Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Fitri Siti Sundari, Yuli Mulyawati

Judul : ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA PGSD (Penelitian Deskriptif Kualitatif pada mahasiswa PPL di SDN Semeru I, SDN Polisi 4, SDN Semplak I, SDN Lawanggintung I, dan SDN Lawanggintung II).
Abstrak :

Penelitian  ini  menggunakan metode  kualitatif   dengan  desain  deskriptif.  Penelitian  ini bertujuan   untuk    memperoleh   gambaran  apa    adanya   tentang   bagaimana   keterampilan mahasiswa  PGSD  yang  sedang melaksanakan  Program  Pengalaman  Lapangan  di  5  (lima) sekolah  dasar  di  Bogor.   Data   yang   diperoleh  dari  penelitian  ini  merupakan  hasil  analisis dokumen, observasi, dan  wawancara dengan guru, siswa, dan  mahasiswa PGSD. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Semeru I, SDN Polisi 4, SDN Semplak I, SDN Lawanggintung I, dan  SDN Lawanggintung  II  Bogor.  Jenis  data yang  digunakan  dalam  penelitian  ini berbentuk narasi, uraian, penjelasan, dan  penilaian dari  informan baik  lisan maupun tulisan yang  dideskripsikan dalam bentuk  catatan lapangan, angket, dan  dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa PGSD yang sedang melaksanakan PPL di SDN Semeru I, SDN Polisi 4, SDN Semplak I, SDN Lawanggintung I, dan SDN Lawanggintung II Bogor. Informan dalam penelitian ini adalah dosen pembimbing PPL dan  guru pamong di SDN Semeru I, SDN Polisi 4, SDN Semplak I, SDN Lawanggintung I,  dan  SDN Lawanggintung II  Bogor.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan  menjelaskan  sudah  dikuasai  dengan  sangat  baik.   Sedangkan  keterampilan bertanya, keterampilan membuka dan  menutup pelajaran, keterampilan membimbing diskusi kelompok  kecil,  keterampilan  mengajar  kelompok  kecil   dan   perseorangan,  keterampilan mengelola kelas, dan  keterampilan memberikan penguatan sudah memperoleh hasil yang baik. Keterampilan mengadakan variasi memperoleh hasil yang cukup baik.

 

Kata Kunci : keterampilan dasar mengajar, mahasiswa PGSD.

Tahun : 2017 Media Publikasi : jurnal nasional blm akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 1 / 2017
ISSN/ISBN : 25500406
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Abimanyu,  S.  (1985).   Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran. Jakarta: P2LPTK DIKTI

Alma, B, dkk. 2009. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung. Alfabeta.

Anitah,  Sri. 2009.  Strategi  pembelajaran  di

SD. Jakarta: Universitas terbuka

Anitah,  W.  1987.   Microteaching  dan Supervisi Klinis . Surakarta: FKIP UNS.

Arikunto,   S.  .2003..   Dasar-Dasar   Evaluasi

Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Aqib,   Zainal.   2003.   Profesionalisme  Guru

dalam  Pembelajaran.  Edisi  Revisi. Surabaya : Insan Cendekia.

Darmadi,  Hamid.  2012.  Kemampuan  Dasar

Mengajar. Bandung. Pustaka Setia. Dimyati   &    Mudjiono.    2006.    Belajar   dan pembelajaran.     Jakarta.    Rineka

Cipta.

Djamarah, Syaiful  Bahri. 2005.  Strategi Belajar  Mengajar.  Jakarta. Rineka Cipta.

Hasibuan, J.J, Dip. Ed, dan Moedjiono. 2008.

Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja  Rosdakarya.

Marno,dan Idris. 2010  . Strategi dan Metode

 

Pengajaran   .   Jogjakarta   :  Arruz media

Usman, Moh. Uzer. 2000.  Menjadi Guru Profesional. Bandung:   PT  Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2009.  Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman, A.M. 1996.  Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar . Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sarwono, J. 2006.  Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif . Yogyakarta: Graha Ilmu.

Satori,  Djam’an  dan  Komariah,  Aan.  2009.

Metodologi    Penelitian    Kualitatif. Bandung. Alfabeta.

Saud,     Syaefudin,     Udin.    2008.     Inovasi

Pendidikan. Bandung. Alfabeta

Sukirman,  D. (2004).   Konsedan  Aplikasi Micro Teaching. Bandung:  Pusat Pelayanan dan Pengembangan Media pendidikan (P3MP) UPI.

Sumantri,  M.  1999.   StrategBelajar Mengajar . Jakarta: P2LPTK Dirjen DIKTI.

Suwandi, O. &  Cecep, S.R. (1996).   Teknik- Teknik  KeterampilaProses Belajar Mengajar bagi Guru SD. Bandung:  Yayasan Pena Bangsa.

Tim FKIP. 2011.  Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) –  PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka

Wardani, I.G.K. dan Julaeha, Siti, Ngadi Marsinah.    2007. Pemantapan Kemampuan    Profesional (Panduan). Jakarta. Universitas Terbuka.

Winataputra, Udin s. Dkk. 2004.  Strategi Bel

URL : https://repository.unpak.ac.id/index.php?p=detail&id_karya=49

 

Document

 
back