Judul | : | Pembelajaran Konsep Pengelolaan Lingkungan dengan Pendekatan SETS untuk meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Generik Mahasiswa PGSD | |||
Abstrak | : | Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan kognitif dan keterampilan generik mahasiswa PGSD pada konsep pengelolaan dengan pendekatan SETS dan pendekatan konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian “The Randomized Control Group Pretest-Posttest Design”. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IV pada program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di FKIP Universitas Pakuan yang berjumlah untuk masing-masing kelas 35 mahasiswa. Instrumen yang digunakan berupa tes untuk mengukur kemampuan kognitif dan keterampilan generik mahasiswa, lembar penilaian kinerja mahasiswa, dan lembar angket tanggapan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa terdapat perbedaan kemampuan kognitif dan keterampilan generik yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan N-gain kemampuan kognitif pada kelas eksperimen lebih tinggi (0,59) dibandingkan dengan kelas kontrol (0,57). Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menggunakan uji Z, diperoleh nilai Z hitung adalah 2,00 terletak di luar daerah penerimaan H0 atau H0 ditolak, dan H1 diterima. Begitu pula dengan keterampilan generik pada kelas eksperimen memiliki nilai N-gain lebih tinggi (0,60) dibandingkan kelas kontrol (0,49) dan berdasarkan perhitungan uji hipotesis menggunakan uji Z, diperoleh nilai Z hitung adalah 3,11 terletak di luar daerah penerimaan H0 atau H0 ditolak, dan H1 diterima. Jadi pendekatan SETS lebih baik dalam meningkatkan/melatih kemampuan kognitif dan keterampilan generik daripada pembelajaran konvensional
|