Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Elly Sukmanasa, Lina Novita, Fitri Siti Sundari

Judul : ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KINERJA DOSEN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UNIVERSITAS PAKUAN
Abstrak :

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif, yaitu penelitian yang memberi gambaran secara cermat mengenai individu atau kelompok tertentu tentang keadaan dan gejala yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran apa adanya tentang bagaimana kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk narasi, uraian, penjelasan, dan pengisian angket dari informan baik lisan maupun tulisan. Sumber data penelitian ini adalah Dosen Tetap Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan yang terdaftar sebagai mahasiswa aktif untuk tahun ajaran 2013/2014 yaitu sebanyak 1767 orang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen PGSD berada pada rentang puas, cukup puas, dan kurang puas. Secara umum mahasiswa merasa puas dengan kinerja dosen PGSD. Mahasiswa merasa puas pada aspek tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Mahasiswa merasa cukup puas pada aspek tangible, reliability, dan, assurance. Mahasiswa merasa kurang puas hanya pada aspek assurance. 
 
Kata Kunci: Kepuasan Mahasiswa, Kinerja Dosen

Tahun : 2017 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 2 / 2017
ISSN/ISBN : 2550-0406
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktek. (Edisi Revisi V). Jakarta. Rineka Cipta. Kotler, Philip. 2002. Marketing Management, Prentice Hall.Inc Margono, Gaguk. 2005. Validitas Konstruk Instrumen Pengukur Tingkat Kepuasan Mahasiswa sebagai Pelanggan Internal. Jurnal  PTM. Vol.5.No.1918 Rangkuty, Freddy, 2003, Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama  Ruslan. 2010. Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen. Jurnal Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Volume 17, No 3. ISSN 0215-9643 dan E-ISSN: 2442-8655. URL: http://journal.um.ac.id/index.php/jip/ article/view/2723. Diakses tanggal 11-10-2017. Sagala, Saeful. 2003, Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Satori, Djam’an dan Komariah, Aan.. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif.  Bandung.  Alfabeta. Sekaran, Uma. 1992. Research Methods For Business: A Skill Building Approach, Secon Edition, John Willey & Sons, Inc. New York.  Soelasih, Yashinta. 2004. Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen dan Sarana dan Prasarana dalam Jurnal Ekonomi Bisnis : Atmajaya Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif Kualtitatif dan R&D, Penerbit Alfabeta : Bandung ---------. 2003. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sulastri, Yuti. 2017. Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. Optimal. Fakultas Ekonomi Universitas Islam “45” Bekasi. Volume 10 No 2. ISSN 1978-2586. URL: http://ejournal-unisma.net/ojs/index.php/optimal/article/view/1410. Diakses tanggal 11-10-2017. Tjiptono, Fandy. 2000. Perspektif Manajemen & Pemasaran kontemporer. Yogyakarta : ANDI

URL : http://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal

 

Document

 
back