Abstrak |
: |
Saat ini e-Learning telah menjadi suatu kebutuhan bagi sivitas akademika, mengingat dosen, mahasiswa maupun institusi pendidikan lainnya telah memiliki sarana dan prasarana yang cukup untuk mengimplementasikan TIK dalam proses pembelajaran. Perubahan paradigma strategi pembelajaran dari teacher-centered ke learner-centered mendorong sivitas akademika untuk menggunakan e-Learning sebagai salah satu metode pembelajarannya. Synchronous learning merupakan interaksi yang berorientasi pada pembelajaran dan difasilitasi dengan intruksi-intruksi secara langsung, real-time dan biasanya terjadwal. Learning Management System (LMS) berbasis Synchronous e-learning dapat berjalan dengan baik jika interaksi dan kolaborasi di antara pihak yang terlibat (yaitu pengajar maupun pembelajar) berjalan secara terkendali dan dinamis.
Kata Kunci : e-Learning, Learning Management System, Sysnchronous e-Learning.
|
Bibliography |
: |
Hartanto, A.A dan Purbo, O.W. 2002. E- Learning berbasis PHP dan MySQL, Penerbit Elex Media Komputindo, Jakarta.
Hyder, Karen. 2007. Synchronous e-Learning. Santa Rosa : The eLearning Guild.
Richardson, John. 2008. Practical System Safety -Virtual (Web) Classroom. Diakses pada 25 Februari 2009 dari http://www.scsiinc.com/ Final%20Version %20PSS%2011%.
Santoso, Harry B. 2008. e-Learning: Belajar Kapan Saja, Dimana Saja, http://gumilarcenter.com/ ict/e- Learning.pdf.
|