Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Tustiyana Windiyani, Lina Novita, Anisa Permatasar

Judul : PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR FOTOGRAFI PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR
Abstrak :

Penelitian ini  bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V  melalui penggunaan media pembelajaran gambar fotografi. Obyek penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Semplak 2 Bogor kelas V yang terdiri dari 30 siswa, dengan komposisi 13 siswa, dan 17 siswi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai proses pelaksanaan pembelajaran pada siklus pertama memperoleh nilai sebesar 73,5 dan pada siklus kedua meningkat menjadi 85,1. Hasil observasi sikap siswa menunjukan adanya peningkatan pada aktivitas siswa dengan memperoleh nilai pada siklus pertama 82,6 dan siklus kedua memperoleh nilai 89,3. Sementara nilai rata-rata hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial  pada siklus pertama memperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 63,3%,hasil belajar siklus kedua memperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 86,7%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran gambar fotografi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Semplak 2 Bogor. Selain itu penggunaan media gambar fotografi ini dapat meningkatkan keaktifan, kerjasama, dan kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Hasil Belajar IPS,  Media Gambar Fotografi.

Tahun : 2018 Media Publikasi : jurnal nasional terakreditasi B
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 4 / 1 / 2018
ISSN/ISBN : ISSN 2540-9093 E-ISSN 2503-0558
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Anggraini, Rini dan Samiha, Yulia Tri. 2016. Pengaruh Penerapan Media Gambar Fotografi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyah Islamiyah Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI Vol. 2, No.1
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. cetakan ke-15, Hal. 25. Jakarta: Rajawalli Pers. Barnes, Ronald E. 1979. Instructional Media and the Future. Journal of Educational Technology Systems. Sage Journals, (2), 4. 123-125.Handayani, Nur. 2014. Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Peningkatan Prestasi Belajar. Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial. An-Nuha, (1) 2. 87-97. Hilmi. 2016. Efektivitas Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Lantanida Journal, Vol. 4, No. 2. Hal. 56-68. Hotimah, Empit. 2010. Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas II MI ArRochman Samarang Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut. Vol. 04; No. 01. Hal.10-18. Istova, Mikha dan Hartati, Tatat. 2016. Pengaruh Media Film Animasi Islami untjuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal JPSD Untirta, Vol. 2, No. 1. Hal. 72-86. Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo. Lawless, 1995. Development of a Measure to Assess Teacher Beliefs about Instructional Media. Educational and Pshycological Measurement. Sage Journals, (55), 5. 56-67. Mawarni, Huber Yaspin Tandi, dan Rizal. 2014. Peranan Media Gambar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN No 2 Kalukubula. Jurnal Kreatif Tadulako, (5), 8. 11-19. Mc. Cavvitt, William. 1976. A Study of Some Results of an
Educational Media Course within a Teacher Preparation Program. Journal of Educational Technology Systems. Sage Journals, (4), 3. 23-31. Nugraheni, Nursiwi. 2017. Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal  Refleksi  Edukatika, Vol. 7, No. 2. Hal. 10-13. Nursalim. 2013. Pembelajaran IPS SD. Bandung: Rosdakarya. Permatasari, Nurhayati Endah. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD Menggunakan Model Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Media Gambar. Jurnal JPSD Untirta, (3), 2. 96104. Reyna, Jorge., Hanham, Jose & Meler, Peter. 2018. A taxonomy of digital media types for LearnerGenerated Digital Media assignments. Journal of Educational Technology Systems. Sage Journals, (14), 6. 75-83. Rohini. 2010. Pengaruh Penggunaan Media gambar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN 02 Korleko. Jurnal Educatio, (5), 2. 75-90. Russell & Hannon, 2016. A Cognitive Load Approach To LearnerCentered Design Of Digital Instructional Media And Supporting Accessibility Tools. Journal of Educational Technology Systems.Sage Journals. (56), 1. 78-88. Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu : Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta : Rajawali Pres. Sukmanasa, Elly., Windiyani, Tustiyana dan Novita, Lina. 2017. Pengembangan Media​ Pembelajaran Komik Digital pada Mata Pelajaran IPS bagi Siswa Kelas V SD Sekota Bogor. Jurnal JPSD. Untirta. (3), 2. 171-185. Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Widianto, Eko., dan Subyantoro. 2015. Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Klasifikasi Menggunakan Metode Sq3R Dengan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. JPBSI. (4), 1. 112122.

URL :

 

Document

 
back