Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Nining Andriani, Siti Nurjanah, Ujang Sugara, Saiful Bahri, Resyi A. Gani, Aswar Warkah, Sundari, Sri Enggar Kencana Dewi, Ida Bagus Benny Surya Adi Pramana,Yuli Mulyawati

Judul : KONSEP DASAR IPS
Abstrak :

Konsep Dasar IPS yang telah kami susun bersama-

sama dengan tim yang sangat solid. Penyusun menyadari bahwa, Peran

dan kedudukan pembelajaran IPS sungguh sangat strategis. Tidak saja

bagi mahasiswa tetapi juga bagi kelangsungan hidup berbangsa dan

bernegara Indonesia. IPS menjadi strategis karena mengkaji seluruh

aspek kehidupan sosial kita. Di dalamnya kita bisa mempelajari

kehidupan bangsa dari dimensi sejarah, geografi, ekonomi, politik,

antropologi, sosiologi, filsafat, dan psikologi sosialnya. Diharapkan

kita semua mampu memetik pelajaran untuk kehidupan sosial

kemasyarakatan yang lebih baik.

Selain itu, kita semua nantinya bisa memiliki kecerdasan

sosial yang tinggi, pemikiran yang rasional, tidak emosional dalam

menyikapi permasalahan sosial yang ada di lingkungannya, serta aktif

dalam mengembangkan kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah

satu alasannya adalah banyaknya buku IPS yang tidak menempatkan

masyarakat sekitar sebagai “laboratorium sosial” untuk memperkaya

pembelajaran. Dampaknya adalah kita menjadi pasif dan hanya

berorientasi pada hafalan materi. Dalam rangka turut memperbaiki

pemahaman tentang IPS itulah buku ini kami susun. Buku ini akan

mendorong kita semua untuk bisa aktif menemukan pengetahuan dan

pengalaman dalam beragam bentuk tugas yang berorientasi sosial

kemasyarakatan.

Tahun : 2024 Media Publikasi : Buku
Kategori : Buku No/Vol/Tahun : 1 / 1 / 2023
ISSN/ISBN : 9786238235063
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Harlen, W.L. (1992). The Teaching of Science. London: David Fulton

Publishers. Joyce, B. & Weil, M. (1964). Models of Teaching. New

Jersey: Prentice Hall, Inc. Novak, J.D. & Gowin, D.B. (1984).

Learning how To Learn. Cambridge: Cambridge University

Press.

Ningrum, Epon. (2010). Modul: Materi dan Pembelajaran IPS SD.

Jakarta: Universitas Terbuka.

h t t p : / / w w w. t e k n o l o g i p e n d i d i k a n . n e t / w p - c o n t e n t /

uploads/2008/08/prayekti_ pengembangan_model_

pembelajaran_interaktif1.pdf

Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran

Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda.

Iif Khoirul Ahmadi, Sofan Amri. 2011. Metode Pembelajaran IPS

Terpadu. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Sapriya. 2012. Pendidikan IPS Konsep Dan Pembelajaran. Bandung:

PT. Remaja Rosdakarya.

Abdul Aziz Wahab. 2009. Metode dan model – model Mengajar Ilmu

Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: Alfabeta.

Wina Senjaya. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar

Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

http://atinsupriatin11.blogspot.co.id/2014/10/metode-media-dan-

strategi-pembelajaran.html

http://atibilombok.blogspot.co.id/2014/06/makalah-pendekatan-

pembelajaran-ips-di.html

http://sofyanpu.blogspot.co.id/2009/05/strategi-pembelajaran-ips.

html

143

h t t p : / / i i s m o e t . b l o g s p o t . c o . i d / 2 0 1 4 / 0 7 /

pendekatanmetodemodelstrategi-dan.html

http://cobah-ajah.blogspot.com/2012/01/hubungan-ips-dengan-

ilmu-ilmu-sosial.html

https://www.google.com/search?q=hubungan+antara+ips+dengan+i

lmu+sosial+lainnya&ie=utf-8&oe=utf-8&aq=t&rls=org.mozilla:i

d:official&client=firefox-a#q=makalah+hubungan+antara+ips+

dengan+ilmu+sosial+lainnya&rls=org.mozilla:id:official

Sapriya, dkk. 2007. Konsep Dasar IPS. Bandung: Laboratorium PKn

Jurusan PKn FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia.

