Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Asep Saepulrohman, Layung Paramesti Martha, Putri Nabila Adinda Adriansyah, Leny Heliawati

Judul : Pendampingan UMKM Penjahit Berbasis Teknologi Digital dalam Perspektif Industri Kreatif di Bogor Utara
Abstrak :

Tailoring Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) or often called Tailors experienced an extraordinary economic downturn during the Covid-19 pandemic. Convection innovation as a form of existence in the midst of a pandemic outbreak that still exists today to survive must carry out various kinds of creativity. One of them is digitizing the marketing system, updating fashion trends, increasing relationships, providing the best service, collaborating with agencies, and others. In this service the focus is on digitizing the system and developing the concept of relations using the graph theory concept to increase competitiveness. The location of the service will be focused on one of the tailors, namely Sarinah Tailor in Kedunghalang Village, North Bogor District.

Tahun : 2023 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 2 / 2023
ISSN/ISBN : 2962-8091
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : ILMU KOMPUTER
Bibliography :

Aisyah, S. (2020). Dampak pandemi Covid-19 bagi UMKM serta strategi e-marketing UMKM di Indonesia.

Ambar, R., & Sari, W. P. (2021). Komunikasi Pemasaran UMKM dalam Beradaptasi di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Hello Cafe). Prologia, 5(1), 167-174.

BPS Kota Bogor. (2022). Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kota Bogor 2022. https://bogorkota.bps.go.id/ (May 18, 2023).

Diartono, D. A., Suhari, Y., & Supriyanto, A. (2015). Pengembangan Model Cyber Cluster E-commerce Berbasis CMS dan SEO Produk UMKM. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 9(2), 145-156..

Damarwulan, L. M., Ramdansyah, A. D., & Lutfi, L. (2021). Peningkatan Kekuatan Jejaring Wirausaha dan E-Marketing UMKM di Banten dalam menghadapi dampak Pandemic Covid-19. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(3), 1113-1123.

Handayani, T., Sidiq, F., & Nur, S. (2021). Upaya Pengembangan UMKM Melalui Pengelolaan Manajemen pada UMKM Konveksi Mutiara. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(02)..

Manullang, S. (2021). Analisis Strategi Promosi UMKM di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. AL-MULTAZIM: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(1), 1-12.

Maylinda, S., & Sari, I. P. (2021). Optimalisasi integrated digital marketing dalam strategi pemasaran UMKM Imago raw honey. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 7(4), 521-533.

Mujiyana, M., Sularto, L., & Mukhyi, M. A. (2012). Pengaruh Penerapan Periklanan di internet dan Pemasaran melalui e-mail Produk UMKM di Wilayah Depok. J@ TI Undip: Jurnal Teknik Industri, 7(3), 161-168.

Noor, A., Arrahimi, A. R., Sabella, B., & Sholeha, E. W. (2021). Pelatihan optimasi mesin pencari (seo) pada konten web pkbm tunas melati pelaihari. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), 6(2), 47-54.

Prasetyo, D. W. (2018). Pembinaan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) Konveksi Desa Karobelah Kecamatan Mojoagung-Jombang. Comvice: Journal of community service, 2(1), 9-14.

Pratomo, A., Najwaini, E., Irawan, A., & Risa, M. (2019). Optimasi E-Commerce Dengan Penerapan Teknik Seo (Search Engine Optimization) Untuk Meningkatkan Penjualan Pada UKM Nida Sasirangan. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 1(1), 37-47.

Rianto, R., & Setyohadi, D. B. (2017). Mengukur kesiapan implementasi Customer Relationship Management (CRM) model Application Service Provider (ASP) pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 3(1), 26-32.

Rosalina, V., Malik, A., & Perwitasari, E. (2017). Sosialisasi Pentingnya Customer Relationship Management (CRM) dalam Upaya Meningkatkan Retensi Pelanggan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Cilegon. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 41-44.

Rosyada, M., & Wigiawati, A. (2020). Strategi Survival UMKM Batik Tulis Pekalongan di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada “Batik Pesisir” Pekalongan). Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 4(2).

Susanti, N. (2018). Perancangan e-marketing UMKM kerajinan Tas. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 9(1), 717-722.

Sutanto, F. A., & Mulyani, S. (2015). Implementasi Search Engine Optimization (SEO) On Page pada web UMKM Batik dan Handicraft. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers Unisbank (Sendi_U) Kajian Multi Disiplin Ilmu Untuk Mewujudkan Poros Maritim Dalam Pembangunan Ekonomi Berbasis Kesejahteraan Rakyat Universitas Stikubank.

Shita, R. T., Hin, L. L., Diana, A., Achadiani, D., & Fatmasari, F. (2022). Pelatihan optimasi pemasaran online dengan memanfaatkan search engine optimization (seo) pada komunitas pengusaha muda. Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 5(1), 16-23.

Teguh, M., Benita, A., & Dewi, N. K. A. S. U. (2020). Pemanfaatan Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada UMKM Snack Indochip. Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM), 2(1), 40–55. https://doi.org/10.35706/jprmedcom.v2i1.3748

Triyanto, W. A. (2017). Optimasi meta tag HTML untuk meningkatkan Search Engine Optimization (SEO) pada website e-commerce UMKM. Indonesian Journal of Networking and Security (IJNS), 6(4).

Winarto, A. J. (2021). Analisis Swot sebagai Strategi dalam Membantu Perekonomian UMKM Jasa Konveksi@ anfcreative. id Di Era Pandemi. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(1), 74-88.

URL : https://ykgm.org/index.php/jpm/article/view/277/96

 

Document

 
back