Judul | : | Asesmen Berpikir Tingkat Tinggi dalam Perkuliahan Ilmu Alamiah Dasar Dengan Strategi Kolaboratif-Kontekstual Bagi Program S1 Pendidikan Biologi | |||
Abstrak | : | Sesuai dengan tuntutan Sistem pendidikan nasional untuk pendidikan tinggi dan harapan KKNI, perkuliahan pada program S1, harus mengakomodasi pencapaian keterampilan berpikir tingkat tinggi seperti keterampilan berpikir kritis (menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi). Telah diteliti pencapaian keterampilan berpikir kritis mahasiswa melalui perkuliahan Ilmu Alamiah Dasar (IAD) di salahsatu perguruan tinggi di Kota Bogor. Penelitian dilakukan dengan metode kuasi eksperimen menggunakan desain pre-postes. Instrumen berpikir dikembangkan dalam bentuk esay yang diujikan setelah mahasiswa mengikuti perkuliahan IAD dengan strategi kolaboratif-kontekstual. Subyek penelitian adalah mahasiswa calon guru Biologi yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perkuliahan IAD yang telah dirancang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada domain menganalisis dan mengevaluasi dengan baik,melalui pencapaian indikatorrelationship dan causation. Sementara itu, perkuliahan belum mampu secara maksimum melatih keterampilan berpikir paling tinggi (mengkreasi), yang ditunjukkan masih lemahnya pencapaian indikator mentransformasi (transformation), sebagai salahsatu indikator berpikir kritis tertinggi tersebut. Diperlukan reorientasi perkuliahan agar kelemahan dapat segera diatasi, misalnya melalui perkuliahan multi strategi/model agar keterampilan mengkreasi dapat dikembangkan secara seimbang.
Kata kunci: Asesmen berpikir tingkat tinggi, menganalisis, mengevaluasi, mengkreasi |
|||
Tahun | : | 2014 | Media Publikasi | : | prosiding |
Kategori | : | Prosiding | No/Vol/Tahun | : | - / - / - |
ISSN/ISBN | : | 978-979-028-686-3 | |||
PTN/S | : | Universitas Pakuan | Program Studi | : | PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM |
Bibliography | : | Kepmendikbud (2010). Kerangka Kerja Nasional Indonesia. Diterbitkan oleh Kemendikbud. Rubini, B. and Deddy S. (2014). Building Learning Community to Enhance Staff’s Capability in Basic Science Learning for non-Science Students. IJSER Rubini, B. and Anna P. (2014). The Development of Contextual Model with Collaborative Strategy in Basic Science Course to Enhance Students’ Scientific Literacy. Journal of Education and Practice www.iiste.org ISSN 2222-1735 (Paper) ISSN 2222-288X (Online) Vol.5, No.6, 2014 Anuradhana, A.G. (1995). Collaborative Learning Enhances Critical Thinking, Journal of Technology Education, V.7, no 1,http://acholar.jib.vt.edu/journals/JTV/v7n1 /gokhale.jtv-v7n1.html. Biggs, J. (2003). Teaching for Quality Learning at University. 2nd Edition, SRHE and OU Press, Great Britain. Burgess, Robert G. (Editor)(1985). Strategies of Educational Research: Qualitative Methods. Seri I, Palmer Press. Philadelphia. Carin, Arthur A., Robert A. Sund (1980). Teaching Science Through Discovery. 4th Ed., Charles E. Merrill Pub. Co., Ohio: 218 – 229. Cindy.L.L,Susan.K.W. (2001). Helping Your Students Develop Critical Thinking Skills. The IDEA Center. Csermely, Peter; Leon Lederman (Editor, 2003). Science Education: Talent Recruitment and Public Understanding. Nato Science Series V.Vol.38.Ios Press. Netherland. Costa, A.L. (1985). Developing Minds. ASCD Pub. USA. Cottrell, Stella (2005). Critical Thinking Skills. Palgrave Macmillan. China. Davidson, B. W. (2000). Critical Thinking Education Faces the Challenge of Japan.Tersedia di: Delors, J (1996). Learning The Treasure Within. Universitaires DeFrance Presses, France. DGHE-Indonesia (2006). Surat keputusan Dirjen Dikti Tentang Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat. Dudley, Peter (2012) "Lesson Study development in England: from school networks to national policy", International Journal for Lesson and Learning Studies, Vol. 1 Iss: 1, pp.85 - 100 Dougherty, Ralph C. (1997). Grade/Study- Performance in Undergraduate Organic Chemistry .J. Chem. Educ. 74(6) Education Dept. of La Grange College (2000). Critical Thinking . La Grange College.
Ee, Jessie; Agnes Chang; Oon Seng Tan (2004). Thinking about Thinking: What Educators Need to Know. Mc Grow Hill Ed. Singapore.
108 - 125)Elliott, John (2012). Developing a science of teaching through lesson study. International Journal for Lesson and Learning Studies. Vol.1 Issue 2 (pp. Ennis, H. Robert. (1995). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. (on line). available: www.aacu.org/meetings/pdfs/critical thingking.pdf(20 Juni 2011). Eric Digests (2000). Critical Thinking Skills and Teacher Education. Eric Digests Pub. 3-88. Washington D.C. Faciona, P.A, Faciona, N.C, and Giancarlo, C. (2000). The Disposition Toward Critical Thinking: It Character,, Measurement, and Relationship to Critical Thinking Skills. Journal of Informal Logic, Volume 20-1, pp 61- 84. Gokhale, Anuradha A. (1995),” Collaborative Learning Enchances Critical Thinking “, J. of Tech. Educ., 7(1): pp1-22 |
|||
URL | : |