Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Fitri Sundari, Rukmini Handayani, Yuli Mulyawati

Judul : IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP PENGEMBANGAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH DASAR
Abstrak :

Abstrak:   Pendekatan   saintifik   meliputi   kegiatan   pengamatan,   penalaran, inferensi, validasi, dan penjelasan kebenaran. Pembelajaran yang menarik, efektif, dan menyenangkan juga bisa dilakukan melalui penerapan pendekatan saintifik. Siswa diharapkan dapat mengembangkan pemikiran kritis mereka dan guru berperan  sebagai  fasilitator.  Oleh  karena  itu,  kemampuan  berfikir  kritis perlu dikembangkan sebagai salah satu kompetensi siswa dalam kehidupan akademik mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendekatan pembelajaran saintifik berbasis lesson study terhadap pengembangan kemampuan berpikir kritis mahasiswa PGSD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan mengumpulkan data dari hasil observasi, observasi teman sebaya, lembar kerja dan hasil evaluasi siswa semester dua PGSD Berdasarkan hasil penelitian, pendekatan pembelajaran saintifik berbasis lesson study dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa PGSD.

 

 

 

Kata Kunci: Berpikir Kritis, Pendekatan Saintifik, Lesson Study

Tahun : 2017 Media Publikasi : jurnal nasional blm akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 1 / 2017
ISSN/ISBN : 2549-7170
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Anderson, T., Garrison, D.R., dan Archer, W.(2004). Critical Thinking, Cognitive Presence, Computer Conferencing in Distance Learning. [Online]. Tersedia: http://communityofinquiry.com/files/CogPres_Final.pdf.

Ennis, Robert. H. 1996. Critical Thinking. USA: Prentice Hall, Inc

Jhonson,  E.B.  2000.  Contextual  Teaching  and  Learning.  California:  Corwin

Press,Inc.

Liliasari. 2002. Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Konseptual Tingkat Tinggi Calon Guru IPA. Malang: JICA-IMSTEP FMIPA UM.

Marhan, dkk. 2014. Peningkatan Berpikir Kritis mahasiswa Melalui Inovasi Penerapan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Matematika. Diunduh tanggal 12 Juli 2015. [Online]. Tersedia : http/keguruan.umm.ac.id.

Sapriya. 2012. Pembelajaran IPS SD. Bandung: UPI Press.

Susilo, Herawati., dkk. 2009. Lesson Study Berbasis Sekolah (Guru Konservatif

Menuju Guru Inovatif). Malang: Bayu Media Publishing.

Syaodih,  Sukmadinata.  2010.  Metode  Penelitian  Pendidikan.  Bandung:  PT.

Remaja Rosdakarya.

URL : https://repository.unpak.ac.id/index.php?p=detail&id_karya=52

 

Document

 
back