Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Indarini Dwi Pursitasari

Judul : IDENTIFIKASI PENGALAMAN GURU ILMU PENGETAHUAN ALAM DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS DAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH
Abstrak :

Abstrak

 

Kewajiban seorang guru tidak hanya mengajar, namun juga membuat karya ilmiah. Bentuk karya ilmiah yang dapat dilakukan guru adalah penelitian tindakan kelas dan penulisan artikel ilmiah. Kewajiban tersebut sebagai salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan profesionalisme guru. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi pengalaman guru-guru yang mengajar Ilmu Pengetahuan Alam dalam melakukan penelitian tindakan kelas dan penulisan artikel ilmiah. Penelitian dilakukan di kota Palu dengan metode survei. Guru yang terlibat berjumlah 35 orang terdiri dari 30 orang perempuan dan 5 orang laki-laki. Data dikumpulkan dengan memberikan angket semi terbuka. Hasil angket kemudian ditabulasikan dan diolah secara deskriptif kualitatif. Data disajikan dalam bentuk persentase dan narasi. Data angket juga didukung dengan wawancara dengan guru-guru. Hasil survei menunjukkan: 1) guru yang pernah melakukan penelitian tindakan kelas sejumlah 29%, sedangkan yang pernah menulis artikel hanya

11%, 2) guru yang pernah mengikuti pelatihan penelitian tindakan kelas sebanyak 6 orang, sedangkan yang pernah mengikuti pelatihan penulisan artikel hanya 3 orang, dan 3) guru memerlukan pelatihan secara berkelanjutan.   Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan hasil survei adalah guru-guru belum memiliki pengetahuan yang memadai tentang penelitian tindakan kelas dan penulisan artikel ilmiah. Selain itu, banyak guru yang belum berpengalaman dalam melakukan penelitian maupun menulis artikel ilmiah. Oleh karena itu perlu dilakukan pelatihan untuk membekali guru dalam melakukan penelitian dan menulis artikel ilmiah. Pelatihan yang dilakukan sebaiknya lebih banyak memberikan  contoh-contoh nyata dan memberi kesempatan kepada guru untuk mencoba meneliti dan menulis dengan disertai pendampingan.

Kata kunci: profesionalisme, pelatihan, penelitian tindakan kelas, artikel ilmiah

Tahun : 2014 Media Publikasi : prosiding
Kategori : Prosiding No/Vol/Tahun : 1 / 5 / 2014
ISSN/ISBN : 978-602-70197-0-6
PTN/S : Universitas Tadulako Program Studi : PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
Bibliography :

Creswell, J. W. (2008). Educational Research (Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Design). New Jersey: Pearson Education. Inc.

 

Elliott, J. (1991). Action Research for Educational Change. Milton Keynes:   Open University Press

Evetts, J. 2009. The Management of Professionalism: a Contemporary Paradox. In: Gewirtz, S., Manony, P., Hextall, I., and Cribb, A. ed. Changing Teacher Professionalism. International Trends, Challenges and The Way Forward. Oxon: Routledge

Hargreaves,  A.  2000.  Four  Ages  of Professionalism and Professional Learning. Teachers  and  Teaching.  History  and Practice. 6 (2): 151-182.

National  Science  Teachers  Association  (NSTA).

2006.  NSTA  Position  Statement: Professional Development in Science Education. Tersedia di http://www.nsta.org/about/positions/prof essionalism.aspx. Diakses tanggal 29 Maret

2014

Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor:   03/V/PB/2010   dan   Nomor:   14

Tahun 2010. (2010). Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Tersedia di http://www.kerincikab.go.id/. Diakses tanggal 6 April 2013

Perrett, G. (2003). Teacher Development Through Action Research : a Case Study in Focused Action Research. Australian Journal of Teacher Education. 27(2): 1-10

URL :

 

Document

 
back