Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Indarini Dwi Pursitasari

Judul : PROFIL SISWA SMP NEGERI DI KOTA PALU DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
Abstrak :

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi profil siswa seperti pengetahuan awal, gaya belajar siswa, materi IPA yang sulit bagi siswa, dan tanggapan siswa terhadap pola pembelajaran IPA. Subyek penelitian adalah siswa SMP kelas VII, kelas VIII dan guru  IPA  SMP  di  kota  Palu.  Data  dikumpulkan   dengan  menggunakan  tes pengetahuan  awal,  tes  gaya  belajar  dan  angket  tentang  materi  IPA  yang  sulit menurut   siswa.   Data   yang   diperoleh   kemudian   dianalisis   secara   deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan awal siswa tergolong cukup, gaya  belajar  siswa  yang  terbanyak  adalah gabungan  dari visual,  auditorial,  dan kinestetik, serta siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari konsep-konsep yang berkaitan dengan ilmu kimia.

 

Kata Kunci :   pengetahuan awal, gaya belajar, ilmu pengetahuan alam

Tahun : 2013 Media Publikasi : prosiding
Kategori : Prosiding No/Vol/Tahun : - / - / 2013
ISSN/ISBN :
PTN/S : Universitas Tadulako Program Studi : PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
Bibliography :

Aminah,  S.  2007.  Peningkatan  Kualitas  Pembelajaran  Kimia  MAN  Model  Palu  melalui

Pendekatan  Kontekstual dengan Mengoptimalkan Pembelajaran di Laboratorium. Jurnal Eksakta. 1(2): 73-79 

Anam, K. 2003. (Penerjemah). Pola-pola belajar. Jakarta; Inisiasi Press.

 

Anderson, L.W. dkk. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. A Revision of  Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman

Arends, R.I. 1997.  Classroom Instruction and Management. USA: Mc Graw-Hill Companies. Beskeni,  R.  D.,  Yusuf,  M.  I,  Awang,  M.  D.,  &  Ranjha,  A.  N.  (2011).  The  Effect  of  Prior

Knowledge in Unduherstanding Chemistry Concepts by Senior Secondary School Students.

International Joornal of Academic Research.  3. (2): 607-611

Brown,  D.S.  2003.  “High  School  Biology:  A  Group  Approach  to  Concept  Mapping”.    The American Biology Teacher. 65 (3): 192-197.

Pursitasari, I. D. 2009. Peningkatan Aktivitas dan Pemahaman  Siswa dalam Pembelajaran Kimia.

Pendekatan Kontekstual. Jurnal Ilmu Pendidikan. 16. (3): 172-177.

Slavin, R. E. 2000. Educational psychology: Theory and practice. Sixt Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Tsai C-C. & Huang, C. M. 2003. Exploring Students’ Cognitive Structure in Learning Sciences: A

Review of Relevant Methods. Journal of Biological Education. 36 (4): 163-169

Yilmaz-Soylu,  M.  &  Akkoyunlu,  B.  2002.  The  Effect  of  Learning  Styles  on  Achievment  in

Different Learning Environments. The Turkish Online Journal of Educational Technology. 43-50

URL :

 

Document

 
back