Abstrak |
: |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kesalahan aspek berbahasa pada jurnal yang diterbitkan dan tingkat keterpahaman editor dalam penguasaan aspek kebahasaan bahasa Indonesia. Penelitian ini menggali kesalah-kesalahan tentang aspek kebahasaan yang meliputi 1) kesalahan ejaan yang meliputi kesalahan penulisan huruf kapital dan pemakaian huruf miring; 2) kesalahan penulisan kata dan padanan; 3) kesalahan penulisan istilah asing; 4) kesalahan pengembangan paragraf. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman tentang penyuntingan naskah berbahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik puposive sampling. Hasil penelitian ini didapatkan 1) kesalahan penulisan huruf kapital 9,8; 2) pemakaian huruf miring 2,2; 3) kesalahan penulisan kata 2, 5; 4) kesalahan penulisan padanan 1, 57; 5) kesalahan penulisan istilah asing 1,5; 6) kesalahan pengembangan paragraf 0,9.
|
Bibliography |
: |
Azahari, Azril. (2021). Modul 1: Teknik Penulisan Ilmiah. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka. Balqistiningtyas, H. A. (2020). Teknik Penyuntingan Dan Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Editorial Media Online Tribun Jateng. https://doi.org/10.31227/osf.io/9546j Burrough-Boenisch, J. (2013). “Defining and Describing Editing”, dalam Supporting Research Writing: Roles and Challenges in Multilingual Settings. New Delhi: Chandos Publishing. Endraswara, S. (2003). Metodologi Penelitian Kebudayaan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Haryadi. (2021). Keredaksian dan Penyuntingan. Yogyakarta: Tunas Gemilang Press. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. Supriyana, Asep. (2018). Penyuntingan Aspek Kebahasaan Dalam Naskah Berbahasa Indonesia. Vol 9 No 2 (2018): Arkhais: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia
|