Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Tustiyana Windiyani, Resyi A. Gani, Deddy Sofyan

Judul : ANALISIS KESULITAN BELAJAR DARING PADA PESERTA DIDIK DISKALKULIA
Abstrak :

Penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar daring pada peserta didik
diskalkulia di SDN Sawangan 01 Kota Depok Tahun 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah
salah satu peserta didik yang berasal dari SDN Sawangan 01 Kota Depok Tahun 2021/2022.
Tata cara pengumpulan data dan pencatatan data dilakukan melalui observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data
dan verifikasi (pengambilan kesimpulan). Peneliti menggunakan uji kreadibilitas,
transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmalitas untuk memperoleh hasil penelitian
menunjukan bahwa kesulitan belajar daring pada peserta didik diskalkulia di SDN Sawangan
01 Menunjukan bahwa faktor penyebab kesulitan belajar daring pada peserta didik
diskalkulia yaitu, faktor internal dan eksternal, berasal dari dalam diri peserta didik yang
kurang minat belajar apalagi terhadap matematika, ketidak mampuan peserta didik
mengerjakan soal matematika dalam oprasi hitung, perkalian, pembagian, pengurangan dan
penjumlahan, kesulitan mengenal simbol-simbol dalam belajar matematika, kurangnya rasa
percaya diri, kurangnya dukungan dan motivasi dari anggota keluarga, lingkungan sekitar
yang membuat dia suka bermain dan guru yang memberikan soal berbeda dengan contoh.
Upaya yang dilakukan guru dalam kesulitan belajar daring yaitu mengadakan home visit
agar subjek paham apa yang telah dipelajari dan memberikan motivasi dapat
membangkitkan subjek dalam kesulitan belajar daring.

Tahun : 2022 Media Publikasi : Jurnal Internasional
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 5 / 2022
ISSN/ISBN : 2614-5596
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Buku
[1] Abdurrahman, Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta:
Rineka Cipta, 2012.
Tustiyana Windiyani, Analisis Kesulitan Belajar…75
[2] Agustin. 2011. Permasalahan Belajar dan Motivasi
Pembelajaran: Panduan Untuk Guru, Konselor,
Psikolog, Orang Tua dan Tenaga Kependidikan.
Bandung: PT Refika Aditama
[3] Aziz, Hamka Abdul. 2012. Karakter Guru Profesional
Melahirkan Murid Unggul Menjawab Tantangan
Masa Depan. Jakarta: AlMawardi Prima
[4] Daryanto dan Farid Muhammad. 2015. Bimbingan
Konseling Paduan Guru BK dan Guru Umum.
Jogyakarta: Gava Media
[5] Djamarah,Syaiful Bahri. 2011. Psikolog Belajar.
Jakarta: Rineka Cipta
[6] Emirfan. 2012. Panduan Lengkap Orang Tua & Guru
untuk Anak dengan Diskalkulia (Kesulitan
Berhitung). Pemekasa: Javalitera
[7] KBBI. 2020. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
In Kementerian
[8] Sagala. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran.
Bandung: Alfabeta
[9] Sugiono. 2015. Metodelogi Penelitian Pendidikan.
Bandung: Alfabeta
[10]Wahab, Rohmalina. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta:
Rajawali Pers. Jurnal
[11] Cahyana, dkk. 2019. Implementing Orton-Gilingham
Metgod in Develiping Application for Learning
Hijaiyah Letters for Intellectual Disabillity Studnt A
Brief Analysis. International Journal of Engineering
& Tecnology 8(1.9), 172-175
[12] Ivanova, T., Gubanova, N., Shakirova, I., & Musutoh
F. 2020. Educational Technology As One The Terms
For Enhancing Public Speaking Skills. Universidad y
Sociedad.
[13] Masroza. 2013. Prevelensi Anak Berkesulitan Belajar
Disekolah Dasar Sekecamatan Pauh Padang.
Diakses: 30 Maret 2021
[14] Sudha, P., & Shalini, A. 2014. Dyscalkulia: A Specifik
Learning Disability Among Childern. International
Journal Of Advanced Scientific and Technical
Research, 2(4). 912-918
[15] Suharmini, T. 2015. Aspek-Aspek Psikologis Anak
Diskalkulia. Jurnal Pendidikan Khusus. Vol.1.(2)
[16] Sunariah, Rijal. 2017. Analisis Kesulitan Belajar
Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi
Pecahan. Primary: Jurnal Keilmuan dan
Kependidikan Dasar, (S.I), Vol.9.(1)hal. 93-110
[17] Tustiyana W, Lina N, Ananda R.,S. 2020. Pengaruh
Penerapan Model Discovery Learning Terhadap
Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan
dan Pembelajaran Sekolah Dasar.
[18]Zulaihan, D., Lian., &Mulyadi, M. 2020. The Effect
of Principal’s Competence and Community
Participation on the Quality of Educational Services.
Journal of Social Work and Science Education, 1(1),
45-57

URL : https://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/7119

 

Document

 
back