Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Didit Ardianto, Bibin Rubini

Judul : LITERASI SAINS DAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE SHARED
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan capaian literasi sains siswa baik aspek konten, proses dan sikap sains siswa setelah mendapatkan pembelajaran IPA terpadu dengan tipe shared.  Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan gambaran aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran IPA terpadu dengan tipe shared. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain one group pretest-postest design. Instrumen yang digunakan dalam penelitain ini terdiri dari tes pilihan ganda untuk menjaring capaian konten dan proses sains siswa, skala sikap untuk menjaring sikap sains siswa serta lembar observasi aktivitas siswa yang digunakan untuk menjaring aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA terpadu dengan tipe shared dapat meningkatkan kemampuan literasi sains baik aspek konten, proses dan sikap sains. Capaian konten, proses dan sikap sains siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan dalam kategori sedang. Karakteristik pembelajaran IPA terpadu dengan tipe shared yang diimplementasikan yaitu; dapat mengembangkan kemampuan literasi sains siswa, bersifat student centered, berbasis pada pendekatan proses, aktivitas yang dominan selama proses pembelajaran aktivitas eksperimen dan diskusi.

Tahun : 2016 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 5 / 2016
ISSN/ISBN : 2252-6617
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
Bibliography :

Arends, R.I. 2012. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill.

Balim, A.G. (2009). The Effect Of Discovery Learning On Student’s Success And Inquiry Learning Skills. Eurasian Journal Of Educational Research. 3: 1-20.

Brickman, P., Gormally, C., Armstrong, N & Hallar, B. 2009. Effects of Inquiry-Based Learning on Students’science Literacy Skills dnd Confidence. Amerika Serikat: International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning. 3(2): 1-22

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. Diunduh di http:// www.puskur.net/inc/mdl/ 050_ Model_IPA_ Trpd.pdf tanggal 21 Juni 2007

Firman, H. 2007. Laporan Analisis Literasi Sains Berdasarkan Hasil PISA Nasional Tahun 2006. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Depdiknas.

Fogarty, R. 1991. How to Integrate the Curricula. Palatine: IRI/Skylight Publishing, Inc.

Fraenkel, J.R., Wallen, N.E. & Hyun, H.H. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.

Hayat, B & Yusuf, S. 2006. Benchmark Internasional Mutu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Holbrook, J. 1998. A Resource Book for Teachers of Science Subjects. UNESCO.

Holbrook, J., Laius, A., dan Rannikmäe, M. 2003. The Influence of Social Issue-Based Science Teaching Materials On Students’ Creativity. University of Tartu, Estonian Ministery of Education.

Selcuk, G.S. 2010. The Effect of Problem Based Learning on Pre-Service Teachers’ Achievement, Approaches and Attitudes Toward Learning Physics. International Journal of the Physical Sciences. 5(6): 711-723

Solehudin, M. 2010. Kegiatan Laboratorium Pemecahan Masalah Pada Topik Alat Indra Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif, Sikap Ilmiah dan Penguasaan Konsep Siswa SMA. Tesis. Bandung: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia

Tapilouw, F.S., Wulan, A.R., & Tresnawati, C. 2009. Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri pada Konsep Sistem Pernafasan Untuk Meningkatkan Kemampuan Konseptual, Prosedural, dan Sikap Ilmiah Siswa SMA. Jurnal penelitian Pendidikan IPA. 3(2): 121-134.

Windyariani, S. 2011. Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Pada Tema Perubahan Iklim Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP. Tesis. Bandung: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia

URL : https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/9650

 

Document

 
back