Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Irvan permana, Bibin Rubini, Ismatul Afwahll

Judul : PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN-ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBElAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH
Abstrak :

ABSTRAK

 

 

Penelitian   ini  bertujuan    untuk   meningkatkan     hasil  belajar  siswa  mata  pelajaran    IImu  Pengetahuan Alam   melalui    penerapan    model    pembelajaran     Kooperatif    Make   A  Match.    Subjek   penelitian     ini adalah  siswa   kelas  V Sekolah   Dasar  Negeri  Cijayanti   05  berjumlah    27 siswa,  dengan  komposisi    16 siswa  laki-laki   dan   11 siswa   perempuan.    Hasil  penelitian    menunjukan    bahwa   nilai  rata-rata    hasil belajar  siswa   pada  siklus  I adalah   6S dengan   ketuntasan    hasil  belajar  secara   klasikal  sebesar   52% yaitu  14 siswa  telah   mencapai    KKM.  Pada  siklus  II mengalami    peningkatan    nilai  rata-rata    menjadi

77  dengan   ketuntasan    hasil   belajar   secara   klasikal  sebesar   85% yaitu   23  siswa  telah   mencapai KKM.  Begitu   pula  dengan   perubahan    perilaku   siswa  yang  nampak   dengan   memperoleh    nilai   rata- rata  pada  siklus   I yaitu   71,   dan  siklus  II  memperoleh     nilai   rata-rata   sebesar   82.  Kualitas   proses pembelajaran    siklus  I memperoleh     nilai  rata-rata    75,4 dan  siklus  II memperoleh    nilai rata-rata    82,9. Berdasarkan    hasil  penelitian    tersebut,    dapat   disimpulkan    bahwa   penerapan    model  pernbelajaran kooperatif     Make   A  Match    dapat   meningkatkan     hasil  belajar    mata  pelajaran    IImu  Pengetahuan Alam     pada   siswa   Kelas  V  di  Sekolah   Dasar   Negeri   Cijayanti    05  Kecamatan    Babakanmadang Kabupaten    Bogor.   Selain   itu,   pendekatan    pembelajaran     ini   dapat  meningkatkan     partisipasi    dan aktivitas   siswa  dalam  proses  pembelajaran.

 

Kata kunci:  hasll  belajar,  IImu  Pengetahuan   Alarn, model  pembelajaran    kooperatif    Make  A Match

Tahun : 2015 Media Publikasi : prosiding
Kategori : Prosiding No/Vol/Tahun : 9786021034125 / 25 / 2015
ISSN/ISBN : 9786021034125
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
Bibliography :

Anitah, Sri. 2009_ Strategi   Pembelojaran    di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Berdiati,   lka.    2010.    Pembelajaran      Bahasa Indonesia               Berbasis   Pakem,    Bandung: SegaArsy.

Miftahul,        Huda.       2013.         Model-model Pengajaran             dan         Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tampubolon,  Sauro 2014.  Penelitian    Tindakon Kelos. Jakarta: Erlangga.

Trianto.  2013.  Model   PembeJajaran    Terpadu. Jakarta: Remaja Rosada karya.

URL :

 

Document

 
back