Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Elly Sukmanasa

Judul : Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Penggunaan Media Liquid Crystal Display dan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Game Tournament
Abstrak :

ABSTRAK

Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mana peneliti bertindak sebagai pengajar langsung dan kolaborator sebagai pengamat. Prosedur kerja dilaksanakan bersiklus yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus tiga kali pertemuan. Setelah menggunakan media Liquid Crystal Display dan penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Game Tournament ternyata hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V Sekolah Dasar di Bogor  meningkat dari siklus pertama ke siklus kedua. Hal ini ditunjukkan pada siklus pertama dengan nilai rata-rata siswa sebesar 72 dan pada siklus kedua dengan nilai rata-rata 83. Serta ketuntasan secara klasikal pada siklus pertama sebesar 67% (14 siswa) dan pada siklus kedua sebesar 90,5% (19 siswa). Selain itu terlihat pada aktivitas belajar siswa yang meningkat, hal ini ditunjukkan pada siklus pertama memperoleh nilai 74 dan pada siklus kedua dengan nilai 84. Begitu pula pada pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, pada siklus pertama memperoleh nilai 76 dan pada siklus kedua memperoleh nilai 84. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Liquid Crystal Display dan penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Game Tournament dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar.

Kata Kunci: hasil belajar, IPS, Media LCD, Team Game Tournamen

Tahun : 2016 Media Publikasi : prosiding
Kategori : Prosiding No/Vol/Tahun : Volume 1, Tahun 2016 / 1 / 2016
ISSN/ISBN : 978-602-98647-5-5
PTN/S : Universitas Pendidikan Indonesia Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, I.K., & Amri, S. (2011). Mengembangkan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta: PT. Presiasi Pustakaraya.           

Anitah, S. (2008). Materi Pokok Strategi Pembelajaran SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: CV Yrama Widya.

Hernawan, A.H., dkk. (2011). Materi Pokok Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Islamuddin, Haryu. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rayandra. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Sudjana, N. (2011). Penilaian hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Supriatna, N. (2007) Pembelajaran IPS SD: Bahan Belajar Mandiri. Bandung: UPI Press.

Syah, M. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tampubolon, S. (2012). Bimbingan Penulisan Karya Ilmiah. Bogor: FKIP Universitas Pakuan.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

URL :

 

Document

 
back