Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Lufty Hari Susanto, Rita Retnowati, Eka Suhardi

Judul : PENGARUH MODEL SCIENTIFIC LEARNING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH LINGKUNGAN
Abstrak :

Penelitian bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh model pembelajaran scientific learning dan kemandirian belajar terhadap kemampuan memecahkan masalah lingkungan. Studi eksperimen telah dilakukan pada mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. Banyaknya sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 responden. 30 untuk kelompok mahasiswa yang menggunakan model Project Based Learning (PJBL) dan  30 untuk kelompok mahasiswa yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL).Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi positif antar faktor model pembelajaran scientific learning serta faktor kemandirian belajar terhadap kemampuan memecahkan masalah pencemaran lingkungan.

 

Kata Kunci : Scientific Learning, Kemandirian Belajar, Kemampuan Memecahkan Masalah Lingkungan

Tahun : 2016 Media Publikasi : jurnal nasional blm akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 8 / 8 / 2016
ISSN/ISBN : 16935799
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Beringer, Jason, “Application of Problem Based Learning through Research Investigation”, Journal of Geography in Higher Education, Vol. 31, No. 3,2007

Blumenfeld et al., 1991 dalam Kristin Cook, “A Suggested Project-Based Evolution Unit for High School: Teaching Content Through Application”, THE AMERICAN BIOLOGY TEACHER, Vol. 71,No. 2, 2009

Chine, Christhine dan Li Gek Chia, Problem-Based Learning: Using Ill-Structured Problems in Biology Project Work, Wiley InterScience (www.interscience.wiley.com)

Corno  L. & Randi, J. (1999). Self-Regulated Learning. http//www.personal.psu.edu/users/h/x/hxk223/self.htm

Hargis, J. (http:/www.jhargis.co/). The Self-Regulated Learner Advantage: Learning Science on the Internet.

Papanikolaou, Kyparisia dan Maria Boubouka, “Promoting Collaboration in a Project-Based E-Learning Context”, Journal of Research on Technology in Education, Volume 43,  Number 2, 2010

Schunk, D.H. Helping Children Work Smarter for School Success. Department of Educational Studies, Purdue University Parent page was developed by Cornel Cooperative-Extention of Suffolk County, 1994.

Skeel, J. Dorothy. Elementery Social Studies-Challenges for Tomorrow’s World. Harcourt Brace College Publishers, 1995.

Sumastri. Pencemaran Lingkungan. Departemen Pendidikan Nasional, Bandung, 2007

Surjawanta, Agus, “Mengkondisikan Pembelajaran Ipa Dengan Pendekatan Saintifik”, Jurnal Nuansa Kependidikan Vol 16 Nomor.1, Nopember 2012.

Taufiq, M. Amir. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 2009.

URL :

 

Document

 
back