Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Salmah

Judul : STRATEGI BERSAING DIVISI BISNIS KARTU PADA PT BANK BNI SYARIAH
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peluang dan ancaman yang dihadapi oleh Divisi BSK BNI Syariah, juga kekuatan dan kelemahan yang dimiliki Divisi BSK BNI Syariah dalam mengembangkan kartu kredit berbasis syariah satu-satunya di Indonesia. Dari hasil analisis lingkungan eksternal dapat diidentifikasikan 11 faktor peluang dan 6 faktor ancaman bagi Divisi BSK yang kemudian dapat disusun matriks EFE berikut faktor-faktor tersebut berpengaruh terhadap industri dan tanggapan strategi perusahaan saat ini terhadap faktor-faktor tersebut. Dari hasil analisis lingkungan internal diatas dapat diidentifikasikan 6 faktor kekuatan dan 8 faktor kelemahan bagi Divisi BSK yang kemudian dapat disusun matriks IFE berikut faktor-faktor tersebut berpengaruh terhadap industri dan tanggapan strategi perusahaan saat ini terhadap faktor-faktor tersebut. Hasil analisis internal dan eksternal dikombinasikan dengan menggunakan matriks SFAS (Strategic factor analysis summary) untuk memilih faktor-faktor yang dominan yang sangat menpengaruhi Divisi BSK. Kemudian dilakukan analisis untuk mengetahui posisi pasar Divisi BSK dengan matriks BCG, posisi kompetitif Divisi BSK terhadap industri kartu kredit  dengan Grand Strategy, posisi portofolio bisnis Divisi BSK dengan matriks IE. Untuk kemudian ditentukan strategi yang hendak dijalankan dengan mengguanakan matriks QSPM . Selanjutnya strategi-strategi yang telah ditentukan tersebut diformulasikan dengan membandingkan faktor eksternal dengan faktor internal dengan menggunakan matriks SWOT. Agar strategi tersebut dapat dijalankan maka diturunkan menjadi strategi-strategi di level fungsional dengan menerjemahkan strategi yang dipilih ke dalam empat perspektif yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal dan pertumbuhan pembelajaran dengan menggunakan alat analisis balanced scorecard, dengan hasil yang terangkum dalam peta strategi. Strategi usaha yang didapatkan berdasarkan analisis eksternal dan internal untuk Divisi BSK BNI Syariah adalah strategi pengembangan dan penetrasi pasar.

Kata Kunci: SWOT dan Balanced Scorecard.

Tahun : 2016 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 2 / 2016
ISSN/ISBN : 2502/1400
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : MANAJEMEN
Bibliography :

Abdul Wahab Ibrahim Abu Sulaiman. 2006.  Banking Card Syariah; Kartu Kredit dan Debit dalam Perspektif Fiqih. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Dahlan Siamat. 1999. Manajemen Lembaga Keuangan. Cetakan 2, Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Dahlan Siamat. 2005. Manajemen Lembaga Keuangan Kebijakan Moneter dan Perbankan.Cetakan 5. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

David, Fred. 2011. Strategic Management. Edisi 12, Buku 1,  Alih Bahasa: Dono Sunardi. Jakarta: Salemba Empat.

Grant, Robert M. 2010. Contemporary Strategy Analysis Text and Cases, 7 th. ed. Southern Kingdom: John Wiley & Sons Ltd, The Atrium.

Heri Sudarsono. 2012. Bank danLembaga Keuangan Syariah Deskripsi dan Ilustrasi. Edisi 3, Cetakan 2. Yogyakarta: Ekonisia.

Ismail Solihin. 2012. Manajemen Strategik. Jakarta: Erlangga.

Johannes Ibrahim. 2004. Kartu Kredit Dilematis antara Kontrak dan Kejahatan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Juli Irmayanto,M.M., Dkk. 1998. Bank & Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi 2, Cetakan 2. Jakarta: Media Ekonomi Publishing Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti.

Kaplan, Robert S, dan David P Norton. 1996. The Balance Scorecard: Translating Strategy into Action. Boston, Massachussets: Harvard Business School Press.

Pearce II,J.A., dan Robinson Jr., R.B. 2003. Strategic Management: Formulation, Implementation and Control. Ed. 9. NewYork: McGraw-Hill.

Porter, M.E. 1998. Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance. The Free Press.

Porter, M.E. 2007. Strategi Bersaing. Tangerang: Kharisma Publishing Group.

Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Veithzal Rivai. 2007. Bank and Financial Institution Management. Cetakan 1. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Vincent Gaspersz. 2012. All In One Strategic Management 20 Concepts, Models and Key Analyses in strategic Management. Cetakan 1. Bogor: Vinchristo Publication.

Wheelen, T.L., dan J.D., Hunger. 1998. Strategic Management and Business Policy Toward Global Sustainability. New Jersey: Prentice Hall.

Wheelen, T.L., dan J.D., Hunger. 2003. Manajemen Strategis. Edisi 2, Alih Bahasa: Julianto Agung. Yogyakarta: Andi.

Wheelen, T.L., dan J.D., Hunger. 2012. Strategic Management and Business Policy Toward Global Sustainability. Ed. 13. New Jersey: Prentice Hall.

 

Sumber Lain:

Andi Wijaya. 2010. Strategi Bisnis BNI Card Center Untuk Mencapai 1,9 Juta Kartu Kredit. Tesis Program Studi Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Annual Report PT. Bank BNI Syariah Tahun 2011.

Feryansah Risnadi. 2012. Analisis Strategi Bersaing Kartu Kredit PT. Bank Mega, TBK. Thesis Program Studi Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Fransiska Siswantari. 2003. Alternatif Strategi Bisnis Merchandising Bank A Card Center (Studi Kasus pada Bank A Card Center). Tesis Magister Manajemen Agribisnis Institut Pertanian Bogor.

Ganis Abdul Hafizh. 2012. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Prilaku Nasabah Dalam Menggunakan Hasanah Card Pada Bank BNI Syariah Cabang Bekasi. Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Universitas  Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

Mars Research Specialist.2012. Studi Pasar Kartu Kredit Di Indonesia 2012. Jakarta: PT. MARS Indonesia.

R. Dhomo Budhi Satrio. 2012. Usulan Strategi Fungsional Pada Divisi Kartu Pembiayaan PT. Bank BNI Syariah.Tesis Magister Administrasi Bisnis Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung.

 

URL :

 

Document

 
back