Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Bibin Rubini , Didit Ardianto

Judul : Asesmen Berpikir Tingkat Tinggi dalam Perkuliahan Ilmu Alamiah Dasar Dengan Strategi Kolaboratif-Kontekstual Bagi Program S1 Pendidikan Biologi
Abstrak :

Sesuai dengan tuntutan Sistem pendidikan nasional untuk pendidikan tinggi dan harapan KKNI, perkuliahan pada program S1, harus mengakomodasi pencapaian keterampilan berpikir tingkat tinggi seperti keterampilan berpikir kritis (menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi). Telah diteliti pencapaian keterampilan berpikir kritis mahasiswa melalui perkuliahan Ilmu Alamiah Dasar (IAD) di salahsatu perguruan tinggi di Kota Bogor. Penelitian dilakukan dengan metode kuasi eksperimen menggunakan desain pre-postes. Instrumen berpikir dikembangkan dalam bentuk esay yang diujikan setelah mahasiswa mengikuti perkuliahan IAD dengan strategi kolaboratif-kontekstual.   Subyek penelitian adalah mahasiswa calon guru Biologi yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perkuliahan IAD yang telah dirancang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada domain menganalisis dan mengevaluasi dengan baik,melalui pencapaian indikatorrelationship dan causation. Sementara  itu,  perkuliahan  belum  mampu  secara  maksimum  melatih  keterampilan  berpikir paling tinggi (mengkreasi), yang ditunjukkan masih lemahnya pencapaian indikator mentransformasi (transformation), sebagai salahsatu indikator  berpikir kritis tertinggi tersebut. Diperlukan reorientasi perkuliahan agar kelemahan dapat segera diatasi, misalnya melalui perkuliahan multi strategi/model agar keterampilan mengkreasi dapat dikembangkan secara seimbang.

 

Kata kunci: Asesmen berpikir tingkat tinggi, menganalisis, mengevaluasi, mengkreasi

Tahun : 2014 Media Publikasi : prosiding
Kategori : Prosiding No/Vol/Tahun : - / - / -
ISSN/ISBN : 978-979-028-686-3
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
Bibliography :

Kepmendikbud   (2010).   Kerangka   Kerja

Nasional     Indonesia.     Diterbitkan     oleh

Kemendikbud.

Rubini, B. and Deddy S. (2014). Building Learning Community to Enhance Staff’s Capability  in  Basic  Science  Learning  for non-Science Students. IJSER

Rubini, B. and Anna P. (2014). The Development of Contextual Model with Collaborative Strategy in Basic Science Course to Enhance Students’ Scientific Literacy. Journal of Education and Practice www.iiste.org   ISSN   2222-1735   (Paper) ISSN   2222-288X   (Online)   Vol.5,   No.6,

 

2014

Anuradhana, A.G. (1995). Collaborative Learning  Enhances  Critical  Thinking, Journal of Technology Education, V.7, no

1,http://acholar.jib.vt.edu/journals/JTV/v7n1

/gokhale.jtv-v7n1.html.

Biggs, J. (2003). Teaching for Quality Learning at University. 2nEdition, SRHE and OU Press, Great Britain.

Burgess,  Robert  G.  (Editor)(1985). Strategies of Educational Research: Qualitative Methods. Seri I, Palmer Press.

Philadelphia.

Carin, Arthur  A., Robert  A. Sund  (1980). Teaching Science Through Discovery. 4th Ed., Charles E. Merrill Pub. Co., Ohio: 218

– 229.

Cindy.L.L,Susan.K.W.  (2001).  Helping Your Students Develop Critical Thinking Skills. The IDEA Center.

Csermely,  Peter;  Leon  Lederman  (Editor,

2003). Science Education: Talent Recruitment   and   Public   Understanding. Nato Science Series V.Vol.38.Ios Press. Netherland.

Costa, A.L. (1985). Developing Minds. ASCD Pub. USA.

Cottrell,  Stella  (2005).  Critical  Thinking

Skills. Palgrave Macmillan. China. Davidson,  B. W. (2000). Critical Thinking

Education   Faces   the   Challenge   of

Japan.Tersedia                                    di:

http://www.Sonoma.edu/cthink/

Delors, J (1996). Learning The Treasure Within.  Universitaires  DeFrance Presses, France.

DGHE-Indonesia  (2006).  Surat  keputusan

Dirjen Dikti Tentang Mata Kuliah

Berkehidupan Bermasyarakat.

Dudley, Peter (2012) "Lesson Study development in England: from school networks to national policy", International Journal for Lesson and Learning Studies, Vol. 1 Iss: 1, pp.85 -

100

Dougherty, Ralph C. (1997). Grade/Study- Performance in Undergraduate Organic

Chemistry .J. Chem. Educ. 74(6)

Education Dept. of La Grange College (2000).  Critical  Thinking  .  La Grange College.

 

 

Ee, Jessie; Agnes Chang; Oon Seng Tan (2004). Thinking about Thinking: What Educators Need to Know. Mc Grow Hill Ed. Singapore.

 

108 - 125)Elliott, John (2012). Developing a science of teaching through lesson study. International Journal for Lesson and Learning Studies. Vol.1 Issue 2 (pp.

Ennis, H. Robert. (1995). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. (on line).

available: www.aacu.org/meetings/pdfs/critical thingking.pdf(20 Juni 2011).

Eric Digests (2000). Critical Thinking Skills and Teacher Education. Eric Digests Pub. 3-88. Washington D.C.

Faciona, P.A, Faciona, N.C, and Giancarlo, C. (2000). The Disposition Toward Critical Thinking: It Character,, Measurement, and Relationship to Critical Thinking Skills. Journal of Informal Logic, Volume 20-1, pp 61-

84.

Gokhale, Anuradha A. (1995),” Collaborative Learning Enchances Critical Thinking “,

J. of  Tech. Educ., 7(1): pp1-22

URL :

 

Document

 
back