Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Uci Dwi Cahya, Asti Wahyuni B, Moh. Yusuf Efendi Agung Nugroho Catur Saputro, Rr. Agung Kesna Mahatmaharti Johannes Sohirimon Lumbanbatu, Rizky Nafaida Rahmadhani Fitri, Iyan Irdiyansyah

Judul : Revolusi Pembelajaran Berkarakter
Abstrak :

Revolusi telah terjadi di dalam dunia pendidikan yang artinya suatu dasar perubahan yang memiliki dampak yang sangat besar dalam perkembangan pendidikan.revolusi industri adalah sebuah perubahan industri dalam dunia keempat yang berbasis teknologi dan informasi dalam kehidupan manusia.1 Nama yang dikenalkan di Jerman pada tahun 2011 untuk pertama kalinya. 2 Sedangkan di dalam wikipedia dikenalkan mulai tahun 2012.3 Secara istilah, revolusi industri adalah sebuah integrasi teknologi dan manusia, supaya pekerjaan yang dilakukan oleh manusia lebih mudah. (Muhammad, 2020)

Lahirnya revolusi industri mampu memberi dampak dalam berbagai sektor. Salah satu sektor yang dipengaruhi oleh revolusi tersebut adalah lahirnya pendidikan. Oleh karena itu, sistem pendidikan saat ini harus dibenahi dari berbagai aspek seperti metode dan strategi pembelajaran serta media yang inovatif dalam proses pembelajaran. Kemajuan teknologi telah mampu memfasilitasi bentuk dan model pembelajaran yang dikemas secara menarik, dinamis, dan interaktif. Sebagai tenaga pendidik, guru memiliki peran penting

Tahun : 2023 Media Publikasi : buku
Kategori : Buku No/Vol/Tahun : 0 / 0 / 2023
ISSN/ISBN : 978-623-342-939-9
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : MANAJEMEN PENDIDIKAN
Bibliography :

A.A Wattimena, Reza. (2022). MERANCANG REVOLUSI PENDIDIKAN INDONESIA ABAD 21.

Abdullah, T. and Leeden, V. der (1986) Durkheim dan Pengantar Sosiologi Moralitas. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Abidin, Yunus. dkk. (2017). Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara. Akinoglu, O., & Tandogan, R. O. (2007). The Effects of Problem-Based Active

Learning in Science Education on Students' Academic Achievment,

Attitude and Concept Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3(1), 71-81.

Angga, Yunus Abidin and Sofyan Iskandar (2022) ‘Penerapan Pendidikan Karakter dengan Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad 21’, JURNALBASICEDU, 6(1).

Anonim (2021) Kurikulum 2004 (KBK) | EduChannel Indonesia. Available at: https://educhannel.id/blog/artikel/kurikulum-2004-(kbk).html (Accessed: 31 July 2023).

Ansyar, M. (2015). Kurikulum: Hakekat, Fondasi, Desain, dan Pengembangan.

Jakarta: Prenadamedya Group.

Arsyad, M. (2021). Teori Belajar dan Peran Guru pada Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Banjarmasin: LAmbung Mangkurat University Press.

Brown, M., Conole, G., & Beblavý, M. (2019). Education Outcomes Enhanced by The Use of Digital Technology: Reimagining the School Learning Ecology. Publications Office of the European Union.

URL : -

 

Document

 
back