Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Indarti Komala Dewi, Elly Sukmanasa, Griet Helena Laihad

Judul : Pembelajaran Pengurangan Risiko Bencana Pada Kurikulum 2013 Untuk Jenjang Pendidikan Dasar
Abstrak :

Indonesia adalah daerah rawan bencana alam, oleh karena itu masyarakat harus disiapkan untuk mengurangi risiko bencana tersebut. Pengurangan risiko bencana (PRB) dapat dilakukan dengan cara meningkatkan pemahaman, mengubah perilaku dan meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menghadapi  bencana,  melalui  pembelajaran  PBR.  Anak  adalah  harapan  masa  depan,  pada  saat kejadian bencana anak-anak merupakan salah satu kelompok masyarakat yang paling rentan, terutama ketika mereka berada di sekolah. Oleh karena itu kemampuan untuk mengurangi risiko bencana sudah seyogyanya dipelajari pada jenjang pendidikan dasar.  Permasalahannya sejauh mana kurikulum 2013 untuk jenjang pendidikan dasar sudah mengakomodasi PRB dalam tema dan silabusnya.  Berdasarkan hal itu, maka tujuan penulisan makalah adalah mengekplorasi keberadaan pembelajaran PRB dan kondisinya dalam tema dan silabus pada kurikulum 2013 untuk SD kelas 5. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif menggunakan teknik content analysis terhadap silabus dan tema/sub tema.  Hasil analisis menunjukkan bahwa baik dalam tema/sub tema maupun silabus, kemunculan PBR masih kurang. Kesimpulannya adalah kurikulum 2013 untuk jenjang pendidikan dasar khususnya kls 5 SD perlu mengoptimalkan pembelajaran PRB.

.

Kata Kunci: Bencana, Pendidikan dasar, kurikulum 2013

Tahun : 2015 Media Publikasi : seminar nasional
Kategori : Prosiding No/Vol/Tahun : - / - / 2015
ISSN/ISBN : ISBN: 978-602-73132-3-1
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN KEPENDUDUKAN DAN LINGKUNGAN HIDUP
Bibliography :

[1] Triutomo, S. Widjaja, B.W.   Amri, M.R (eds) (2007) Pengenalan Karakteristik Bencana Dan Upaya Mitigasinya Di Indonesia. Jakarta: Direktorat Mitigasi Pelaksana Harian Badan Koordinasi Nasional Penanganan Bencana.

[2] Campbell, J. dan Roger, Y. 2006  . Lessons For Life,  Building A Culture Of Safety And Resilience To Disasters Through Schools. A briefing paper. Bangalore India : Book for Change.

[3] Anonimus. 2007. Disaster Risk Reduction Begin at School. 2006-2007 World Disaster Reduction Campaign. UN-ISDR

[4] Wisner, Ben, 2006. Let Our Children Teach Us! A Review of the Role of Education and Knowledge in Disaster Risk Reduction. Bangalore India : Book for change.

[5] Nirmalawati. 2011. Pembentukan Konsep Diri Pada Siswa Pendidikan Dasar Dalam Memahami Mitigasi Bencana. Jurnal SMARTek, Vol. 9 No. 1. Pebruari  2011: 61– 69

[6] Elo, S dan Kyngas, H. 2008. The Qualitative Content Analysis Process. Journal of Advanced Nursing 62(1), 107–115

URL :

 

Document

 
back