Endro Sariono, dkk. 2007. Manusia dan Perilaku Ekonomi. Jakarta:

Ganeca Exact.

Djodjo Suradisastra, dkk. 1992/1993. Pendidikan IPS 1. Jakarta:

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal

Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Samlawi, Bunyamin Maftuh. 1998. Konsep Dasar IPS. Bandung:

Laboratorium PKn Jurusan PKn FPIPS Universitas Pendidikan

Indonesia.

Asri Wijayanti 2008 Sejarah perkembangan, Hak

Asasi Manusiahttp://kumpulan- makalhttps://makalah update.

blogspot.com/2012/11/makalah-hak-asasi-manusia

https://id.wikipedia.org/wiki/Hak_asasi_manusiahttps://

international.sindonews.com/read/13714 10/45/kasus-

pelanggaran-ham-besar-internasional- 1547736836https://

w w w. r a p p l e r. c o m / w o r l d / r e g i o n s / a s i a - p a c i f i c /

indonesia/77617- lima-kasus-besar-pelanggaran-ham-di-

indonesia.

Wikipedia Indonesia. 2007. Hak Asasi Manusia. id.wikipedia.Org/

wiki/HakAsasi Manusia- 26k.Diakses 02 Desember 2011

Surbakti, K. (2018). FOSTERING OF FEMALE PRISONERS IN TANJUNG

GUSTA PENITENTIARY OF MEDAN. PROCEEDING: THE DREAM

OF MILLENIAL GENERATION TO GROW, 216-225.

144

Surbakti, K., & Si, M. (2019). KAJIAN MENGENAI PENTINGNYA BASIS

DATA BAGI SEKOLAH SAAT INI. JURNAL CURERE, 2(2).

Sirenden,E. (2021) Academia . Online. Tersedia: academia.

e d u / 3 4 6 4 3 9 9 5 / KO N S E P _ K E B U DAYA A N _ N A S I O N A L _

INDONESIA. [ 16 November 2021 ]

Barr Barth, S. &. (1977). The news social studies.

BSNP. (2007). Panduan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

SD/MI. Jakarta: Dharma Bhakti.

Cholisin. (2006). Pengembangan kurikulum inti program studi PKn:

perspektif PKn sebagai disiplin ilmu dan PKn persekolahan. Yogyakarta.

Depdikbud. (1994). Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: Departeman Pendidikan dan Kebudayaan.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Ellis, A. K. (1998). Teaching and Learning Elementary Social Studies. Seatle: Seatle Pacific University.

Ischak, S. U. (1997). Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Departemen

Pendidikan dan Kebudayaan . Jakarta: Universitas Terbuka.

Martorella. (1994). Elementary Social Studies: Developing, Reflective,

Competent and Concerned Citizens. Boston Toronto: Litle Brown and Company.

Mulyasa, E. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Ross, E. W. (2006). The Social Studies Curriculum Purposes, Problems,

and Possibilities (Third Edition). New York: State University of New York Press.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sapriya. (2017). Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja osdakarya.

Sarifudin, W. (1989). Konsep Dan Masalah Pengajaran Ilmu Sosial Di Sekolah Menengah. Jakarta: Proyek Pengembangan LPTK, Ditjen Dikti, Depdikbud.

Saxe, D. (1991). Social Studies in Schools: A History of the Early Years.

New. York: State University of New York Press.

Shermis, &. B. (1977). The news social studies.

Soemantri, M. N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumaatmadja, M. N. (1984). Metodologi Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: Alumni.

Sumaatmadja, N. (1977). Studi Geografi Suatu Pendekatan dan Analisa Keruangan. Bandung: Alumni.

Sumaatmadja, N. (2008). Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wahab, A. A. (2009). Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wesley, E. B. (1937). The United States of Education’s Standard Terminoogy for Curriculum and Instruction.

Zamroni. (2001). Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bayu Indra Grafika Publishing.

URL : https://drive.google.com/file/d/1uelmrXOrzTknG09sh3kRckMaZKTX--lj/view?usp=sharing

 

Document

 
back