Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Lina Novita, Anisa Agustina

Judul : BIMBINGAN ORANG TUA DENGAN DISIPLIN SISWA
Abstrak :

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dan studi korelasional pada bimbingan orangtua sebagai variabel bebas dan disiplin siswa sebagai variabel terikat. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan atau kelemahan hubungan bimbingan orangtua dengan disiplin siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB dan VC Sekolah Dasar Negeri Ciampea 01 Kabupaten Bogor Genap Tahun Pelajaran 2016/2017, berjumlah 90 siswa dan sampel yang diambil sebanyak 47 responden. Validasi instrumen bimbingan orangtua dan disiplin siswa menggunakan program Microsoft excel dengan rumus Pearson Product Moment. Sedangkan perhitungan reliabilitas instrumen bimbingan orangtua dan disiplin siswa menggunakan rumus Alpha Cronbach. Validasi instrumen hipotesis penelitian dilakukan dengan teknik hubungan analisis regresi sederhana dengan Ŷ = -25,02+1,35X yang berarti hubungan fungsional adalah signifikan. Dalam penelitian ini, setiap kenaikan satu unit bimbingan orangtua akan meningkatkan disiplin siswa sebesar 1,35 unit. Pengujian korelasi sederhana menyatakan bahwa(rxy) sebesar 0,97 yang berarti terdapat hubungan antara variabel sangat kuat, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,95 yang berarti bimbingan orangtua berkontribusi 95% terhadap disiplin siswa. Sisanya sebanyak 5% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan  yang  positif antara bimbingan orangtua dengan disiplin siswa. 
 
Kata Kunci : Bimbingan Orangtua dan Disiplin Siswa

Tahun : 2018 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2 / 1 / 2018
ISSN/ISBN : 2550-0406
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Endriani, Ani. 2016. Hubungan antara Keharmonisan Keluarga dengan Sikap Disiplin Siswa [Online], Vol 3, 8 halaman. Tersedia di: http://fip.ikipmataram.ac.id/w p-content [21 Maret 2017].
 
Farida. 2015. Bimbingan Keluarga dalam Membantu Anak Autis (Kehebatan Motif Keibuan) [Online], Vol 6, 26 halaman. Tersedia di: http://journal.stainkudus.ac.id /index.php/konseling [18 Maret 2017].
 
Gunarsa, Singgih D dan Gunarsa Yulia Singgih D. 2012. Psikologi untuk Membimbing. Jakarta: Libri
 
Handayani, Ika Fitri. 2014. Hubungan Bimbingan Orang Tua dengan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VIII MTs Negeri Karanggede Tahun 2014/2015. STAIN Salatiga. [Online]. Tersedia di: http://perpus.iainsalatiga.ac.id [27 Desember 2016].
 
Hurlock, Elizabeth B. 2006. Perkembangan Anak Alih Bahasa dr. Med. Meitasari Tjandrasa Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
 
Kurniasari, Alit. 2015. Kekerasan Versus Disiplin dalam Pengasuhan Anak  Online], Vol 1, 19 halaman. Tersedia di: http://ejournal.kemsos.go.id [12 Maret 2017].
 
Novi, Bunda. 2015. Cara-cara Mengasuh Anak yang Sering Diabaikan Orang Tua. Yogyakarta: FlashBooks.
 
Nurihsan, A Juntika dan Yusuf Syamsu. 2014. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
 
Priyatna, Andi. 2011. Parenting for Character Building (Panduan bagi orang tua untuk membangun karakter anak sejak dini). Jakarta: PT Elex Media.
 
S, Ariesandi. 2008. Rahasia Mendidik Anak Agar Sukses dan Bahagia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
 
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
 
Susanto, Ahmad. 2015. Bimbingan & konseling di Taman Kanakkanak.   Jakarta: Prenamedia Group.
 
Taufiq, Agus, Puji Lestari Prianto dan Hera Lestari Mikarsa. 2012. Pendidikan Anak di SD. Tangerang: Universitas Terbuka.
 
Yasar, Iftida. 2010. FROM ZERO TO HERO Rahasia Menciptakan Pribadi Unggul di Pekerjaan dan Kehidupan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

URL : http://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal

 

Document

 
back