Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Yuyus Rustandi, Sasongko Suharto Putro

Judul : Analisis Pembelajaran Bahasa Sunda Pada Siswa Kelas V SDN Kencana 3 Kota Bogor
Abstrak :

Berkomunikasi untuk level internasional, bahasa yang sering digunakan umumnya adalah bahasa Inggris, untuk komunikasi tingkat nasional adalah bahasa Indonesia, dan untuk komunikasi di tingkat daerah para penyatur umumnya menggunakan bahasa daerah setempat. Bahasa Sunda sama dengan bahasa daerah lainnya, berada pada level ketiga penggunaan bahasa dunia, sehingga banyak siswa yang menganggap mata pelajaran bahasa daerah di Jawa Barat ini kurang menarik untuk dipelajari. Dalam tataran lingkup pendidikan upaya mengubah anggapan tersebut, guru bahasa Sunda hendaknya mampu menyiasati agar siswa dapat menjadi tertarik terhadap bahasa daerah dengan membuat strategi pembelajaran yang memadai.

Menyurutnya antusiasme siswa terhadap mata pelajaran bahasa Sunda diperkirakan karena guru dalam memberikan materi pelajaran cenderung membosankan sehingga menyebabkan ketidaktertarikan siswa untuk belajar bahasa daerah tersebut.

Tahun : 2018 Media Publikasi : Majalah Populer/Koran/internal
Kategori : Buku No/Vol/Tahun : 01 / 64 / 2018
ISSN/ISBN : -
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : BAHASA & SASTRA INDONESIA
Bibliography :

DAFTAR PUSTAKA

 

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan        

              Praktek (Edisi Revisi V). Jakarta: Rineka Cipta.

Anitah, Sri. 2014. Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan:

              Universitas Terbuka.

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran.

              Jakarta: ERLANGGA.

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi

              Aksara.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta:

              Multi Pressindo.

Noor, Adi. 2013. Modul Belajar dan Pembelajaran. Palangkaraya:

              Universitas Palangkaraya.

Suparno, Paul. 2004. Riset Tindakan Untuk Pendidik, Jakarta: Gramedia widiasarana Indonesia.

Trianto. 2004. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka.

Tut Sayoga. 2004. Creative Mind Kekuatan Visualisasi, Jakarta: Elek Media Komputindo.

Yus Rusyana. 1984. Bahasa dan sastra dalam gamitan pendidikan, Bandung: Diponegoro.

Yuyus Rustandi. 2013. Bahasa dan Sastra Sunda, Bogor: PUSAT STUDI HUKUM DAN DEMOKRASI.

URL :

 

Document

 
back