Judul | : | KONSEP DASAR IPS | |||
Abstrak | : | Buku ini berjudul Konsep Dasar IPS yang telah kami susun bersama-sama dengan tim yang sangat solid. Penyusun menyadari bahwa, Peran dan kedudukan pembelajaran IPS sungguh sangat strategis. Tidak saja bagi mahasiswa tetapi juga bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara Indonesia. IPS menjadi strategis karena mengkaji seluruh aspek kehidupan sosial kita. Di dalamnya kita bisa mempelajari kehidupan bangsa dari dimensi sejarah, geografi, ekonomi, politik, antropologi, sosiologi, filsafat, dan psikologi sosialnya. Diharapkan kita semua mampu memetik pelajaran untuk kehidupan sosial kemasyarakatan yang lebih baik. Selain itu, kita semua nantinya bisa memiliki kecerdasan sosial yang tinggi, pemikiran yang rasional, tidak emosional dalam menyikapi permasalahan sosial yang ada di lingkungannya, serta aktif dalam mengembangkan kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satu alasannya adalah banyaknya buku IPS yang tidak menempatkan masyarakat sekitar sebagai “laboratorium sosial” untuk memperkaya pembelajaran. Dampaknya adalah kita menjadi pasif dan hanya berorientasi pada hafalan materi. Dalam rangka turut memperbaiki pemahaman tentang IPS itulah buku ini kami susun. Buku ini akan mendorong kita semua untuk bisa aktif menemukan pengetahuan dan pengalaman dalam beragam bentuk tugas yang berorientasi sosial kemasyarakatan. |
|||
Tahun | : | 2024 | Media Publikasi | : | Buku |
Kategori | : | Buku | No/Vol/Tahun | : | 1 / 1 / 2023 |
ISSN/ISBN | : | 9786238235063 | |||
PTN/S | : | Universitas Pakuan | Program Studi | : | PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Bibliography | : | Harlen, W.L. (1992). The Teaching of Science. London: David Fulton Publishers. Joyce, B. & Weil, M. (1964). Models of Teaching. New Jersey: Prentice Hall, Inc. Novak, J.D. & Gowin, D.B. (1984). Learning how To Learn. Cambridge: Cambridge University Press. Ningrum, Epon. (2010). Modul: Materi dan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Universitas Terbuka. h t t p : / / w w w. t e k n o l o g i p e n d i d i k a n . n e t / w p - c o n t e n t / uploads/2008/08/prayekti_ pengembangan_model_pembelajaran_interaktif1.pdf Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda. Iif Khoirul Ahmadi, Sofan Amri. 2011. Metode Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya. Sapriya. 2012. Pendidikan IPS Konsep Dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Abdul Aziz Wahab. 2009. Metode dan model – model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: Alfabeta. Wina Senjaya. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. http://atinsupriatin11.blogspot.co.id/2014/10/metode-media-dan-strategi-pembelajaran.html http://atibilombok.blogspot.co.id/2014/06/makalah-pendekatan-pembelajaran-ips-di.html http://sofyanpu.blogspot.co.id/2009/05/strategi-pembelajaran-ips.html 143 Surbakti, K., & Si, M. (2019). KAJIAN MENGENAI PENTINGNYA BASIS DATA BAGI SEKOLAH SAAT INI. JURNAL CURERE, 2(2). Sirenden,E. (2021) Academia . Online. Tersedia: academia. e d u / 3 4 6 4 3 9 9 5 / KO N S E P _ K E B U DAYA A N _ N A S I O N A L _INDONESIA. [ 16 November 2021 ] Barr Barth, S. &. (1977). The news social studies. BSNP. (2007). Panduan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SD/MI. Jakarta: Dharma Bhakti. Cholisin. (2006). Pengembangan kurikulum inti program studi PKn: perspektif PKn sebagai disiplin ilmu dan PKn persekolahan. Yogyakarta. Depdikbud. (1994). Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: Departeman Pendidikan dan Kebudayaan. Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Ellis, A. K. (1998). Teaching and Learning Elementary Social Studies. Seatle: Seatle Pacific University. Ischak, S. U. (1997). Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan . Jakarta: Universitas Terbuka. Martorella. (1994). Elementary Social Studies: Developing, Reflective, Competent and Concerned Citizens. Boston Toronto: Litle Brown and Company. Mulyasa, E. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung:PT Remaja Rosdakarya. Ross, E. W. (2006). The Social Studies Curriculum Purposes, Problems, and Possibilities (Third Edition). New York: State University of New York Press. Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sapriya. (2017). Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sarifudin, W. (1989). Konsep Dan Masalah Pengajaran Ilmu Sosial Di Sekolah Menengah. Jakarta: Proyek Pengembangan LPTK, Ditjen Dikti, Depdikbud
|
|||
URL | : | https://drive.google.com/file/d/1uelmrXOrzTknG09sh3kRckMaZKTX--lj/view?usp=sharing |