Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Herdiyana, Patar Simamora

Judul : STUDI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BERDASARKAN LOYALITAS MEREK Studi Kasus Produk Merek Salam Mie di Kota Bogor
Abstrak :

Loyalitas merek merupakan suatu konsep yang sangat penting, khususnya pada kondisi pasar dengan tingkat pertumbuhan yang sangat rendah, namun tingkat persaingannya sangat ketat saat ini. Sehingga keberadaan konsumen yang loyal pada merek sangat dibutuhkan agar perusahaan dapat bertahan dalam dunia bisnis. Keputusan pembelian merupakan sutu pemilihan tindakan dari dua atau lebih pilihan alternatif yang didapatkan untuk membeli atau tidak membeli, maka dengan kondisi seperti ni konsumen berada pada posisi untuk membuat suatu keputusan.

Hasil analisis regresi menghasilkan persamaan Y = 32,428 + 0,682X, dimana hasil ini dapat diartikan, jika nilai loyalitas merek  adalah 1 maka keputusan pembelian akan meningkat sebesar 0,682.   Sedangkan koefisien korelasi antar kedua variabel adalah 0,829 yang berarti bahwa terjadi hubungan yang kuat dan positif antara loyalitas merek dengan keputusan pembelian konsumen. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi, dapat diketahui bahwa loyalitas merek memilki kontribusi sebesar 68,72% dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, dan sisanya sebesar 31,28 dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen seperti promosi dan saluran distribusi.

 

Kata kunci : Loyalitas Merek, Keputusan Pembelian Konsumen.

Tahun : 2010 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 1 / 2010
ISSN/ISBN : 1410-6132
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : MANAJEMEN
Bibliography :

Alma Buchari. 2005. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi, Bandung, Penerbit CV. ALFABETA.

Boyd, Walker, Mullins, Larreche. 2002. Marketing Management. MC Graw Hill. New York.

Djaslim Saladin. 2004. Manajemen Pemasaran: Analisis, perencanan, pelaksanaan, dan Pengendalian. Linda Karya. Bandung.

Fandy. Tjiptono. 1997. Strategi Pemasaran. Andi. Yogyakarta

_______________2005. Brand Management and Strategy. Andi. Yogyakarta

_______________2005. Pemasaran Jasa. Bayu Media Publisling. Malang.

J. Peter Paul, Donnely H. James Jr. 2004. Marketing Management. Knowledge and Skill. 7 th edition. McGrow-Hill Companies, Inc.  North America.

Jober. David. 2004. Principles and Practice of Marketing. Second Edition. The Mc Grow Hill. uk

Kotler. Philip. 1998. Manajemen Pemasaran; Marketing Manajemen. Prentice Hall. Inc

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2000. Marketing; an introduction edition. Prentice-Hall. Inc., New Jersey

Kotler Philip. 2000. Manajemen Pemasaran Di Indonesia. Salemba empat. Jakarta.

M. Mursid. 2003. Manajemen Pemasaran. Bumi Angkasa. Jakarta

Nugroho. J. Setiadi. 2003. Perilaku Konsumen; Konsep dan Implementasi Strategi dan Penelitian Pemasaran Edisi Pertama. Prenanda Media. Bandung

Peter. J, Jerry C. Olson. 2000. Consumer Behavior; Perilaku Konsumen dan Strategi pemasaran. Edisi 4. Erlangga. Jakarta

Schiffman, G. Leon, Leslie Lazar Kanuk. 2004. Consumer Behavior. Eight edition Pearson prentice hall

Sugiono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung

Solomon. R. Michael. 2004. Consumer Behavior, Buying, Having, and Boing. International edition. Sixth edition. Pearson education. Inc. uper saddle, New Jersey

Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

URL :

 

Document

 
back