Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Yamin

Judul : Penerapan pembelajaran IPA terpadu berbasis proyek pada tema lingkungan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran IPA terpadu berbasis proyek terhadap penguasaan konsep siswa SMP pada tema lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Randomaized Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di salah satu SMP Negeri di kota Bandung, sebanyak dua kelas di pilih secara acak untuk dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran IPA terpadu berbasis proyek (Project Based Learning) sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran IPA terpadu berbasis masalah (Problem Based Learning). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes penguasaan konsep dan rubrik penilaian produk. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa pembelajaran IPA terpadu berbasis proyek pada tema lingkungan dapat meningkatan penguasaan konsep siswa SMP. Hasil rata-rata tes penguasaan konsep kelas eksperimen adalah 80,6% (kategori sangat baik) dengan nilai Gain 60,5 (katagori sedang). Sedangkan rata-rata tes penguasaan konsep kelas kontrol sebesar 74,7% (kategori baik) dengan nilai Gain 46,7 (katagori sedang)

Tahun : 2018 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 1 / 2018
ISSN/ISBN : 2460-2175
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BIOLOGI
Bibliography :

Purwanto N 2002 Psikologi Pendidikan (Bandung: Remaja Rosdakarya)

Slavin R E 2005 Cooperative Learning: Theory, Research and Practice (terjemahan). (Bandung: Nusa Media)

Silberman M 2005 Active Learning (Yogyakarta: Data Media)

Yenice 2011 The Impact of Project- Based Learning Approach in Science Education on Pre-Service Teachers’ Attitudes for Science and Project Journal of Education

Hemisoglu H 2011 The Effect of Project Based Learning Approach in Social Sciences Class on the Student Success and Memorability Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 7(3), 149-160

Baran M and Maskan A 2011 The effect of Project-based Learning on Pre-Service Physics Teachers' Electrostatic Achievements Cypriot Journal of Educational Sciences

Altunyalin S, Turgut U and Buyukkasap E 2011 The Effect of Project Based Learning on Science Undergraduates' Learning of Electricity, Attitude towards Physics and Scientific Process Skills International Online Journal of Educational Science, 1(1), 81-105

Guo and Yang 2012 Project-Based Learning: an Effective Approach to Link Teacher Professional Development and students Learning Journal of Educational Technology Development and Exchange, 5(2), 41-56

Ozer D Z and Ozkan M 2013 The Effect of Project Based Learning Method on Science Process Skills of Prospective Teachers of Science Education in Biology Lessons. International Online Journal of Educational Sciences, 5 (3), 41-645

Kubiatko M and Vaculova I 2011 Project-Based Learning: Characteristic and The Experiences With Application in The Science Subjects Journal Energy Education Science and Technology Part B: Social and Educational Studies. Volume (issue) 3(1): 65-74

Hafizan E, Halim L and Meerah S 2012 Perception, Conceptual Knowledge and Competency Level of Integrated Science Process Skill Towards Planning a Professional Enhancement Programme Sains Malaysiana 41(7) 921-930

Fogarty R 1991 How to Integrate the Curricula (Palatine: IRI Skylight Publishing)

Nurhadi 2003 Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK (Malang: Universitas Negeri Malang)

Sugiyono 2011 Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: Alfabeta)

Rais 2010 Pengembangan Model Project Based Learning: Suatu Upaya Meningkatkan Kecakapan Akademik Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin UNM (Malang: Universitas Negeri Malang)

URL : http://ejournal.unpak.ac.id

 

Document

 
back