Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Santa

Judul : HUBUNGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN PKn SD DENGAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR DI SD
Abstrak :

Hubungan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran PKn SD dengan Keterampilan Dasar Mengajar di SD. Bertujuan untuk mengetahui hubungan hasil belajar mahasiswa pada mata kulian pembelajaran PKn SD dengan keterampilan dasar mengajar di SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unpak semester III pada tahun akademik 2016/2017 yang berjumlah 58 orang. Instrumen yang digunakan yaitu non tes berupa lembar observasi keterampilan dasar mengajar di SD. Hasil penelitian menunjukkan adanya bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah pembelajaran PKn SD dengan keterampilan dasar mengajar di SD. Hal ini ditunjukan oleh hasil pengujian hipotesis korelasi dengan taraf nyata  0,05 dan dk = 56, dari daftar tabel distribusi t untuk uji dua pihak adalah t (1 – ½α) = 2,67 atau t (0,995) = 2,67 nilai hitung korelasi variabel hasil belajar dan keterampilan mengajar yaitu 0,337. Sehingga perbedaan nilai t hitung dengan nilai t tabel menunjukkan perbedaan yang cukup besar, Nilai p-value menunjukkan 0,01 yang berarti lebih kecil dari dari tingkat signifikansi α = 0,05 atau (0,01 < 0,05) sehingga H0 ditolak yang berarti hubungan hasil belajar dengan keterampilan mengajar adalah signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah pembelajaran PKn SD berpengaruh positif terhadap ketermpilan dasar mengajar di SD. Mahasiswa semakin banyak dibekali penegetahuan dan pengalaman tentang pembelajaran maka semakin besar untuk memiliki keterampilan dasar mengajar di sekolah. 

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran PKn SD, Keterampilan Dasar Mengajar

Tahun : 2016 Media Publikasi : jurnal nasional blm akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 1 / 2016
ISSN/ISBN : -
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Darmadi, Hamid. 2012. Kemampuan Dasar Mengajar (Landasan dan Konsep Implementasi). Bandung: Alfabeta

Hanafiah, Nanang dan Suhana, Cucu. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama

Kyriacou, Chris. 2011. Effective Teaching Theory and Practice. Terjemahan M. Khozim. Bandung: Nusa Media

Kurniasih, Imas & Sani, Berlin. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Penigkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena

Rahmat, at al. 2009. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan FPIPS UPI

Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Surya, Mohamad. 2014. Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta

Susetyo, Budi. 2010. Statistika untuk Analisis Data Peneiltian. Bandung: PT Refika Aditama

 

Penulis

Santa, Dosen PGSD FKIP Universitas Pakuan, Bogor. Pendidikan S-1 PGSD Universitas Pendidikan Indonesia (UPI); S-2 Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI); Lahir di Lebak, 07 Maret 1984

URL :

 

Document

 
back