Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Nenny Ika Putri Simarmata, Yurfiah, Rahman Tanjung Dede Ajeng Arini, Wahyuni. S, Rr. Agung Kesna Mahatmaharti Susana Labuem, Diah Harmawati, Ahmad Syamil Ilma Indriasri Pratiwi, Iyan Irdiyansyah, Andi Reski

Judul : Psikologi Pendidikan
Abstrak :

Psikologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari mengenai perilaku dan proses mental. Psikologi pendidikan merupakan cabang psikologi yang mengkhususkan pada upaya untuk memahami proses mengajar dan belajar di dalam setting pendidikan. Kita seyogyanya memperhatikan proses pendidikan anak didik karena mereka akan menjadi harapan bagi masyarakat di masa yang akan datang. Kegiatan dan proses mengajar bersifat kompleks karena melibatkan para siswa yang bervariasi. Bervariasi dalam hal daya tangkap, kemauan belajar, daya tahan untuk mendengarkan materi pelajaran ataupun tinggi rendahnnya dukungan sosial yang diperoleh siswa dari lingkungannya. Oleh karena itu, proses pengajaran tidak lah bisa menggunakan ”satu cara untuk keseluruhan siswa” atau one size fits all. Seorang guru harus menguasai berbagai variasi cara dan strategi pengajaran dan harus bersikap fleksibel pada saat menggunakan strategi tersebut. Kesuksesan dalam proses pengajaran bergantung pada pengetahuan dan keahlian dari pengajar, diikuti oleh komitmen dan motivasi yang tinggi untuk mencerdaskan anak didik.

Tahun : 2023 Media Publikasi : buku
Kategori : Buku No/Vol/Tahun : 0 / 0 / 2023
ISSN/ISBN : 978-623-342-968-9
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : MANAJEMEN PENDIDIKAN
Bibliography :

Abdelfattah, F. et al. (2021) ‘Exploring feelings of worry and sources of stress during covid-19 pandemic among parents of children with disability: A sample from arab countries’, Education Sciences, 11(5). Available at: https://doi.org/10.3390/educsci11050216.

Abk, K., Sdn, D.I. and Baru, A. (2021) ‘No Title’, 7(4), pp. 197–216.

Abruscato, J. A., & DeRosa, D. A. (2010). Teaching children science (7th ed.).

Boston: Allyn & Bacon

Afriza. (2014). Manajemen Kelas. Pekanbaru: Kreasi Edukasi

Ahmad Syarifuddin (2011) ‘PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE BELAJAR DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA’, TA’DIB, 16(01), pp. 57–58.

Ainul Khasanah, U., Indrayati Program Studi Ilmu Keperawatan, N., & Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal, S. (2019). Hubungan Perkembangan Psikososial Dengan Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 2(3), 157–162.

Ajhuri, K.F. (2019). Psikologi perkembangan pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Penerbit Media Pustaka; Yogyakarta.

Ali Mohammad; Asrori Mohammad. (2006). Psikologi remaja : perkembangan peserta didik. Bumi Aksara; Jakarta.

Amatullah, A. (2022) ‘Analisis Implementasi Pendidikan Berbasis Inklusif sebagai Upaya Mencegah Diskriminasi Anak Berkebutuhan Khusus’, 6, pp. 16038–16045.

URL : -

 

Document

 
back