Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Mahrun, Anna Permanasari, Leny Heliawati

Judul : Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Pratikum Pada Topik Pengukuran Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP
Abstrak :

Penelitian kuasi eksperimen ini bertujuan untuk mengimplementasikan
pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis pratikum untuk meningkatkan
penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa pada topik pengukuran.
Sebanyak 83 siswa SMP Kelas I terlibat dalam penelitian ini. Subjek penelitian
dikelompokkan dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok
eksperimen mendapat perlakuan pembelajaran inkuiri berbasis peratikum
sedangkan kelompok kontrol mendapat perlakuan pembelajaran berbasis
pratikum. Penelitian ini menggunakan instrumen pilihan ganda untuk menjaring
penguasan konsep siswa, sedangkan keterampilan proses sains dijaring dengan
menggunakan tes esay. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri
terbimbing berbasis praktikum pada topik penguran dapat meningkatkan
penguasaan konsep dan Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa. Peningkatan
penguasaan konsep untuk kelas eksperimen adalah 54.58% sedangkan kelas
kontrol adalah 26.60%. Peningkatan Keterampilan Proses Sains (KPS) pada kelas
eksperimen sebesar 67.80% dengan kategori tinggi, sedangkan Keterampilan
Proses Sains (KPS) kelas kontrol adalah 27.25% dengan katerogi sedang. Hasil
analisis juga menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara penguasaan
konsep dan Keterampilan Proses Sains (KPS). Siswa juga memberikan tanggapan
positif terhadap impelementasi pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis
praktikum.

Tahun : 2017 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 1 / 2017
ISSN/ISBN : 2548-950X
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : KIMIA
Bibliography :

  1. Abungu. H, E., Okere & Wachanga, S. 2014. The Effect of Science Process Skills Teaching Approach on Secondary School Students’ Achievement in Chemistry in Nyando District, Kenya. Journal of Educational and Social Research, 4(6)
  2. Arikunto. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Bloom, B.S. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching and Assesing. New York: Longman.
  4. Chebii R., Wachanga, S & Kiboss J. 2012. Effects of Science Process Skills Mastery Learning Approach on Students’ Acquisition of Selected Chemistry Practical Skills in School. Scientific Research, 3(8), 1291-1296.
  5. Erniwati S. 2014. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa pada materi Sistem Respirasi Di Kelas VIII SMPN 1 Paling Tengah. Jurnal Ilmiah Derap Pendidikan, 8, 104
  6. Espinosa, A.C., Monterola, S.L & Punzalan. A. 2013. Career-Oriented Performance Tasks in Chemistry: Effects on Students’ Integrated Science Process Sk. Cypriot Journal of Educational Sciences, 8(2), 211-226.
  7. Fraenkel, J.R., et.al. 2012. How to Design and Evaluate Receach In Education, 8th Edition. New York: Mc. Graw-Hill
  8. Hamalik, O. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  9. Hamalik, O. 2010. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan pendekatan sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara
  10. Kadir. 2015. Statistika terapan Konsep, Contoh dan Analisa Data denganProgram SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers
  11. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.
  12. Matthew, M.B & Kenneth, I. 2013. A Study on The Effects Of Guided Inquiry Teaching Method On Students Achievement In Logic. International Researchers, 2(1)
  13. Ongowo, R.O. & Indoshi, F.C. 2013. Science Process Skills in the Kenya Certificate of Secondary Education Biology Practical Examinations. Scientific Research, 4(11), 713-717
  14. Safriani S. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman Dengan Pendekatan Inkuiri Pada Materi Cahaya Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Tesis. SPS UPI: tidak diterbitkan
  15. Sanjaya, W. 2006. Starategi Pembelajaran Berorientasi Standa Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana 20
  16. Sayekti, I.C., Surwanto & Suparmi. 2012. Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Melalui Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Ditinjau Dari Kemampua Analisis Dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Inkuiri, 1,142-153
  17. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitantif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
  18. Sukarno., Anna, P & Ida, H. 2013. Science Teacher Understanding to Science Process Skills and Implications for Science Learning at Junior High School (Case Study in Jambi). International Journal of Science and Research
  19. Ulpiyana A. 2014. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Pengguasaan Konsep Dan Kemampuan Berinkuiri siswa Pada Topik Sifat Larutan Penyangga. Riset Dan Praktik Pendidikan Kimia, 1, 101.

URL : https://journal.unpak.ac.id/index.php/jsep/article/view/377/300

 

Document

 
back