Judul | : | BIMBINGAN ORANG TUA DENGAN DISIPLIN SISWA | |||
Abstrak | : | Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dan studi korelasional pada bimbingan orangtua sebagai variabel bebas dan disiplin siswa sebagai variabel terikat. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan atau kelemahan hubungan bimbingan orangtua dengan disiplin siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB dan VC Sekolah Dasar Negeri Ciampea 01 Kabupaten Bogor Genap Tahun Pelajaran 2016/2017, berjumlah 90 siswa dan sampel yang diambil sebanyak 47 responden. Validasi instrumen bimbingan orangtua dan disiplin siswa menggunakan program Microsoft excel dengan rumus Pearson Product Moment. Sedangkan perhitungan reliabilitas instrumen bimbingan orangtua dan disiplin siswa menggunakan rumus Alpha Cronbach. Validasi instrumen hipotesis penelitian dilakukan dengan teknik hubungan analisis regresi sederhana dengan Ŷ = -25,02+1,35X yang berarti hubungan fungsional adalah signifikan. Dalam penelitian ini, setiap kenaikan satu unit bimbingan orangtua akan meningkatkan disiplin siswa sebesar 1,35 unit. Pengujian korelasi sederhana menyatakan bahwa(rxy) sebesar 0,97 yang berarti terdapat hubungan antara variabel sangat kuat, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,95 yang berarti bimbingan orangtua berkontribusi 95% terhadap disiplin siswa. Sisanya sebanyak 5% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara bimbingan orangtua dengan disiplin siswa. |
|||
Tahun | : | 2018 | Media Publikasi | : | Jurnal Nasional Blm Akreditasi |
Kategori | : | Jurnal | No/Vol/Tahun | : | 2 / 1 / 2018 |
ISSN/ISBN | : | 2550-0406 | |||
PTN/S | : | Universitas Pakuan | Program Studi | : | PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Bibliography | : | Endriani, Ani. 2016. Hubungan antara Keharmonisan Keluarga dengan Sikap Disiplin Siswa [Online], Vol 3, 8 halaman. Tersedia di: http://fip.ikipmataram.ac.id/w p-content [21 Maret 2017]. |
|||
URL | : | http://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal |