Judul | : | PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL KOLABORATIF EDU WISATA SITU GEDE | |||
Abstrak | : | Kelurahan Situ Gede yang terletak di Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor memilliki potensi wisata yang beragam mencakup wisata alam berupa danau, penangkaran kijang, wisata kuliner khas dodol talas, wisata sejarah dan lainnya. Paket kolaborasi eko-edu wisata Situ Gede masih monoton walau pun telah diintegrasikan dengan permainan-edukasi (tim building) sederhana. Perlu adanya reformasi model paket eko-edu wisata yang lebih interaktif selain melalui tim building, melalui pemanfaatan media digital. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa aplikasi multimeda eko-edu wisata Situ Gede yang digali melalui kompetensi pengetahuan tanaman obat di kawasan wisata serta pengetahuan alam lainnya yang disinergikan dengan kondisi wisata alam Situ Gede. Beragam potensi wisata tersebut dapat dikolaborasikan melalui aplikasi multimedia baik berupa aplikasi berbasis Augmented Reality maupun berupa Game edukasi berbasis Role Playing Game. Konsep wisata ini diharapkan dapat memberikan dukungan dalam penguatan kompetensi pembelajaran tematik terpadu yang diintegrasikan melalui kegiatan wisata, khususnya untuk para wisatawan anak sekolah dasar atau menengah pertama. Di sisi lain melalui media pembelajaran digital ini siswa dapat diberi wawasan tentang kearifan lokal yang perlu dijaga, dikembangkan dan dilestarikan, namun tetap disampaikan secara interaktif dan menyenangkan. Kata kunci : Augmented Reality, Eko-edu-wisata, Game edukasi, Role Playing Game |
|||
Tahun | : | 2017 | Media Publikasi | : | Seminar Nasional |
Kategori | : | Prosiding | No/Vol/Tahun | : | 1 / 2 / 2017 |
ISSN/ISBN | : | - | |||
PTN/S | : | Universitas Telkom | Program Studi | : | ILMU KOMPUTER |
Bibliography | : | UCAPAN TERIMA KASIH
DAFTAR PUSTAKA
Duran, E., D. Z. _eker and M. Shrestha.2012. Web Based Information System For Tourism Resorts; A Case Study For Side/ Manavgat. Demirer.V and Sahin.I (2013).Effect of blended learning environment on transfer of learning: an experimental study. Article first published online: 9 JUL 2013 http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/jcal.12009/full Leow.F.T & Neo.M (2014). Interactive Multimedia Learning: Innovating Classroom Education In a Malaysian University. Turkish Online Journal of Educational Technology.Apr2014, Vol. 13 Issue 2, p99-110. 12p. Neo, T.K., Neo, M., Kwok, W.J., Tan, J.Y., Chen-Haw, L. &Embi, Z.C. (2012). Promoting lifelong learning in a multimedia-based learning environment: A Malaysian experience.Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 21(2), 143-164. Chesapeake, VA: AACE. Poitras E , Lajoie S, & Hong.Y. 2012. The design of technology-rich learning environments as metacognitive tools in history education. Springer Link. Instr Sci (2012) 40:1033–1061. DOI 10.1007/s11251-011-9194-1. Schott C. &K. A. Sutherland. 2009. Engaging Tourism Students Through Multimedia Teaching and Active Learning. Journal of Teaching in Travel &Tourism Volume 8, Issue 4, 2009, pages 351-371.
|
|||
URL | : | http://www.lppm.itb.ac.id/sarasehan-nasional-pengabdian-masyarakat-sarnas-abdimas-2017/ |