Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Suci Siti Lathifah, Taufik Rahman, Adi Rahmat

Judul : Pembelajaran Konsep Pengelolaan Lingkungan dengan Pendekatan SETS untuk meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Generik Mahasiswa PGSD
Abstrak :

Abstrak.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menganalisis  peningkatan  kemampuan  kognitif  dan  keterampilan generik mahasiswa PGSD pada konsep pengelolaan dengan pendekatan SETS dan pendekatan konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini   adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian “The Randomized Control Group Pretest-Posttest Design”. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IV  pada program Studi Pendidikan Guru  Sekolah Dasar di  FKIP Universitas Pakuan yang  berjumlah untuk masing-masing  kelas  35 mahasiswa.  Instrumen  yang  digunakan  berupa  tes  untuk  mengukur  kemampuan kognitif dan keterampilan generik mahasiswa, lembar penilaian kinerja mahasiswa, dan lembar angket tanggapan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa terdapat perbedaan kemampuan kognitif dan  keterampilan  generik  yang  signifikan  antara  kelas eksperimen  dan  kelas kontrol.  Hal  ini  ditunjukkan dengan perolehan N-gain kemampuan kognitif pada kelas eksperimen lebih tinggi (0,59) dibandingkan dengan kelas kontrol (0,57). Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menggunakan uji Z, diperoleh nilai Z hitung  adalah

2,00 terletak di luar daerah penerimaan H0 atau H0 ditolak, dan H1 diterima. Begitu pula dengan keterampilan

generik pada kelas eksperimen memiliki nilai N-gain lebih tinggi (0,60) dibandingkan kelas kontrol (0,49) dan

berdasarkan perhitungan uji hipotesis menggunakan uji Z, diperoleh nilai Z hitung  adalah 3,11 terletak di luar daerah penerimaan H0 atau H0 ditolak, dan H1 diterima. Jadi pendekatan SETS lebih baik dalam meningkatkan/melatih kemampuan kognitif dan keterampilan generik daripada pembelajaran konvensional

 

Kata Kunci:    SETS, Kemampuan Kognitif, Keterampilan Generik

Tahun : 2013 Media Publikasi : jurnal nasional blm akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 5 / 2013
ISSN/ISBN : 1693-5790
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Daftar Pustaka

 

Akcay, Hakan and Robert E. Yager. (2010). The Impact of a Science/Technology/Society Teaching Approach on Student Learning in  Five  Domains.  J  Sci  Educ  Technol (2010) 19:602-611).

 

Amirshokoohi, Aidin. (2010). Elementary Pre- service Teachers’ Environmental Literacy and Views Toward Science, Technology, and  Society  (STS)  Issues.  SPRING  2010

VOL. 19, NO. 1

 

Chin, C & Chia L. (2004a). Implementing Project Work in Biology through Problem Based Learning.       Journal       of       Biological Education.          38          (2),          69-75. http://www.lob.org/download/277.pdf (10 Januari 2008)

 

Binadja,  A.  1999.  Hakekat  dan  Tujuan Pendidikan SETS dalam Konteks Kehidupan dan Pendidikan yang Ada. Makalah Semiloka Pendidikan SETS. RECSAM   UNNES.   Semarang   14   –   15

Desember 1999.

 

Brotosiswoyo, B.S. (2000). Halikat Pembelajaran MIPA  (Fisika)  di  Perguruan  TInggi, Jakarta: Proyek Pengembangan Universitas Terbuka Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional

 

Dahar, R, W.  (1996). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga

 

Depdiknas. (2003). Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Biologi. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

 

Djamarah. (2002) Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

 

Down, C. (2000). Key Competitions in Training

Packages,  in  Conference  Proceeedings,

8th   Annual  International  Conference on

Post Compulsory Education of Training, v

2, 132-139. Brisbane: Griffith University

 

Hamalik,  O  (2008).  Proses  Belajar  Mengajar.

Jakarta: Bumi Aksara

 

 

 

Hartono. (2006). Pembelajaran Fisika Modern bagi Mahasiswa Calon Guru. Disertasi Doktor pada SPs UPI: tidak diterbitkan

 

Hills, G. (2004).  In from the Cold-  The  Rise  of

Vocational Education, RSA jurnal 22-25

 

Leea, Mee-Kyeong dan Ibrahim Erdogan. (2007).

The  Effect  of  Science–Technology– Society Teaching on Students’ Attitudes toward Science and Certain Aspects of Creativity. International Journal of Science  Education.  Vol.  29,  No.  11,  3

September 2007, pp. 1315–1327

 

Munandar,  U.C.S.  (1999).  Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

 

Prayitno,  E.   (1989).   Motivasi   dalam  Belajar.

Jakarta. Depdikbud

 

Rustaman, N. Dirjosoemarto, S., Ahmad Y., Yudianto, S.A., Rochintaniawati, D., Nurjhani, M., dan SUbekti, R., (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung. Jurusan Biologi FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

 

Slameto. 2003.   Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya.  Jakarta:  Rineka Cipta

 

Sutarno, N. (2004). Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Pusat Pembelajaran Universitas Terbuka.

 

Sukri. (2000).     Pendekatan Sains Dalam Pembelajaran Biologi.    Tesis    Pasca Sarjana UPI: Tidak Diterbitkan

 

Suyanti, R.D. (2006) Pembekalan Kemampuan Generik Bagi Calon Guru melalui Pembelajaran Kimia Organik Berbasis Multimedia Komputer. Disertasi DOktor pada Pendidikan IPA SPs UPI. Bandung: tidak diterbitkan

 

Winataputra, (1992). Strategi Belajar Mengajar.

Jakarta: UT Jakarta

 

Yörük, Nuray. Ä°nci Morgil, Nilgün Seçken. (2009).

The  effects  of  science,  technology, society  and  environment  (STSE) education on students’ career planning. (Department of Chemistry Education, Hacettepe University, Ankara 06800, Turkey).

URL :

 

Document

 
back