Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Paramita Winny Hapsari

Judul : PERILAKU KONSUMSI DAN PRODUKSI KOMUNITAS PENGGEMAR TERHADAP MUSIK VOCALOID DI JEPANG 2008-2012
Abstrak :

Abstrak

Tesis ini membahas mengenai budaya penggemar, yang dilihat dari perilaku konsumsi, pola produksi dan motivasi para penggemar khususnya kepada penggemar musik VOCALOID di Jepang. VOCALOID merupakan sebuah fenomena saat ini di Jepang, yang dimulai sejak merebaknya peranti lunak yang disebut Desktop Music. Para penggemar VOCALOID ini telah membentuk komunitas besar yang bisa disebut sebagai fandom. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa perilaku konsumsi dan pola produksi yang dilakukan oleh komunitas penggemar musik VOCALOID serta motivasi mereka dalam menggemari musik-musik VOCALOID sebagai budaya penggemar. Komunitas penggemar musik VOCALOID ini melakukan proses konsumsi seperti penggemar lainnya, seperti membeli benda-benda kecil kegemaran mereka. Mereka juga melakukan kegiatan produksi yang membuktikan bahwa mereka merupakan penggemar aktif yang mampu menghasilkan nilai ekonomis tersendiri. Motivasi mereka dalam menggemari musik VOCALOID ternyata juga dipengaruhi oleh keadaan sosial masyarakatnya. Motivasi para penggemar inilah yang membuat mereka bersatu.  Sesuai dengan konsep yang diungkapkan oleh Henry Jenkins, bahwa mayoritas dari penggemar tersebut tertarik pada hal-hal kecil dari objek fandom mereka dan menghabiskan sebagian besar waktu dan energi mereka dengan terlibat dalam kegiatan –kegiatan tertentu yang biasa dilakukan oleh fandom. Kegiatan yang dilakukan oleh individu-individu dalam fandom inilah yang bisa dikatakan sebagai budaya penggemar.

 

 

Kata Kunci:

budaya penggemar; Jepang; konsumsi; motivasi; produksi; VOCALOID;

Tahun : 2016 Media Publikasi : jurnal nasional blm akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 12 / 1 / 2016
ISSN/ISBN : 8535876
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : ILMU KOMUNIKASI
Bibliography :

Abe, K. Seken towa nanika? [What is seken?]. Tokyo: Kodansha. 1995

 

Baudrillard, J. Masyarakat Konsumsi. Kreasi Wacana. Yogyakarta. 2004

Chaney, David. Lifestyles. Routledge, United Kingdom, 2003.

Wellman, B. and Gulia, M. Virtual communities as communities: net surfers don’t ride alone. Routledge. London. 1999.

 

Harris, C. Introduction theorizing fandom: fans, subculture and identity. NJ: Hampton Press. Cresskill. 1998

 

Kelly, W. Fanning the Flames: Fans and Consumer Culture in Contemporary Japan. State University of New York Press. New York. 2004

 

Mokleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya. Jakarta. 1988

Neuman, W.L.  Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Hershey, Pennsylvannia, USA: Idea Group Publishing. 2003

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. Consumer Behaviour. Prentice-Hall. New Jersey. 2000

 

Smith, A. C. T., & Stewart, B. (2007). The traveling fan: Understanding the mechanisms of sport fan consumption in a sport tourism setting. Journal of Sport & Tourism, 12(3-4), 155-181.

 

Storey, J. Cultural Studies dan Kajian Budaya Pop: Pengantar Komprehensif Teori dan Metode, Jalasutra. Yogyakarta. 2007

 

Yunus, H.S. Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer. Yogyakarta. : Pustaka Pelajar. 2010.

URL :

 

Document

 
back