanti

Judul : Pola Komunikasi Keluarga dalam Prestasi Belajar Siswa
Abstrak :

Keluarga merupakan faktor yang memiliki pengaruh besar terhadap tingkat prestasi belajar siswa, baik di bidang akademik maupun non akademik. Melalui komunikasi keluarga, anak belajar mengembangkan kemampuan dan kreativitasnya serta menyimak nilai-nilai sosial. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pola komunikasi keluarga pada siswa berprestasi di Sekolah Dasar. Subjek penelitian adalah siswa berprestasi yang mendapat peringkat kelas ranking 1, serta aktif dalam mengikuti kegiatan kelas. Jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus, teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi, yakni gabungan antara hasil studi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu melalui proses reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan (verifikasi).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi subjek dengan orang tuanya cenderung menunjukan kombinasi authoritarian, permissive, dan authoritative, namun diantara ketiga pola komunikasi tersebut, orang tua subjekcenderung menggunakan pola komunikasi authoritative yaitu meskipun memberikan kebebasan, tetapi orang tua subjek tetap memberikan tanggung jawab pada subjek. Orang tua subjek selalu mendukung, mengkontrol, dan ikut berperan dalam perkembangan belajar subjek. Dengan demikian, prestasi belajar siswa berprestasi menunjukan nilai raport yang baik, di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), mendapat peringkat I, dan sering meraih prestasi akademik di tingkat Kecamatan dan Kota
Kata Kunci:pola komunikasi, prestasi belajar, siswa

Tahun : 2018 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 1 / 2018
ISSN/ISBN : 2621-9069
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Asizah dan Fabiola, H. 2013. Intensitas Komunikasi Antara Anak Dengan Orang Tua Dan Self Regulation pada Remaja Pesantren.Persona Jurnal Psikologi Indonesia,2 (2): 90 –98. Djamarah, S. B.2012.Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru.Surabaya: Usaha Nasional.___________ . 2004.Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar.Bandung: Pustaka Setia. Istiningsih dan Hasbulah. 2009. Pengaruh Komunikasi Keluarga Terhadap Prestasi Belajar. Matematika. JKKP. http://doi.org/ 10.21009/JKKP DOI: doi.org/ 10.21009/JKKP.011. 03. E-ISSN : 2597-4521. (Diaksestgl 21-022018) Istiyanto, S.B. 2007.  Pentingnya Komunikasi Keluarga: Menelaah Posisi Ibu Antara Menjadi Wanita​ Karir Atau Penciptaan Keluarga Berkualitas. Komunika. Jurnal Dakwah dan Komunikasi,1 (2). Noviasari, D., Sinaga, L. S., Lorita, E. 2016.  Komunikasi Bimbingan Orang Tua Pada Anak Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Professional FIS UNIVED, 3 (1) Pusitaningtyas, A. 2016. Proceeding of ICECRS, 1. 935-942 ISSN. 25486160 International Seminar on Generating Knowledge Through Research, UUM-UMSIDA, 25-27 October 2016, Universiti Utara Malaysia, Malaysia. Pusungulaa, A., Pantow, J., dan Boham, A. 2015. Pola Komunikasi Keluarga Dalam Membentuk Karakter Anak Di Kelurahan Beo Talaud.Jurnal Acta Diurna,4 (5). Setyowati, Y. 2005. Pola Komunikasi Keluarga dan Perkembangan Anak. Jurnal Ilmu Komunikasi.2(1).Solihat, M . 2005.Komunikasi Orang Tuad an Pembentukan Kepribadian Anak,Mediator6 (2). Sumardjijati. 2012. Pola Komunikasi Antara Orangtua Dan Anak Dalam Keluarga Broken Home Di Surabaya. ejournal.upnjatim.ac.id. http://ejournal.upnjatim.ac.id/ind ex.php/ilkom/article/view/351 (Diakses tgl. 23-02-2018)Syah, M . 2009.Psikologi Belajar.Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.Slameto. 2003. Belajar dan FaktorFaktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Tohirin. 2005.Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.Jakarta: PT RajaGrasindo Persada. Yanuarita, A. 2014.Rahasia Otak dan Kecerdasan Anak. Yogyakarta: TeranovaBooks.
Wijayanti, Y. T.  2015. Pola Komunikasi Keluarga dalam Membangun Akhlakul Karimah. CHANNEL Jurnal Komunikasi, 3 (2). Zubaidah, S. Z. 2014. Hubungan Pola Komunikasi Orangtua Dengan Motivasi Belajar Dan Prestasi Akademik Anak Usia Sekolah. http://jurnal.unimus.ac.id/inde

URL :

 

Document

 
back