Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

MARIANA R.A. SIREGAR

Judul : Analisis Tubuh Perempuan di For Him Magazine
Abstrak :

Tubuh menjadi bagian dari semiotika komoditi kapitalisme yang diperjualbelikan tanda, makna dan hasratnya. Menjadikan perempuan sebagai komoditi media sama saja ’meminggirkan’ perempuan. Adanya peran konstruksi perbedaan gender juga yang sangatlah patrialkat membuat posisi perempuan di dalam majalah pria dewasa dijadikan sebagai objek pemuas tatapan pria. Penelitian menunjukkan bahwa Majalah For Him Magazine edisi Indonesia dalam menampilkan profil selebritas perempuan Indonesia selalu mengaitkan dengan daya pikat tubuh mereka melalui teknik-teknik fotografi dan mode (fashion) pakaian yang digunakan oleh mereka di Rubrik Hot Stuff. Foto-foto di Rubrik Hot Stuff Majalah FHM yang diteliti cenderung menonjolkan bagian tubuh daerah wajah, leher, dada, lengan, lekuk tubuh, bokong, paha, betis dan punggung. Komodifikasi tubuh perempuan di dalam Majalah FHM jelas ada melalui proses signifiakasi penanda dan petanda yang ada kela tubuh perempuan menjadi objek tanda yang terdapat dalam suatu sistem tanda di suatu media, yaitu sistem ekonomi kapitalis

Tahun : 2016 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 10 / 1 / 2015
ISSN/ISBN : 0853-5876
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : ILMU KOMUNIKASI
Bibliography :

Barthes, Roland. 2007. Membedah Mitos-mitos Budaya Massa: Semiotika atau Sosiologi Tanda, Simbol, dan Representasi. Yogyakarta. Jalasutra.

Denzin, Norman & Lincoln, Yvona . 2000. Handbook of Qualitative Research. 2nd Edition Sage Publication. London

______________. 2009. Handbook of Qualitative Research. Sage Publication. London

Eriyanto. 2005. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. .Yogyakarta. LKis

Fiske, John. 2006. Cultural and Communication Studies: Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Yogyakarta. Jalasutra.

Ibrahim, Idi Subandy, (ed).1997. Lifestyle Ecstasy: Kebudayaan Pop dalam Masyarakat Komoditi Indonesia. Yogyakarta. Jalasutra

______________. 2007. Budaya Populer sebagai Komunikasi: Dinamika Popscape dan Mediascape di Indonesia Kontemporer. Yogyakarta. Jalasutra.

Ibrahim, Idi Subandy dan Hanif Suranto, (ed). 1998. Wanita dan Gender: Konstruksi Ideologi Gender dalam Ruang Publik Orde Baru. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Kusumaningrat, Hikmat & Kusumaningrat, Purnama. 2005. Jurnalistik Teori dan Praktik. Rosda, Bandung.

Kasiyan. 2008. Manipulasi dan Dehumanisasi Perempuan dalam Iklan. Yogyakarta. Ombak.

Sudibyo, Agus, 2000. Citra Bung Karno, Analisis Berita Pers Orde Baru. Yogyakarta: Bigraf Publishing.

Prabasmoro, Aquarini. P. 2006. Kajian Budaya Feminis. Tubuh, Sastra, dan Budaya Pop. Yogyakarta & Bandung. Jalasutra.

Piliang, Amir P. 1998. Sebuah Dunia yang Dilipat. Tamasya Melampaui Batas-batas Kebudayaan. Yogyakarta & Bandung. Mizan.

URL :

 

Document

 
back