Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Tustiyana Windiyani, Eri Sarimanah, Resyi A.Gani, Yuli Mulyawati, Karmilasari, Tini Agustiani

Judul : PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS APLIKASI EMAZE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA SEKOLAH DASAR
Abstrak :

Abstrak : Pengembangan media animasi berbasis aplikasi emaze untuk meningkatkan literasi membaca pada siswa kelas VI pada subtema tumbuhan sahabatku bertujuan (1) mendeskripsikan proses pengembangan media video animasi berbasis apliaksi emaze untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca, (2)mendeskripsikan kelayakan media video animasi berbasis emaze untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca, dan (3)mendeskripsikan respons siswa setelah menggunakan media video animasi berbasis aplikasi emaze untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca. Metodologi penelitian Research and Development, dengan model ADDIE dengan subjek penelitian peserta didik kelas VI SDN Pabuaran Cilendek Timur. Validasi empat ahli pada dua ahli media pembelajaran interaktif dan ahli media desain animasi, ahli bahasa sesuai EYD dan ahli materi, instrumen respon peserta didik dan guru sebagai analisis kebutuhan, instrumen pre-test dan post-test. Hasil validasi dari ke emapat ahli menghasilkan rata-rata 97,3% dengan kriteria “Sangat Layak”, selanjutnya hasil penilaian pre-test dan post-test menghasilkan skor N-Gain 0,70 dengan kriteria “Tinggi” dan respon 30 peserta didik memperoleh 90% dengan kriteria “Sangat Baik” dan respon guru memperoleh 88% dengan kriteria “Sangat Baik” dan literasi membaca siswa meningkat memperoleh 85% kriteria “Sangat Baik”. kesimpulan yang diperoleh pengembangan media animasi menggunakan media aplikasi emaze memenuhi kriteria valid dan kelayakan pengembangan prodak media animasi berbantuan aplikasi Emaze untuk meningkatkan literasi membaca di sekolah dasar.

Kata Kunci : Media Animasi, Emaze, Literasi Membaca, Tumbuhan Sahabatku 181

Tahun : 2024 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi B
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 14 / 01 / 2023
ISSN/ISBN : P-ISSN 2086-7433 E-ISSN 2549-5801
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

DAFTAR PUSTAKA

Aeni, A. N., Handari, M. D., Wijayanti, S., & Sutiana, W. S. (2022). Pengembangan Video Animasi Light Pedia Sebagai Media Dakwah Dalam Pembelajaran di SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 721-730.

Agustina N. Desain Infograis: Pengembangan Kreativitas dan Literasi Membaca Siswa SD Hati Kudus. (2019): 186-190.

Arief, H., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2023). Penelitian Dan Pengembangan Pada Mata Pelajaran

190

JPD: Jurnal Pendidikan Dasar

P-ISSN 2086-7433 E-ISSN 2549-5801

Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(01), 1-16. Https://Doi.Org/10.21009/Jpd.V14i01.3 5946

Problem Based Learning Berbantu Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku. JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(2), 167-175. https://ejournal.unib.ac.id/pgsd/article/v iew/23736

N. Suryani, Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembanganya. Bandung: PT Remaja Rosdakaarya, 2018.

Hanin NH, Islamy MI. Reading Literacy Movement in Elementary School/Gerakan Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Al-Mudarris: Journal Of Education. 2020 Apr 30;3(1):93-104.

Jeni JP, Zenti C, Elyusra E, Mahdijaya M. Meningkatkan Minat Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2022 Aug 30;1(5):722-7.

Laeli AF, Dzarna D. Pelatihan Strategi Peningkatan Literasi Membaca Teks Digital (Reading Digital Text). Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2022 Sep 15;6(2):213-20.

Laeli AF, Setiawan S. Reading Digital Text As A New Literacy In Elt: Teachers'perception & Practices. Eternal (English, Teaching, Learning, and Research Journal). 2020 Dec 31;6(2):312-27.

Arikunto, (2019). Prosedur Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Penelitian.

E. J. Wicaksana, P. Atmadja, and Y. Asmira, (2015). “Pengembangan Poster Kesehatan Reproduksi Berbasis Pendidikan Karakter Menggunakan Canva pada Usia Remaja Sekolah di SMA,” J. Penelit. dan Pengkaj. Ilmu Pendidik. e-Saintika, vol. 4, no. 2, p. 160, 2020, doi: 10.36312/e- saintika.v4i2.

Eri Sarimanah, Model Pembelajaran Membaca Berbasis Strategi Metakognitif PQ4R (Preview, Quisition, Read, Redflect, Ricite, Review). UIKA Press. 2018. 10 April 2023: Hal. 59-60.

Hardani, (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.

Gani R. A. (2023). Modul Panduan Storyboad Flowchart Seri kuliah Media Pembelajaran Interaktif. Bogor: Sisdata PGSD FKIP, Universitas Pakuan. https://repository.unpak.ac.id/index.php ?p=detail&id_karya=4334

Febriani, U., Windiyani, T., & Anjaswuri, F. (2022). Pengaruh Penerapan Model

191

JPD: Jurnal Pendidikan Dasar

P-ISSN 2086-7433 E-ISSN 2549-5801

Wiranti SS. Upaya Guru Meningkatkan Budaya Literasi Minat Baca “Open Reading Garden” Siswa Kelas IVA Di Sekolah Adiwiyata SD Negeri Kemirirejo 1 Magelang. UNILIB: Jurnal Perpustakaan. 2021 Apr 26;12(1).

URL : https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/issue/view/1734

 

Document

 
back