Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Muhammad Taufik Awaludin

Judul : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BEBAS DAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH LINGKUNGAN
Abstrak :

Pendidikan tinggi memiliki kontribusi terhadap peningkatan pemahaman dan perubahan perilaku yang lebih bertanggung jawab di kalangan mahasiswa terhadap lingkungan hidup. Diperlukan suatu strategi dan pendekatan yang dituangkan ke dalam model pembelajaran yang dirasa efektif dalam rangka memecahkan masalah mahasiswa dalam kepekaannya terhadap lingkungan. Model inkuiri bebas dan peta konsep berupaya menanamkan dasar-dasar berpikir ilmiah pada diri mahasiswadan memudahkan mahasiswa untuk mengembangkan pola pikir kritis, kreatif dan inovatif sehingga dapat memunculkan berbagai gagasan yang mengarah pada upaya pemecahan masalah lingkungan. Penelitian ini merupakan ClassroomAction Research yang bertujuan untuk menemukan cara belajar yang lebih kreatif dan inovatif, meningkatkan motivasi belajar, mencari pemecahan masalah lingkungan dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Pakuan tahun ajar 2013-2014 dengan melibatkan mahasiswa dari semester III kelas A. Penelitian terdiri dari dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 2 tindakan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan antusiasme pada siklus I sebesar 73 % menjadi 84% pada siklus II. Pemahaman pencemaran lingkungan pada siklus I dengan nilai rata-rata 69,11 dan prosentase ketuntasan 66,67% bertambah pada siklus II dengan nilai rata-rata 76,56 dan prosentase ketuntasan 83,33%. Kemampuan memecahkan masalah lingkungan pada siklus I dengan nilai rata-rata 69,74 dan prosentase ketuntasan 63,33% bertambah pada siklus II dengan nilai rata-rata 77,69 dan prosentase ketuntasan 86,67%.

 

Kata kunci : Penelitian tindakan kelas, inkuiri bebas, peta konsep

Tahun : 2016 Media Publikasi : jurnal nasional blm akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 8 / 8 / 2016
ISSN/ISBN : 16935799
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Abin, Syamsudin Makmun. Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung : Rosda Karya, 2004.

Arifin, Asep. Pembelajaran Kontekstual. Bandung : Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan, 2004.

Dahar, Ratna Wilis. Teori-teori Belajar. Jakarta : Erlangga, 1996.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2010.

Hamzah, B. Uno. Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif). Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2007.

Jalaludin, Rahmat. Psikologi Komunikasi. Bandung : Rosda Karya, 2007.

Lasmadi, Arbono. Pemecahan Masalah Secara Analitis dan Kreatif. Jakarta, 2005.

Mulyanto. Ilmu Lingkungan. Yogyakarta : Graha Ilmu, 2007.

Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2007.

Nasution. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara, 1982.

Ngalim. Pemecahan Masalah Secara Analitis dan Kreatif. Jakarta, 2005.

Pranata, Budiman. Problem Solving. 2007. (http://www.studygs.net/indon/problem2.htm)

Rochyadi, Yadi. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2004.

 

Rose, Collin and Nicholl. Cara Belajar Cepat Abad XXI. Bandung : Nuansa, 2002.

Rusman. Model-model Pembelajaran. Depok : Raja Grafindo Persada, 2012.

Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : CV Alfabeta, 2006.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan).Jakarta : Prenada Media Group, 2006.

Sastrawijaya, Tresna. Pencemaran Lingkungan. Jakarta : Rineka Cipta, 2009.

Setiabudi, Guntur. Contextual teching and Learning. Bogor : Makalah Inhouse Training, 2004.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2003.

Sriyono. Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. PT. Jakarta : Rineka Cipta, 1992.

Sumardi. Beberapa Kebijakan dan Upaya dalam Melestarikan Lingkungan Hidup. Wawasan Tri Dharma No.5.VII, 1994.

Tirtarahardja. Umar. dan Sulo. La. S. L. Pengantar Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2005.

Trianto. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta : Prestasi Pustaka, 2009.

Wardana, Wisnu Arya. Dampak Pencemaran Lingkungan. Yogyakarta : ANDI, 2004.

URL :

 

Document

 
back