Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Muhammad Fathurrahman, Anna Permanasari, Wiwi Siswaningsih

Judul : Pengembangan Tes Keterampilan Problem Solving Siswa SMA pada Pokok Bahasan Stoikiometri Larutan
Abstrak :

Pengembangan  Tes  Keterampilan  Problem  Solving  pada  Pokok  Bahasan 

Stoikiometri  Larutan  telah  dilakukan  untuk  mengukur  keterampilan  problem  solving  siswa 

SMA.  Tes  yang  dikembangkan  ini  disusun  dalam  bentuk  tes  tertulis  tipe  uraian  terbatas 

sebanyak  sepuluh  butir  pokok  uji.  Setiap  butir  pokok  uji  terdiri  dari  satu  soal  utama  dan 

delapan  soal  penuntun  yang  merupakan  langkah-langkah  pemecahan  masalah. 

Pengembangan  tes  ini  meliputi  beberapa  tahap  utama,  yaitu  studi  literatur  (analisis 

dokumen),  pengembangan  tes  I,  uji  coba  I,  pengembangan  tes  II,  serta  uji  coba  II  dan 

wawancara.  Tes  yang  dikembangkan  memenuhi  kriteria  sebagai  alat  ukur  yang baik dilihat 

dari  validitas  teoritis  yang  tinggi  dan  reliabilitas  tes  yang  tinggi  pula.  Sebagian  pokok  uji 

pada  tes  ini  memiliki  validitas  empiris  yang  tinggi  dan  sebagian  besar  pokok  uji  memiliki 

tingkat  kesukaran  yang  sedang,  serta  daya  pembeda  yang  cukup.  Sebagian  responden 

memberikan  respon  yang  positif  terhadap  tes  keterampilan  problem  solving  yang 

dikembangkan,  tetapi  karena  soal-soal  seperti  ini  jarang  diberikan  oleh  guru,  maka  hampir 

semua  responden  lebih  menyukai  bentuk  ulangan yang biasa diberikan dibandingkan dengan 

tes keterampilan problem solving.  

Kata kunci: Pengembangan, Tes, Problem Solving  

Tahun : 2018 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 01 / 01 / 2016
ISSN/ISBN : 2502-4787
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : KIMIA
Bibliography :

Amalia,  F.R.  2010,  Pengembangan  Tes 

Keterampilan  Problem  Solving  Siswa 

SMA  Kelas  XI  pada  Materi  Pokok 

Hidrolisis  Garam,  Skripsi  Tidak 

diterbitkan,  Bandung,  Jurusan 

Pendidikan  Kimia  UPI. 

Arifin,  M.  dkk.  2000,  Strategi  Belajar 

Mengajar  Kimia,  Bandung,  Jurusan 

Pendidikan  Kimia  FPMIPA UPI. 

Arikunto,  S.  2009,  Dasar-Dasar  Evaluasi 

Pendidikan  (Edisi  revisi),  Jakarta, 

Bumi  Aksara. 

Depdiknas.  2006,  Kurikulum  Tingkat 

Satuan  Pendidikan  Mata  Pelajaran 

Kimia SMA, Jakarta, Depdiknas. 

Firman,  H.  2000,  Penilaian  Hasil  Belajar 

dalam  Pengajaran  Kimia,  Bandung, 

Jurusan  Pendidikan  Kimia  FPMIPA 

UPI. 

Mettes,  C.T.C.W.  et.  al.  1980,  Teaching 

and  Learning  Problem  Solving  in 

Science.  Journal  of  Chemical 

Education.  vol.  57,  no.  12,  hh.  882-

885. 

Nitko,  A.  J.  dan  Brookhart,  S.  M.  2007, 

Educational  Assessment  of  Student 

(fifth  ed.),  Columbus,  Pearson  Merril 

Prentice  Hall. 

Pusat  Bahasa  Departemen  Pendidikan 

Nasional.  2008,  Kamus  Besar  Bahasa 

Indonesia, Jakarta, Pusat Bahasa. 

Sukmadinata,  2008,  Metode  Penelitian 

Pendidikan,  Bandung,  PT.  Remaja 

Rosdakarya. 

Surapranata,  S.  (2006).  Analisis, Validitas, 

Reliabilitas  dan  Interpretasi Hasil Tes 

Implementasi  Kurikulum  2004. 

Bandung:  PT. Remaja  Rosdakarya. 

Sya’ban,  I.Y.  (2010).  Pengembangan  Tes 

Keterampilan  Problem  Solving  Siswa 

SMA  Kelas  XI  pada  Materi  Pokok 

Kelarutan  dan  Hasil  Kali  Kelarutan. 

Skripsi  Jurusan  Pendidikan  Kimia 

UPI. Bandung:  Tidak diterbitkan. 

Tanrere,  Munir.  2008.  Environmental 

Problem  Solving  in  Learning 

Chemistry  for  High    School    Students.  

Jurnal    of    Applied    Sciences    in  

Environmental Sanitation, vol. 3, no.1. 

Wulandari,  N.  2010,  Pengembangan  Tes 

Keterampilan  Problem  Solving  Siswa 

SMK  Kelas  X  pada  Materi  Pokok 

Larutan  Penyangga,  Skripsi  Tidak 

diterbitkan,  Bandung,  Jurusan 

Pendidikan  Kimia  UPI. 

URL : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/EduChemia/article/download/440/324

 

Document

 
back