Abstrak |
: |
Pada Bab ini, akan diperkenalkan mengenai konsep dasar IPS SD.
Konsep dasar IPS dikembangkan berdasarkan konsep-konsep dalam ilmu-
ilmu sosial yang sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran, sedangkan
konsep itu sendiri menurut Dorothy J. Skeet (1978:18) menyatakan bahwa
“Konsep adalah sesuatu yang tergambar dalam pikiran–suatu pemikiran,
gagasan atau suatu pengertian.
IPS di sekolah pada dasarnya bertujuan mempersiapkan peserta
didik sebagai warga negara yang baik (good citizenship). Sebagai warga
negara yang baik, peserta didik harus menguasai pengetahuan (knowledge),
keterampilan (skills), sikap dan nilai (attitude dan values) yang dapat
digunakan untuk memecahkan masalah pribadi maupun sosial serta dapat
mengambil keputusan untuk berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat di
tingkat lokal, regional, maupun global.
Setelah mempelajari Bab ini, diharapkan pembaca dapat:
1. menganalisis pengertian konsep dasar IPS,
2. mengidentifikasi ciri-ciri konsep dasar IPS,
3. mengidentifikasi tujuan konsep dasar IPS,
4. memahami konsep dasar pada ilmu sosial, dan
5. menganalisis macam-macam ilmu sosial
|
Bibliography |
: |
Amin, Muhammad. 1992. Konsep Masyarakat Islam. Jakarta: Fikhati
Aneska.
Arikunto, Suharsini. 1992. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Azizi, A Qodri Abdillah. 2000. “Masyarakat madani Antara Cita dan
Fakta: Kajian Historis-Normatif”. Dalam Ismail SM dan Abdullah
Mukti, Pendidikan Islam, Demokratisasi dan Masyarakat Madani.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Abdillah, Masykuri. 1999. “Islam dan Masyarakat Madani”. Dalam Islam,
Masyarakat Madani dan Demokrasi, Editor Sudarno Shobron.
Cetakan Pertama. Surakarta, Muhammadiah University Press.
Ahmad, Ilyas Ba-Yunus – Farid. 1991. Siciology: An Introduction, transleted
by Hamid Basyaib, Sociology Islam & Masyarakat Kontemporer.
Bandung: Mizan.
Ahmad, Imam Subakir. 1989. Tarikh al-Khadhoroh al-Islamiyah. Ponorogo:
Darussalam Press.
Ahmadi, Abu. Pengantar Sosiologi. Solo: CV. Ramadani.
Ahmadi, Abu. 1989. Pengantar Sosiologi. Solo: CV. Ramadhani.
Akbar, Ahmad, S. Nahwu Ilm al-Insani al-Islamy, Ta’rif wa Nadhoriyaat.
Banks, J.A. 1977. Teaching Strategies for The Social Studies. Massachusetts:
Addison-Wesley Pub.
Belen, S. 1989. CBSA Ilmu Pengetahuan Sosial, Buku Pelajaran
IPS SD berdasarkan CBSA. Solo: Tiga Serangkai.
_______ . 1992. Materi Pokok Pendidikan IPS 1, Proyek Peningkatan Mutu
Guru SD Setara D-II. Jakarta: Depdikbud.
______. 1989. Belajar Aktif Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD. Jakarta:
Gramedia.
Cholisin dan Jihad Hisyam. 2006. Reorientasi dan Pengembangan Ilmu
Pengetahuan Sosial di Era Baru. Yogyakarta: Efisiensi Press
Daldjoeni, N. 1992. Dasar-Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung:
Alumni.
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum SD/MI. Jakarta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan
Tinggi. Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary School
Teacher Development Project)
Dirjen Dikdasmen, Direktorat Pendidikan Dasar (1995/1996). Kurikulum
Sekolah Dasar (SD) 1994, Buku I, Buku II dan Buku III. Jakarta.
Engle, S.H. 1971. “An Analysis of The Use Of Inquiry Approach in Teaching
Social studies in Indonesia”. Thesis. Sydney: Macqucie University.
Hermawan, Ruswandi dkk. 2006. Perkembangan Masyarakat dan Budaya.
Bandung: UPI PRESS.
Hermawan, Ruswandi dan Kanda Rukandi. 2007. Perspektif Sosial Budaya.
Bandung: UPI PRESS.
https://deepublishstore.com/materi/ilmu-sosial/
https://www.gramedia.com/literasi/ilmu-sosial/
http://ahmadfajarudin26.blogspot.com/2017/03/konsep-dasar-geografi-
sejarah.html?m=1
http://www.siswapedia.com/bentukbentuk-struktur%E2%80%93sosial-
dalam-masyarakat
http://www.ssbelajar.net/2013/unsur-fungsi-danciri-struktur-sosial.html
Kuswanto dan Bambang Siswanto. 2003. Sosiologi. Solo: Tiga Serangkai.
Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative
Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana
Indonesia.
Manuskrip. 1988. Analisis Perbandingan Kurikulum IPS SD 1986 dengan
Kurikulum IPS 1975, 1968 dan 1964, Jenjang Sekolah: SD. Jakarta
Mukmina, dkk. 2002. Diktat Dasar-dasar IPS. Yogyakarta: Fakultas Ilmu
Sosial Universitas Negeri Yogyakarta.
Mukmina. 2008. IPS Terpadu. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial Universitas
Negeri Yogyakarta.
Pusat Kurikulum Balitbang Dikbud. 1986. Kurikulum Sekolah Dasar (SD)
GBPP Bidang Studi IPS. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen
Pendidikan Nasional.
Resyi A. G., Yuli M., 2023. Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Lombok
Tengah NTB: Yayasan Hamjah Diha.
Rusdi, Muhammad dkk. 1983. Pengantar Ilmu Pengetahuan Sosial.
Surabaya: Tim IPS FPIS IKIP Surabaya.
Ridwan dan Elly Malihah. 2007. Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya dan
Teknologi. Bandung: Yasindo Multi Aspek.
Samlawi, Fakih dan Bunyamin Maftuh. 1999. Konsep Dasar IPS. Jakarta:
Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal
Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Semiawan, NConny; A. F. Tangyong; S. Belen et. al. 1988. Pendekatan
Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia.
Sudarmi, Sri. 2008. Galeri Pengetahuan Sosial Terpadu 2: SMP/MTs Kelas
VIII. Jakarta.
Tim Sosiologi dan Geografi. 2005. Pengetahuan Sosial: Sosiologi dan
Geografi. Jakarta: Yudhistira.
Winataputra, Udin S. 2005. Materi dan Pembelajaran IPS SD. Jakarta:
Universitas Terbuka.
Verstappen, H.Th. 1983. Applied Geomorphology: Geomorphological
Survey for Environmental Development. Amasterdam: Elsevier.
|