Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Indarini Dwi Pursitasari, Siti Nuryanti, Amran Rede

Judul : DEVELOPMENT OF THE INTEGRATED SCIENCE LEARNING BASED ON THEMATIC INNOVATIVE TO CREATE THE CRITICAL THINKING SKILLS AND CHARACTER OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN PALU
Abstrak :

Abstrak. Pemanfaatan sumber daya alam memerlukan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan berpikir kritis dan berkarakter. Kemampuan berpikir kritis dan karakter perlu dibangun pada siswa SMP. Tujuan dari penelitian ini adalah memvalidasi rancangan program pembelajaran IPA terpadu berbasis tematik inovatif. Validasi dilakukan oleh dosen dan guru. Penentuan validitas rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dilakukan dengan mengkonversi rata-rata skor total menjadi nilai kuantitas (kisaran

1-4), sedangkan penilaian buku ajar dan instrumen penelitian menggunakan skala 1 -5. Hasil penelitian menunjukkan  rerata skor penilaian RPP adalah 3,4; tes kemampuan berpikir kritis sebesar 4,2; angket karakter sebesar 4,6; dan buku ajar sebesar 4,4. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, maka RPP, tes kemampuan berpikir kritis, angket karakter, dan buku ajar adalah valid dan bersifat praktis.

 

Kata kunci: tematik, inovatif, berpikir kritis, karakter

 

Abstract. The utilization of natural resources requires human resources that have critical thinking skills and character. The critical thinking skills and character needs to be developed  for junior high school students. Therefore, the aim of this study was to validate the design of the integrated science learning program based on thematic innovative. The validation was accomplished by lecturers and teachers. The determination of the validity of lesson plans was performed by conversion the average of total score into a quantity of value (range 1 to 4), whereas the assessment of textbook and research instrument used a range scale of 1 to 5. The results of this work showed that the mean score of lesson plan was 3.4; the test of the critical thinking skills was 4.2; the character questionnaire was 4.6; and the textbook’s score was

4.4. Thus, based on the criteria used in this study, the lesson plans, the test of ability critical thinking skills, the character questionnaire, and the textbook are valid and practical.

 

Keywoords : thematic, innovative, critical thinking, character

Tahun : 2014 Media Publikasi : prosiding
Kategori : Prosiding No/Vol/Tahun : - / - / -
ISSN/ISBN : 978-602-0951-00-3
PTN/S : Universitas Tadulako Program Studi : PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
Bibliography :

DAFTAR PUSTAKA

 

1.  Dewi,  K., Sadia,  I.W., dan  Ristiati,    N. P.

2013.           Pengembangan            Perangkat Pembelajaran  IPA  Terpadu  dengan  Setting Inkuiri   Terbimbing   Untuk   Meningkatkan Pemahaman   Konsep   dan   Kinerja   Ilmiah Siswa.   e-Journal   Program   Pascasarjana Universitas  Pendidikan  Ganesha.  Program Studi   Pendidikan   IPA.   3.   Tersedia    di: http://pasca.undiksha.ac.id/e- journal/index.php/jurnal_ipa/article/viewFile

/548/340. Diakses tanggal 20 Juli 2014

 

Berdasarkan Perkembangan Kognitif Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1.(1):

35-46.

5.  Pursitasari,  I.  D.  2013.  Profil  Siswa  SMP Negeri  di  Kota  Palu  dalam  Pembelajaran Ilmu Pengetahuan  Alam. Prosiding  Seminar Nasional Kimia Tanggal 16 November 2013. Universitas Negeri Yogyakarta: 5-9

6.  Pursitasari, I. D., Nuryanti, S. dan Rede, A.

2013. Pengembangan Program Pembelajaran IPA  Terpadu  untuk  Membangun Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Siswa  SMP  di  Kota  Palu.  Laporan Penelitian Tahun Pertama. Palu: Universitas Tadulako

7.  Pursitasari, I. D., Nuryanti, S, dan Rede, A.

2014.  Perancangan  Program  Pembelajaran IPA  Berbasis  Tematik  Inovatif  Kelas  VII SMP. Kreatif. 17(1): 23-29

8.  Puskur,       2009.       Pengembangan       dan

Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Pusat Kurikulum

URL :

 

Document

 
back