Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Irvan  Permana, Rika Purmatasari

Judul : Hubungan Antara Sikap IlmiabDeogan Hasil Belajar Mata Pelajaran lImu Pengetahuan Alam
Abstrak :

Penelitian     tcntang    Hubungan     antara    Sikap    llmiah    dengan    Hasil    Bclajar    Mata    Pelajaran     Ilmu Pengctahuan    Alam  bertujuan    untuk   mengetahui    hubungan    antara   sikap   ilmiah   dengan   hasil  belajar mata  pelajaran   ilmu  pengetahuan    alamo Data  penelitian   ini diperoleh   dcngan   menggunakan    kuesioner berskala    lima   untuk   variabel    sikap   ilmiah   dan   soal   untuk   data   hasil   belajar   siswa.    Uji  validitas instrumen     sikap   ilmiah    dihitung    menggunakan     rumus   Product  Moment  Pearson  dan   untuk    uji

reliabilitas    dihitung   menggunakan    rumus  Alpha Cronbach sedangkan   untuk  hasil  belajar   uji validitas

dihitung   menggunakan    rumus  Point Biserial dan  uji  reliabilitas    dihitung   menggunakan    rumus   Kuder Richardson  (KR 20). Populasi   dalam  penelitian   ini adalah  siswa  kelas  V  Sekolah  Dasar  Negeri  Kebon Pedes  03  Kecamatan    Tanah   sareal  Kola  Bogor,   berjumlah    77  siswa.    Sampel  yang  diambil   44  siswa, dipcroleh    menggunakan     rumus   Slavin.  Pengujian    prasyarat    analisis   berupa   uji  nonnalitas     liliefors. Setelah   dari   uji  normalitas    kemudian    dilakukan    pengujian    homogenitas     dengan   uji   Fisher   untuk menunjukan    populasi   bersifat   homogen.   Instrument   quisioner   dan  soal  yang   sudah  valid  dan  reliabel

digunakan    untuk  mengumpulkan     data  yang   hasilnya   menunjukkan     tcrdapat   hubungan    antara   sikap ilmiah   dcngan   hasil  belajar   siswa.  Teknik   analisis  regresi   dan  korelasi   sederhana   menghasilkan    suatu

model   hubungan    yang   dinyatakan    dalam   bentuk   persamaan    regresi   yaitu   Y = -20,23   + 0,3819X,

dengan   harga   FlU1unsgebesar   23,41   lebih  besar   dari  Ftabel    dengan   taraf  nyata   0,05  sebesar   4,04,   dan kontribusi    berdasarkan    hasil   penelitian    sebesar   89,3%.   Berdasarkan     hasil  penelitian    di  atas,   maka dapat   disimpulkan    bahwa   terdapat   hubungan    yang   positif   antara   sikap   ilmiah   dengan   hasil   belajar siswa.

 

Kata  Kunei  : Sikap  Ilmiah,  Hasil  Belajar   Siswa,  IP A

Tahun : 2015 Media Publikasi : prosiding
Kategori : Prosiding No/Vol/Tahun : - / - / 2015
ISSN/ISBN : -
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
Bibliography :

Aly dan Rahma.   1991. Ilmu  Alamiah   Dasar.  Jakarta:   Bumi  Aksara.

Anitah,   Sri. 2008.  Strategi  Pembelajaran    di SD.  Jakarta:  UniversitasTerbuka, Haris  dan Jihad.  2008.  Evaluasi   Pembelajaran.    Jakarta:   Multi  Pressindo.

Jasin,  Maskoeri.   1999.11mu  Alamiah   Dasar.  Jakarta:  PT. Rajagrafindo    Persada.

Sumantri,   Irwanto  dan  dkk.  2004. Sais  Biologi.   Jakarta:  PT. Piranti  Darma  Kalokatama.

Suprijono,    Agus.   2013.   Cooperative    Learning    Teori  &  Aplikasi    Paikem.   Edisi  Revisi.   Yogyakarta: Pustaka  Pelajar.

Susanto,   Ahmad.   2013.   Teori  Belajar   & Pembelajaran     di Sekolah   Dasar.   Jakarta:   Kencana   Prenada Media  Group.

Uno,  B Hamzah.   2008. Model  Pembelajaran    Menciptakan    Proses   Be/ajar  Mengajar   yang  Kreatlfda Efektif.  Jakarta:  Bumi  Aksara.

Yuniati  dan Dcwiki.   2006.  Ilmu  Alamiah   Dasar.  Jakarta:  Universitas   Tcrbuka.

URL :

 

Document

 
back