Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Suci Siti Lathifah, Atik Setiawan

Judul : ANALISIS KETERAMPILAN GENERIK MAHASISWA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk  mendapatkan gambaran mengenai keterampilan generik mahasiswa melalui metode demontrasi pada mata kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup. Penelitian dilakukan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan sampel sebanyak 80 orang dalam 2 kelas. Keterampilan generik mahasiswa dijaring melalui instrumen berupa lembar observasi dalam kegiatan kelompok dan digunakan pula tes keterampilan generik mahasiswa secara individu melalui soal essai. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan generik mahasiswa adalah “cukup”. Hal tersebut terlihat dari rata-rata keterampilan generik mahasiswa secara kelompok dan individu (73,06 % dan  71,13%). Keterampilan generik dalam pengamatan langsung mahasiswa dalam kegiatan kelompok dan  individu adalah “baik” (78,90% dan 74,20%), keterampilan mahasiswa dalam kerangka logika di kegiatan kelompok dan individu adalah “cukup” (67,23% dan 68,56%), keterampilan mahasiswa dalam mengetahui sebab akibat dari suatu permasalahan yang ada di dalam kegiatan kelompok adalah “cukup” (70,45%) sedangkan secara individu adalah “baik” (77,11%),  keterampilan mahasiswa pemodelan dalam kegiatan kelompok adalah “baik” (75,70%) sedangkan secara individu adalah “cukup” (56,90%),  dan keterampilan inferansi mahasiswa pada kegiatan kelompok dan individu adalah “cukup” (73,06% dan 71,13%). Respons mahasiswa terhadap pembelajaran dengan metode demonstrasi ini adalah positif. Pembelajaran dengan metode demonstrasi bermanfaat bagi mahasiswa karena membantu dalam mempelajari PLH sehingga cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran PLH yang diharapkan dapat lebih bersifat aplikatif.

Kata kunci  : Keterampilan generik, Metode demonstrasi, Pendidikan Lingkungan Hidup

Tahun : 2016 Media Publikasi : jurnal nasional blm akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2 / 8 / 2016
ISSN/ISBN : 2460-2175
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

DAFTAR PUSTAKA

 

Adisendjaja. (2010). ”Bagaimana Mengajarkan Pendidikan Lingkungan Hidup”. [Online]. Tersedia: http://file.upi.edu// [20 Januari 2013]

 

Arikunto, S. (1998). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi.). Jakarta: Bumi Aksara.

Carrick Institute for Learning and Teaching in Higher Education.  (2007). Assessing Generic Skills. Tersedia: http:// www.biaoassess.au.edu. [19 Maret 2012].

Djamarah, Syaiful B. (2002).  Strategi Belajar - Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Gibb, J. (2002). The Collection of research reading on generic skill in VET. Australia: Australian Learning and Teaching Council.

 

Hamalik, Oemar. (1986). Media Pendidikan. Bandung : Alumni

Hartono.(2006). Pembelajaran Fisikan Modern bagi mahasiswa calon Guru. Disertasi Doktor pada sPs UPI : tidak diterbitkan.

 

Hermawan, Asep H. dkk. (2007). Belajar dan Pembelajaran SD. Bandung : Upi Press

Kamsah.(2004). Developping generic skill in classroom environment. Malaysia: University Technology of Malaysia.

 

Munandar, U.C.S. (1999). Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Purwanto, N. (2002). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda

 

Rahman, T. (2008). Pengembangan program pembelajaran praktikum untuk meningkatkan keterampilan generik calon guru biologi.  Disertasi UPI. Tidak diterbitkan.

 

Rustaman, N. Dirjosoemarto, S., Ahmad Y., Yudianto, S.A., Rochintaniawati, D., Nurjhani, M., dan Subekti, R., (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung. Jurusan Biologi FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

 

Sudjana, N. (2009).  Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar.  Bandung: Sinar Baru Algensindo.

 

Tiwari,A.,  et al. (2000).  Enhancing Students’ Critical Thinking through Problem-Based Learning.  [Online]. Tersedia:  http://teaching.polyu.edu.hk//  [19 Januari 2013]

 

Winkel, S. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grafindo

  

URL :

 

Document

 
back