Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Indarti Komala Dewi

Judul : Mitigasi Bencana Sebagai Bahan Pembelajaran IPA dan IPS Pada Kurikulum 2013 Untuk Jenjang Pendidikan Dasar Kelas 5
Abstrak :

Abstrak

 

Tujuan penelitian ini untuk: a) Menganalisis kompetensi  dasar  IPA dan IPS yang yang sesuai dengan pembelajaran mitigasi bencana ; b)Menganalisis tema yang dapat disisipi  pembelajaran mitigasi bencana melalui mata pelajaran IPA dan IPS. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metoda expert judgment. Analisis kompetensi dasar IPA dan IPS menggunakan kriteria tujuan dan sasaran untuk pembelajaran mitigasi bencana, sedangkan analisis tema menggunakan teknik Multi Criteria Analysis (MCA). Analisis dilakukan pada buku Guru Tema 1 sampai 9.  Hasil penelitian menunjukkan untuk K3 dan K4 mata pelajaran IPA terdapat 3 kompetensi dasar yaitu 3.4; 3.5 dan 4.7, sedangkan mata pelajaran IPS terdapat 3 kompetensi dasar yaitu 3.3; 4.3; dan 4.5. yang berkesesuaian dengan pembelajaran mitigasi bencana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  tema 9, 2, 1, dan 4 dapat disisipi pembelajaran mitigasi bencana.  Dapat disimpulkan mitigasi bencana sebagai bahan pembelajaran IPA dan IPS dapat disisipkan dalam tema-tema yang telah disebutkan, menggunakan kompetensi dasar yang telah dipilih.

 

Kata kunci : mitigasi bencana; Kurikulum 2013; pendidikan dasar

Tahun : 2016 Media Publikasi : jurnal nasional blm akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 8 / 2016
ISSN/ISBN : ISSN: 1693-5799
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

DAFTAR PUSTAKA

 

Agustiana, I.G.A.T., Wibawa, I M. C.,  Tika, I N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Mitigasi  Bencana Terhadap Pemahaman Dan Ketahanmalangan Siswa, Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 46(2):97-105.

Alhaddad, I. (2012). Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget Pada Konsep Kekekalan Panjang. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Infinity 1(1): 31-44.

[Bappenas]Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.(2014). Buku Pegangan Pembangunan Daerah 2015: Membangun Ketangguhan Bangsa Melalui Upaya Pengurangan Risiko Bencana. Jakarta: Bappenas, 266 hlm.

Desfandi, M. (2014).  Urgensi Kurikulum Pendidikan Kebencanaan. Jurnal Sosio Didaktika  1(2): 191-198.

Dewi, I.K., Sukmanasa, E.  dan Laihad, G.H. (2015). Pembelajaran Pengurangan Risiko Bencana Pada Kurikulum 2013 Untuk Jenjang Pendidikan Dasar, Prosiding  Seminar Nasional IPA-PKLH. Bogor  22 Agustus 2015.Hlm. 184-191.

[GITEWS]German Indonesian Tsunami Early Warning System). (2008). Capacity Building in Local Communities :  Disaster Awareness in Primary School, Modul Tsunami, Working Document No. 21 Tools. Jakarta : GTZ-International Services. 110 hlm.

Nirmalawati. (2011). Pembentukan Konsep Diri Pada Siswa Pendidikan Dasar Dalam Memahami Mitigasi Bencana. Jurnal SMARTek 9(1):  61 – 69

Qodariah, L. dan Armiyati,L. (2013). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Masyarakat  Adat Kampung Naga Sebagai Alternatif Sumber Belajar IPS SMP Di Tasikmalaya. Jurnal Socia 12(1):10-23.

Rusilowati, A.,  Supriyadi, Binadja, A., Mulyani, S.E.S.( 2012). Mitigasi Bencana Alam Berbasis Pembelajaran Bervisi Science Environment Technology And Society. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 8 (2012) : 51-60.

Selby, D. dan Kagawa, F. (2012). Disaster Risk Reduction In School Curricula: Case Studies From Thirty Countries. Spain: United Nations Children Fund (UNICEF), 209 hlm.

Triutomo S. , Widjaja, B. W. , Amri,M. R.(eds).  (2007). Pengenalan Karakteristik Bencana Dan Upaya Mitigasinya Di Indonesia. edisi II.  Jakarta:  Pelaksana Harian Badan Koordinasi Nasional Penanganan Bencana .  98 hlm.

URL :

 

Document

 
back