Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Rini Sri Indriani

Judul : PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH PEMBELAJARAN BAHASA DAN SENI SUNDA
Abstrak :

Abstrak:  Penelitian ini adalah sebuah penelitian survey untuk mengumpulkan data dan studi korelasional untuk mendapatkan informasi mengenai pengaruh antara minat belajar dengan prestasi  belajar mahasiswa pada mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Seni Sunda. Variabel penelitiannya yaitu minat belajar dan prestasi belajar Pembelajaran Bahasa dan Seni Sunda. Data penelitian tersebut diperoleh dari cakupan sampel populasi penelitian pada mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor Semester Gasal Tahun Akademik 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar. Minat belajar dengan prestasi belajar menunjukkan adanya hubungan positif  yang siginifikan.Hal ini dapat ditunjukkan dari persamaan regresi Ŷ = 53,04+0,23X, artinya setiap peningkatan satu unit minat belajar akan meningkatkan prestasi belajar mahasiswa sebesar 0,23 unit. Kontribusi variabel minat belajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa 90% dengan koefisien jalur (rxy) = 0,9. Maka kecenderungan hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar sangat tinggi.

 

Kata Kunci: minat belajar, prestasi belajar.

Tahun : 2017 Media Publikasi : jurnal nasional blm akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 9 / 2 / 2017
ISSN/ISBN : 16935799
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Arifin, Zainal. 1991. Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Ha. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Andri, Alexander dan Sangkaparan, Hartono. 2010. Sinergi 3 Otak. Jakarta: Transmedia Pusaka.

Azwar, Saifuddin. 1996. Fungsi Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta : Sinar Kejora.

 

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain.2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, Saiful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Darajat, Zakiah. 1978. Bimbingan Pendidikan dan Pekerjaan. Jakarta:   Bulan Bintang.

Dasuki, Ahmad. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bogor. Universitas Pakuan.

Hurlock B,  Elizabeth.1987. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hamid, Hamdani. 2013. Pengembangan Sistem Pendidikan di Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia.

Iskandar, Harun. 2010. Tumbuhkan Minat Kembangkan Bakat. Jakarta: ST book.

Kristo, Tomas. 2010. Para Orang Tua Motivator Terbaik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Mansur dan Rasyid, Harun. 2009. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima.

Rostikawati, Teti. 2005. Pedagogia. Jurnal Ilmiah Pendidikan.

Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grapindo Prasada.

Sunarya, Yaya. 2010. Wawasan Tridharma. Bandung: Majalah Ilmiah Kopertis Wilayan IV.

Slameto.2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Surya, Moh. 2002. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung:Pustaka Bani Quraisy.

Sudjana, Nana. 1996. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&G. Bandung: Alfabeta.

Semiawan, Conny, et al. 2008. Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah Petunjuk Bagi Guru dan Orang Tua. Jakarta: PT Gramedia.

Purwanto M.P, Ngalim M.1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tohirin. 2005. Psikologi PPAI. Jakarta: PT. Raja Grapindo Prasada.

 

URL :

 

Document

 
back