Abstrak |
: |
Buku ini berjudul Konsep Dasar IPS yang telah kami susun bersama-sama dengan tim yang sangat solid. Penyusun menyadari bahwa, Peran dan kedudukan pembelajaran IPS sungguh sangat strategis. Tidak saja bagi mahasiswa tetapi juga bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara Indonesia. IPS menjadi strategis karena mengkaji seluruh
aspek kehidupan sosial kita. Di dalamnya kita bisa mempelajari kehidupan bangsa dari dimensi sejarah, geografi, ekonomi, politik, antropologi, sosiologi, filsafat, dan psikologi sosialnya. Diharapkan kita semua mampu memetik pelajaran untuk kehidupan sosial kemasyarakatan yang lebih baik. anyaknya buku IPS yang tidak menempatkan
masyarakat sekitar sebagai “laboratorium sosial” untuk memperkaya pembelajaran. Dampaknya adalah kita menjadi pasif dan hanya berorientasi pada hafalan materi. Dalam rangka turut memperbaiki pemahaman tentang IPS itulah buku ini kami susun. Buku ini akan mendorong kita semua untuk bisa aktif menemukan pengetahuan dan pengalaman dalam beragam bentuk tugas yang berorientasi sosial kemasyarakatan. Dengan mengikuti perkembangan Konsep Dasar IPS melalui buku ini, kita semua tidak saja akan cerdas, rasional, dan konstruktif dalam kehidupan sosial kemasyarakatan, tetapi juga memiliki pola pikir yang multidimensi. Kita semua akan mampu memecahkan setiap persoalan dalam hidupnya dari berbagai dimensi sehingga penyelesaiannya pun juga semakin utuh. Sebuah inovasi disajikan tentang Konsep Dasar IPS dengan menggunakan buku ini. Buku ini sangat terbuka terhadap masukan dan saran dan akan terus diperbaiki demi kesempurnaannya. Untuk itu, kami mengundang para pembaca untuk memberikan kritik, saran dan masukan guna perbaikan dan penyempurnaan edisi berikutnya. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Emas (2045).
|
Bibliography |
: |
Harlen, W.L. (1992). The Teaching of Science. London: David Fulton
Publishers. Joyce, B. & Weil, M. (1964). Models of Teaching. New Jersey: Prentice Hall, Inc. Novak, J.D. & Gowin, D.B. (1984).
Learning how To Learn. Cambridge: Cambridge University Press.
Ningrum, Epon. (2010). Modul: Materi dan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
h t t p : / / w w w. t e k n o l o g i p e n d i d i k a n . n e t / w p - c o n t e n t /
uploads/2008/08/prayekti_ pengembangan_model_pembelajaran_interaktif1.pdf
Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran
Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda. Iif Khoirul Ahmadi, Sofan Amri. 2011. Metode Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Sapriya. 2012. Pendidikan IPS Konsep Dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Abdul Aziz Wahab. 2009. Metode dan model – model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: Alfabeta.
Wina Senjaya. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
http://atinsupriatin11.blogspot.co.id/2014/10/metode-media-dan-strategi-pembelajaran.html
http://atibilombok.blogspot.co.id/2014/06/makalah-pendekatan-pembelajaran-ips-di.html
http://sofyanpu.blogspot.co.id/2009/05/strategi-pembelajaran-ips.html
h t t p : / / i i s m o e t . b l o g s p o t . c o . i d / 2 0 1 4 / 0 7 /pendekatanmetodemodelstrategi-dan.html
http://cobah-ajah.blogspot.com/2012/01/hubungan-ips-dengan-ilmu-ilmu-sosial.html
https://www.google.com/search?q=hubungan+antara+ips+dengan+ilmu+sosial+lainnya&ie=utf-8&oe=utf-8&aq=t&rls=org.mozilla:i
d:official&client=firefox-a#q=makalah+hubungan+antara+ips+dengan+ilmu+sosial+lainnya&rls=org.mozilla:id:official
Sapriya, dkk. 2007. Konsep Dasar IPS. Bandung: Laboratorium PKn Jurusan PKn FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia.
Endro Sariono, dkk. 2007. Manusia dan Perilaku Ekonomi. Jakarta:Ganeca Exact.
Djodjo Suradisastra, dkk. 1992/1993. Pendidikan IPS 1. Jakarta:Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Samlawi, Bunyamin Maftuh. 1998. Konsep Dasar IPS. Bandung:
Laboratorium PKn Jurusan PKn FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia.
Asri Wijayanti 2008 Sejarah perkembangan, Hak Asasi Manusiahttp://kumpulan- makalhttps://makalah update.blogspot.com/2012/11/makalah-hak-asasi-manusia
https://id.wikipedia.org/wiki/Hak_asasi_manusiahttps://international.sindonews.com/read/13714 10/45/kasus-
pelanggaran-ham-besar-internasional- 1547736836https://
w w w. r a p p l e r. c o m / w o r l d / r e g i o n s / a s i a - p a c i f i c /indonesia/77617- lima-kasus-besar-pelanggaran-ham-di-
indonesia.
Wikipedia Indonesia. 2007. Hak Asasi Manusia. id.wikipedia.Org/
wiki/HakAsasi Manusia- 26k.Diakses 02 Desember 2011
Surbakti, K. (2018). FOSTERING OF FEMALE PRISONERS IN TANJUNG GUSTA PENITENTIARY OF MEDAN. PROCEEDING: THE DREAM OF MILLENIAL GENERATION TO GROW, 216-225.
Surbakti, K., & Si, M. (2019). KAJIAN MENGENAI PENTINGNYA BASIS DATA BAGI SEKOLAH SAAT INI. JURNAL CURERE, 2(2).
Sirenden,E. (2021) Academia . Online. Tersedia: academia. e d u / 3 4 6 4 3 9 9 5 / KO N S E P _ K E B U DAYA A N _ N A S I O N A L _INDONESIA. [ 16 November 2021 ]
Barr Barth, S. &. (1977). The news social studies.
BSNP. (2007). Panduan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SD/MI. Jakarta: Dharma Bhakti.
Cholisin. (2006). Pengembangan kurikulum inti program studi PKn:
perspektif PKn sebagai disiplin ilmu dan PKn persekolahan. Yogyakarta.
Depdikbud. (1994). Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: Departeman Pendidikan dan Kebudayaan.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Ellis, A. K. (1998). Teaching and Learning Elementary Social Studies. Seatle: Seatle Pacific University.
Ischak, S. U. (1997). Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan . Jakarta: Universitas Terbuka.
Martorella. (1994). Elementary Social Studies: Developing, Reflective,
Competent and Concerned Citizens. Boston Toronto: Litle Brown and Company.
Mulyasa, E. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Ross, E. W. (2006). The Social Studies Curriculum Purposes, Problems,
and Possibilities (Third Edition). New York: State University of New York Press.
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sapriya. (2017). Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sarifudin, W. (1989). Konsep Dan Masalah Pengajaran Ilmu Sosial Di
Sekolah Menengah. Jakarta: Proyek Pengembangan LPTK, Ditjen Dikti, Depdikbud.
|